5 Cara Efektif Dan Efisien Untuk Menyembuhkan Radang Usus Dengan Benar

5 Cara Efektif Dan Efisien Untuk Menyembuhkan Radang Usus Dengan Benar

Menyembuhkan Radang Usus

Menyembuhkan Radang Usus – Radang usus adalah masalah kesehatan yang sangat serius. Ketika seseorang mengalami radang usus maka ada kemungkinan untuk timbul penyakit komplikasi lainnya. Antara lain benjolan bernanah pada usus dan pendarahan. Dengan mempertimbangkan hal tersebut maka sangat penting untuk mengetahui cara menyembuhkan radang usus dengan benar. Berikut ini 5 cara yang bisa diterapkan:

Jaga Asupan Makanan

Usus termasuk ke dalam organ yang berperan pada proses pencernaan. Oleh karena itu, setiap orang perlu menjaga asupan makanan supaya usus tetap sehat. Jenis makanan yang bagus untuk usus khususnya ketika sedang mengalami radang adalah buah segar. Selain itu, daging unggas tanpa lemak, ikan dengan omega 3, karbohidrat, dan sayuran juga sangat bagus untuk dikonsumsi.

Orang yang sedang mengalami radang usus disarankan untuk mengonsumsi makanan dalam porsi yang sedikit. Hal tersebut dilakukan supaya tubuh bisa lebih mudah mencerna makanan tersebut. Makanan yang dihaluskan akan membuat proses pencernaan lebih baik lagi. Makanan yang memperberat kerja usus juga harus dihindari. Contohnya makanan dengan lemak dan serat yang tinggi.

Kelola Stress dengan Baik

Banyak penyakit dan masalah kesehatan yang dipengaruhi oleh tingkat stress. Oleh karena itu, mengelola stress bisa menjadi salah satu cara menyembuhkan radang usus yang cukup efektif. Penderita radang usus bisa mengurangi tingkat stress dengan melakukan meditasi atau yoga. Jika tidak bisa mendatangi tempat kebugaran maka bisa juga melakukannya secara mandiri.

Sudah banyak kelas-kelas yoga yang bisa diikuti dan tentunya sudah dibimbing oleh orang yang profesional. Di internet juga sudah banyak tutorial untuk melakukan yoga sendiri. Aktivitas yoga bisa menjadi semakin menyenangkan jika dilakukan sambil mendengarkan lagu. Pilihlah playlist dengan lagu-lagu slow dan menenangkan. Sebaiknya hindari lagu-lagu yang terlalu keras dan bersemangat.

Baca Juga:  Samsung J2 Prime Tidak Bisa Hard Reset_Inilah Alasan Dan Cara Mengatasinya

Lakukan Olahraga

Selain yoga dan meditasi, berolahraga juga menjadi cara untuk mengelola stress. Jenis olahraganya pun tidak perlu yang terlalu susah. Penderita radang usus cukup melakukan jogging atau jalan kaki saja selama beberapa menit. Untuk memperoleh rekomendasi jenis olahraga yang tepat bisa dengan berkonsultasi ke dokter. Manfaat berolahraga selain mengurangi tingkat stress adalah tubuh jadi semakin bugar.

Waktu yang disarankan untuk melakukan jogging adalah pagi atau sore hari dan hindari untuk melakukannya pada malam hari. Sama seperti yoga, berolahraga juga bisa menjadi semakin seru bila dilakukan sambil mendengarkan musik. Gunakan headphone, earphone, atau alat sejenisnya untuk pengalaman yang lebih baik. Mengajak orang lain untuk jogging bersama juga bisa membuatnya semakin menyenangkan.

Jalani Terapi Biofeedback

Masih berkaitan dengan stress, kali ini akan dibahas mengenai terapi biofeedback. Terapi ini bertujuan untuk membuat tubuh menjadi rileks dengan cara mengurangi ketegangan otot dan memperlambat detak jantung. Terdapat beberapa jenis terapi biofeedback yang bisa dipilih. Dokter akan memilih jenis yang tepat sesuai kondisi tubuh serta tujuan yang ingin dicapai oleh pasien.

Jenis biofeedback yang pertama adalah EEG yang berkaitan dengan kualitas tidur. Kemudian, ada EMG yang berfokus pada deteksi ketegangan otot. Lalu ada Galvanic skin response training yang menganalisa aktivitas kelenjar keringat serta jumlah keringat yang dihasilkan. Hasil analisis tersebut digunakan untuk mengukur tingkat kecemasan. Yang terakhir ada biofeedback suhu yang mengukur suhu kulit.

Hentikan Aktivitas Merokok

Berhenti merokok juga menjadi hal yang penting untuk dilakukan jika ingin sembuh dari radang usus. Merokok bisa meningkatkan risiko timbulnya penyakit Crohn dan kemungkinan efek samping setelah operasi radang usus. Mungkin akan terasa sulit terutama bagi orang yang sudah menjadi pecandu rokok. Proses berhenti merokok bisa dilakukan pelan-pelan misalnya mengganti rokok dengan coklat batang.

Baca Juga:  5 Manfaat Kelapa Muda Untuk Ibu Hamil Yang Harus Diketahui

Demikianlah 5 cara menyembuhkan radang usus yang bisa dicoba. Masih banyak cara lain yang bisa dilakukan karena hal yang perlu dilakukan akan bergantung pada kondisi masing-masing pasien. Sebaiknya lakukan cara-cara di atas dengan pengawasan dokter supaya proses penyembuhan bisa berjalan dengan lancar.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *