Khasiat Cuka Apel Untuk Kesehatan

Khasiat Cuka Apel Untuk Kesehatan – Cuka apel berasal dari bahan dasar apel, gula serta ragi yang diproses secara fermentasi. Pada umumnya, cuka ini banyak dipakai untuk bumbu, dressing salad serta pengawet makanan. Cuka yang diproses menggunakan fermentasi juga menyisakan komponen lain seperti asam gallic, katekin dan lainnya. Khasiat cuka apel untuk kesehatan berasal dari kandungan tersebut.

Cuka apel tidak mengandung zat gizi makro yang ada dalam buah apel. Namun, banyak kandungan gizi yang bisa diperoleh dari 100 ml cuka apel. Cuka apel juga mempunyai kandungan banyak mineral, mulai dari zinc, mangan, tembaga dan selenium dengan jumlah kecil. Berikut ini manfaat khasiat dari cuka apel untuk kesehatan:

Mengontrol Kadar Gula Darah

Khasiat cuka apel memang dikenal oleh penderita penyakit diabetes. Kadar gula darah dengan tingkat yang tinggi bisa memberikan dampak yang negatif untuk tubuh. Karena kondisi ini bisa memperparah gejala diabetes serta menimbulkan komplikasi.

Cuka apel terbukti bisa memperlambat proses pelepasan gula atau glukosa yang berasal dari makanan ke dalam darah. Selain itu dapat juga mencegah sugar rush yang mana kondisi ini terjadi ketika kadar gula darah melonjak setelah mengkonsumsi karbohidrat. Menurunnya kadar gula bisa ditandai dengan angka yang stabil selama tiga bulan terakhir.

Meningkatkan Sensitivitas Insulin

Sensitivitas insulin dapat menunjukan seberapa baik dari kemampuan tubuh untuk memproses hormone insulin. Apabila sensitivitas insulin tinggi, maka sel tubuh dalam memanfaatkan gula darah dengan baik. Khasiat cuka apel untuk kesehatan dapat meningkatkan sensitivitas insulin.

Baca Juga:  Cara Cicil Emas Antam Di Pegadaian Berdasarkan layanan Yang Dipilih

Manfaat yang bisa dirasakan lainnya adalah kadar gula yang tetap stabil. Cukup dengan mengkonsumsi sebanyak dua sendok makan cuka apel menjelang tidur, manfaatnya bisa menurunkan kadar gula darah sampai 6% dipagi hari.

Menurunkan Berat Badan

Cuka apel bisa membantu meningkatkan enzim AMPK. Enzim ini yang bisa membantu mempercepat metabolisme serta pembakaran lemak yang terjadi dalam tubuh. Mengkonsumsi cuka apel sebanyak dua sendok makan sebelum makan bisa mengalami pengurangan berat badan 1 hingga 2 kg.

Bagi yang sedang menjalankan program diet, tidak hanya menjaga pola makan sehat serta melakukan olahraga sebagai prioritas. Selanjutnya bisa dibarengi dengan rutin mengkonsumsi cuka apel setiap hari.

Menyehatkan Jantung

Khasiat cuka apel untuk kesehatan jika dikonsumsi rutin bisa menurunkan kadar lemak, serta bisa menjaga kadar lipid untuk melancarkan kerja jantung. Kombinasi antioksidan serta asam asetat yang ada di cuka apel dapat mengurangi kadar kolesterol dan trigliserida selain itu bisa mencegah terjadinya tekanan darah tinggi.

Membantu Menjaga Kesehatan Kulit

Sifat asam yang terdapat dalam cuka apel sudah terbukti dapat membantu melembabkan kulit serta membantu memperbaiki jaringan pada kulit yang rusak dan memutihkan kulit secara alami. Selain itu, sifat antibakteri juga berkhasiat dalam mengatasi dan mencegah permasalahan di kulit seperti eksim dan jerawat.

Caranya, cukup dengan mengkombinasikan sebanyak sepuluh sendok teh air dan 1 sendok teh cuka apel kemudian, oleskan di kulit. Tidak hanya itu, cuka apel bisa meredakan sakit gejala asam lambung, sakit tenggorokan dan menghilangkan ketombe dirambut.

Baca Juga : 7 Manfaat Teh Ketumbar Bagi kesehatan Yang Tidak Boleh Diabaikan

Untuk Pemutih Gigi

Asam asetat yang ada dalam cuka apel mempunyai sifat korosif yang bisa membuat lapisan enamel di bagian terluar gigi menjadi terkikis. Padahal, enamel sendiri yang merupakan pelindung gigi.

Baca Juga:  Mengatasi Masuk Angin pada Bayi, Begini Caranya

Cuka apel secara alamiah dapat menimbulkan efek warna kekuningan pada gigi dan membuat gigi menjadi lebih sensitif. Sebaiknya, jika menggunakan cuka apel tanpa perlu melarutkannya menggunakan air.

Khasiat cuka apel untuk kesehatan memang banyak sekali dan tidak hanya enam di atas saja. Tetapi, harus bijak dalam menggunakannya apalagi mempunyai efek samping dan juga harus disesuaikan dengan kebutuhan. Cuka apel juga tidak bisa dijadikan pengganti obat utama karena sifat asam yang dimilikinya.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published.