Cara Mengobati Kolestrol Secara Alami Ini Agar Tidak Khawatir

Cara Mengobati Kolestrol Secara Alami Ini Agar Tidak Khawatir

Cara Mengobati Kolestrol Secara Alami

Cara Mengobati Kolestrol Secara Alami – Pola makan dan keturunan dapat memicu seseorang terserang penyakit kolesterol. Akan tetapi, sering kali banyak orang yang memiliki penyakit ini yang tidak ingin memeriksakannya ke dokter karena tidak suka mengonsumsi obat. Beruntungnya pengidap dapat mencoba cara mengobati kolesterol secara alami. Bila penasaran, simak cara mengobati kolesterol tinggi di bawah ini!

Rajin Olahraga

Banyak bergerak membuat kolesterol yang tidak diperlukan tubuh menghilang dan kolesterol baik dalam tubuh meningkat. Kolesterol yang tidak diperlukan ini merupakan penyebab dari tersumbatnya pembuluh darah dalam tubuh.

Cukup lakukan gerak atau olahraga ringan seperti berjalan, bersepeda, dan mengerjakan aktivitas rumahan. Cara ini sangat efektif bagi pengidap kolesterol tinggi, khususnya yang berasal dari faktor keturunan. Olahraga juga menghindarkan diri dari banyak penyakit lain.

Konsumsi Makanan Berserat Larut tinggi

Serat larut atau serat yang hancur atau larut dalam cairan usus, lambung, dan air bisa menurunkan kadar kolesterol jahat. Contoh bahan makanan ini yaitu oat, kentang, apel, bawang, brokoli, jeruk, dan beras. Selain itu, ada pula suplemen serat larut yang bisa diminum oleh pengidap kolesterol.

Berhenti Merokok

Cara mengobati kolesterol secara alami yang ketiga yaitu dengan berhenti merokok. Asap rokok bisa menyempitkan pembuluh darah. Ditambah lagi, kandungan kimia di dalamnya yang mengacaukan keseimbangan kolesterol tubuh.

Jika pengidap penyakit ini tetap melanjutkan aktivitas merokok, maka akan berakibat fatal pada otak dan jantung. Hal ini dikarenakan darah akan tersumbat dan tidak dapat mengalir ke kedua organ tersebut. Penyintas akan merasakan nyeri dada hingga menyebabkan kematian.

Jangan Konsumsi Lemak Trans

Lemak trans atau trans fat merupakan salah satu jenis lemak jenuh yang harus dihindari seseorang yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Lemak jenis ini dapat meningkatkan total kolesterol dan kolesterol jahat dalam tubuh.

Baca Juga:  Cara Menghitung Kebutuhan Baja Ringan Untuk Kanopi Teras Rumah

Pengidap penyakit kolesterol harus membatasi makanan instan yang mengandung lemak trans. Makanan instan seperti burger, pizza, dan lain sebagainya juga memiliki banyak minyak yang terhidrogenasi sebagian yang tidak sehat.

Hindari Konsumsi Gula Berlebihan

Selain diabetes, gula bisa mengurangi lemak baik pada tubuh dan meningkatkan lemak jahat. Enzim pemecah kolesterol juga akan terhambat produksinya jika pengidap mengkonsumsi banyak gula.

Ada baiknya untuk mengurangi konsumsi minuman kaleng serta minuman bersoda. Tanpa disadari, kedua jenis minuman tersebut memiliki kadar gula yang sangat tinggi. Hindari pula makanan yang terlalu manis, seperti coklat, es krim, dan makanan cepat saji serupa.

Sering Memunculkan Pikiran Positif

Melakukan meditasi, latihan relaksasi pernafasan, dan yoga merupakan cara untuk menstimulasi timbulnya pikiran positif. Mengapa pengidap kolesterol harus berpikiran positif? Hal ini disebabkan oleh adanya penelitian yang menyatakan bahwa stres dapat memicu naiknya kadar kolesterol jahat. Dengan demikian, selalu coba munculkan pikiran positif saat sedang stres.

Baca Juga : 7 Manfaat Teh Ketumbar Bagi kesehatan Yang Tidak Boleh Diabaikan

Perbanyak Asupan Omega 3

Cara alami terakhir yaitu perbanyak asupan makanan yang tinggi omega 3. Lemak jahat dan lemak trigliserida akan turun dengan adanya asam lemak ini. Dengan begitu, penyumbatan kolesterol pada pembuluh darah akan berkurang.

Makanan yang mengandung omega 3 contohnya, ikan tuna, biji chia, ikan sarden, serta telur. Selain kolesterol, omega 3 juga dapat meminimalisir risiko terdampak penyakit yang mempengaruhi daya ingat seperti alzheimer dan demensia.

Meski telah mengetahui dan mencoba cara mengobati kolesterol secara alami menggunakan bahan tradisional, tetaplah memeriksakannya dokter. Diagnosis dari seorang ahli perlu agar tidak terjadi kesalahan penanganan. Jangan lupa juga untuk menjaga pola makan selalu agar terhindar dari kolesterol dan penyakit berbahaya lainnya.

Baca Juga:  Penyebab Dan Cara Memperbaiki Hardisk Rusak Berbunyi

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *