Manfaat Teh Ketumbar Bagi kesehatan

Manfaat Teh Ketumbar Bagi kesehatan – Belum banyak orang yang tahu mengenai teh ketumbar, padahal kandungan nutrisinya sangat banyak dan dapat digunakan sebagai alternatif minuman kesehatan. Untuk itu, ulasan ini akan menyajikan manfaat teh ketumbar bagi kesehatan tubuh pengonsumsinya. Teh ketumbar sendiri merupakan air rebusan atau rendaman ketumbar yang dibiarkan semalaman.

Ketumbar memang diketahui memiliki kandungan nutrisi yang baik dan berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Namun, mengkonsumsi ketumbar sebagai bumbu masakan tidak cukup untuk mendapatkan manfaatnya. Mengkonsumsinya secara langsung juga bukan solusi yang baik karena rasa dan tekstur ketumbar mentah agak tidak nyaman untuk dimakan secara langsung. Berikut adalah manfaat teh ketumbar untuk kesehatan:

Memelihara Kesehatan Jantung

Konsumsi ketumbar diketahui dapat meningkatkan kolesterol baik dan mengurangi yang jahat dari dalam darah. Hal ini sangat baik manfaatnya dalam memelihara kesehatan jantung, sehingga orang yang mengonsumsi teh ketumbar secara teratur kecil kemungkinannya untuk terkena serangan jantung dan stroke.

Bisa Memelihara Kesehatan Sistem Pencernaan

Kandungan senyawa-senyawa yang bersifat antioksidan dan anti-radang dalam ketumbar dapat membantu memelihara kesehatan sistem pencernaan. Bahkan jika seseorang sedang mengalami gangguan pencernaan, mengonsumsi teh ketumbar dapat membantu meredakan masalahnya. Sudah cukup terkenal bahwa manfaat teh ketumbar bagi kesehatan sangat ampuh dalam mengatasi diare, kembung, dan mual.

Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Senyawa-senyawa yang bersifat anti-bakteri dalam ketumbar dapat membantu memelihara kesehatan gigi dan mulut yang kerap terserang bakteri dari sisa-sisa makanan. Mengonsumsi teh ketumbar setelah makan dan sikat gigi akan sangat baik bagi kesehatan gigi dan mulut. Teh ketumbar juga baik dikonsumsi malam hari sebelum tidur atau bisa juga dimanfaatkan layaknya obat kumur saja.

Baca Juga:  Cara Memperbaiki ECU Mobil Avanza Dan Hal Penting Lainya

Memelihara Kesehatan Ginjal

Kandungan antioksidan dalam teh ketumbar memungkinkan terjadinya detoksifikasi racun dalam tubuh, termasuk ginjal. Ginjal merupakan tempat penyaringan cairan tubuh, sehingga banyak racun-racun yang mengendap di sana. Mengonsumsi teh ketumbar secara rutin dapat membantu proses detoksifikasi ginjal sehingga menjadikan kinerjanya lebih optimal.

Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan zat besi dalam ketumbar memiliki sifat anti-jamur, sehingga dapat membantu memelihara kesehatan kulit, misalnya dalam mencegah pertumbuhan jerawat dan bisul. Selain itu ketumbar juga dapat membantu mengatasi masalah pigmentasi dan mempercepat regenerasi kulit. Untuk tujuan kecantikan, mengonsumsi teh ketumbar setiap hari dapat membuat kulit tampak lebih sehat dan bercahaya.

Memelihara Kesehatan Rambut

Kandungan vitamin khususnya A dan C pada biji ketumbar dapat memelihara kesehatan rambut. Mengonsumsi teh ketumbar secara rutin dapat menjadikan rambut tumbuh lebih cepat dan menjaga kondisinya agar tidak mudah mengalami kerontokan.

Selain itu, hal yang perlu diketahui rambut juga bisa tumbuh semakin lebat dan tidak mudah bercabang serta kusut dan kusam. Meski begitu, penelitian lanjutan masih diperlukan dalam hal ini untuk membuktikan seberapa berpengaruh ketumbar terhadap pertumbuhan rambut.

Menjaga Kekebalan Tubuh dan Sebagai Analgesik

Ada kandungan cineole dan asam linoleat yang terdapat dalam biji ketumbar. Kedua senyawa tersebut lah yang menjadikan teh ketumbar bersifat analgesik alias pereda nyeri. Selain itu antioksidan yang terkandung dalam ketumbar mampu menangkal radikal bebas yang menyebabkan terganggunya sistem kekebalan tubuh.

Demikianlah artikel ini yang membahas manfaat teh ketumbar bagi kesehatan tubuh pengonsumsinya. Semoga setelah membaca artikel ini, para penggemar teh dan jamu jadi memiliki pilihan minuman lain yang tak kalah bermanfaat untuk kesehatan dan kebugaran fisik. Juga, agar semua orang dapat mengetahui cara baru mengolah ketumbar demi mendapat khasiatnya.

Baca Juga:  Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan Tubuh
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *