Hikmah Ibadah Qurban, Harus Tau!

Hikmah Ibadah Qurban, Harus Tau!

Hikmah Ibadah Qurban

Hikmah Ibadah Qurban – Bukan lagi hal yang baru jika ibadah yang dikenal dengan nama qurban menjadi sebuah ibadah yang dianjurkan untuk dilakukan sekarang. Apalagi ternyata ada banyak hikmah ibadah qurban yang nantinya cocok untuk dimanfaatkan oleh beberapa pelaku ibadah qurban terutama pertama kalinya. Selain itu, beberapa hikmah ini bisa bertahan dalam waktu lama.

Sebenarnya memang ada banyak hikmah yang menarik yang bisa didapatkan khusu dari ibadah qurban jika belum pernah sebelumnya. Beberapa contoh hikmah yang ada pun bisa dimasukkan ke dalam hikmah yang jarang bisa diperoleh jika mencoba ibadah yang lainnya. Jangan sampai dilewatkan untuk mendapatkan hikmahnya, simak langsung berikut ini:

Ibadah Paling Disukai Allah

Untuk hikmah yang paling pertama ini mungkin masih banyak tidak diketahui sehingga banyak juga yang ragu untuk mencoba ibadah qurban. Padahal faktanya, disampaikan melalui berbagai dalil yang utama yang ada, jenis ibadah seperti qurban ini termasuk ibadah yang paling disukai. Bahkan beberapa kali, Allah SWT telah menunjukkannya melalui ayat Quran.

Menunjukkan Ciri Islam

Jangan sampai ketinggalan, ternyata ibadah qurban juga menunjukkan adanya hikmah yang penting dan menarik lainnya terutama untuk yang baru mencoba. Jenis ibadah ini sejak awal mampu memberikan hikmah yang besar dengan menunjukkan bahwa seseorang yang melakukannya benar-benar termasuk orang Islam. Apalagi ibadah ini secara sederhana memang termasuk ibadah yang khas.

Menegakkan Syiar Islam

Mungkin masih banyak yang tidak tahu bahwa ada hikmah ibadah qurban yang cukup besar bagi yang melakukannya terutama berulang kali. Secara sederhana, bisa dikatakan bahwa jenis ibadah seperti qurban ini menunjukkan bahwa seseorang yang beragama Islam memang mampu menunjukkan syiar. Belum lagi dengan memberikan pengaruh kepada lainnya untuk mencoba langsung.

Baca Juga:  Amalan Zikir Untuk Awet Mudah Dan Cantik Berseri Yang Ampuh

Dibalas dengan Kebaikan

Tidak kalah dari beberapa jenis hikmah yang sebelumnya sudah dijelaskan, ternyata ada jenis hikmah lainnya yang mungkin banyak dicari sekarang. Bahkan sejak awal sudah dijelaskan oleh Rasulullah saw bahwa jenis ibadah ini nantinya akan dibalas dengan kebaikan dari hewan yang dikurbankan. Bisa dikatakan untuk satu helainya bisa menjadi satu kebaikan nantinya.

Menunjukkan Bentuk Syukur

Ada juga hikmah ibadah qurban yang lainnya yang wajib diketahui terutama untuk beberapa orang yang ternyata masih merasa ragu mencoba. Ditambah lagi, jenis ibadah ini bisa menjadi sebuah perwakilan terbaik untuk menunjukkan bentuk dari rasa syukur yang dimiliki oleh seseorang. Ibadah ini juga masih bisa disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki.

Baca Juga : Amalan Supaya Orang Bayar Hutang Yang Ampuh Bisa Dicoba!

Melebihi Hikmah Sedekah

Bahkan banyak juga yang masih tidak tahu tentang hikmah ini padahal bisa dikatakan jauh lebih baik daripada jenis ibadah yang lainnya. Mungkin sudah ada beberapa orang Islam yang suka memberikan sedekah banyak kepada orang lain secara rutin dan tidak mencoba ibadah ini. Padahal hanya dengan melalui qurban, setiap orang mendapatkan pahala lebih.

Mengingat Ketakwaan Nabi

Untuk yang masih merasa ragu dalam mencoba jenis ibadah ini, mungkin harus mengenal hikmah ini terutama yang berkaitan dengan nabi. Tentu saja setiap orang sudah pernah mengenal dan memahami kisah pengorbanan yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim demi menunjukkan takwanya. Ibadah ini nantinya akan mengingat jenis ketakwaan yang dilakukan tersebut.

Uraian yang menjelaskan secara khusus mengenai beberapa hikmah ibadah qurban seperti di atas tentu saja bisa menjadi sumber yang terbaik. Terutama jika masih ada yang memiliki kemampuan yang cukup untuk mencoba namun malah merasa ragu, maka pahami beberapa hikmah tersebut. Ternyata jenis ibadah ini memang menawarkan banyak hikmah yang bermanfaat.

Baca Juga:  Cara Kuasai Ilmu Hikmah Tingkat Tinggi Banten Dengan Benar

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *