Amalan Di Pagi Hari Pembuka Rezeki

Amalan Di Pagi Hari Pembuka Rezeki – Rasulullah rajin memanjatkan doa bagi umatnya setiap pagi hari. Bunyi doa yang dipanjatkan oleh Rasulullah bunyinya, “Ya Allah, berilah berkah bagi umatku pada pagi hari mereka.” Ternyata doa serta amalan di pagi hari pembuka rezeki akan menambahi keberkahan rezeki bagi umat. Jadi rugi bila bermalasan pada pagi hari. Lakukan amalan ini:

Melakukan Zikir

Ternyata melakukan aktivitas pada pagi hari akan menambah keberkahan rezeki. Jadi sayang kan apabila umat kembali tidur selepas melakukan shalat subuh. Sebaiknya melakukan kegiatan yang membawa banyak pahala dan juga membukakan pintu rezeki seperti berzikir. Awali saja dengan membaca ayat kursi yaitu QS Al Baqarah, bacalah ayat 255, kemudian diteruskan dengan al Ikhlas, Al Nas serta Al Falaq sebanyak tiga kali.

Zikir dapat membikin semua hal yang akan dikerjakan oleh umat pada pagi hari menjadi lancar. Zikir itu dapat bisa dikerjakan semenjak waktu subuh sampai fajar saat mentari terbit.Mengenai dzikir sebagai amalan di pagi hari pembuka rezeki, firman Allah berfirman: “Hai orang-orang beriman, berdzikirlah sebanyak mungkin. Dan bertasbihlah pada Allah di saat pagi serta petang.

Melakukan Amal

Abu Hurairah sahabat Rasulullah bersabda bahwa sesungguhnya agama itu mudah. Kelanjutan dari kalimat itu: tak ada seorang saja yang membebani dirinya melampaui kemampuan yang dimilikinya kecuali dia akan dikalahkan. Selanjutnya sahabat nabi meminta umat mengerjakan amal dengan sempurna. Maksud mengerjakan amal dengan sempurna ialah tanpa berlebihan serta tidak menganggap remeh.

Bila tidak mampu berbuat sempurna atau ideal maka kerjakan yang mendekati sempurna. Akan ada pahala untuk amal yang selalu dikerjakan berterusan. Juga kerjakan ibadah secara berterusan pada waktu pagi serta saat setelah matahari terbenam juga beberapa saat pada akhir malam. Demikian yang tertulis pada HR. Bukhari nomor 39.

Baca Juga:  Dua Metode Umum Cara Ubah Password Gmail Yang Pasti Berhasil

Membersihkan Diri

Saat bangun tidur, umat melakukan shalat Subuh lalu mulai beraktivitas. Ada amalan di pagi hari pembuka rezeki yang sesuai dengan sunnah yaitu menyegarkan diri untuk mandi. Dari pelajaran ilmu kesehatan, kegiatan mandi pada pagi hari membantu memperlancar peredaran darah. Mandi juga bisa membantu produksi sel darah putih meningkat juga meningkatkan kesuburan.

Membaca Al Qur’an

Amalan yang bisa dilakukan pada pagi hari selanjutnya adalah membaca Al Qur’an. Selepas Subuh, umat merasakan suasana tenang, ini suasana yang bagus agar fokus membaca Alquran. Waktu setelah shalat Subuh juga dipakai para penghafal Alquran guna melakukan muroja’ah. Tidak akan banyak gangguan bagi umat untuk mengulang hafalan Qur’an.

Shalat Dhuha

Shalat Dhuha juga bisa menjadi amalan di pagi hari pembuka rezeki . Nabi Muhammad biasa melakukan shalat Dhuha empat kali (empat rakaat) dan bisa lebih sesuai keinginannya. Shalat Dhuha hukumnya sunnah muakkad ini selalu dilaksanakan oleh rasulullah.

Lakukan shalat sunnah ini pada saat mentari mulai naik sekitar tujuh hasta semenjak terbitnya sampai waktu shalat dzuhur tiba. Shalat Dhuha paling sedikit dikerjakan dua rakaat. Ibadah sunnah ini selanjutnya tidak akan mengganggu kegiatan di pagi hari. Walaupun hanya dua rakaat, nilainya sama dengan 360 sedekah. Hal ini yang erat kaitannya dengan rezeki lancar, karena sedekah adalah kunci lancarnya rezeki.

Semua orang pasti mau pintu rezekinya terbuka makin lebar dan urusannya dimudahkan. Maka sebaiknya umat melakukan amalan di pagi hari pembuka rezeki sebelum berangkat bekerja dan bekerja makin keras. Kedua hal, amalan dan kerja ini perlu dilakukan secara seimbang. Karena itu jangan lupa lakukan lima hal di atas dengan setia selepas salat subuh.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *