Pahala Puasa Rajab

Pahala Puasa Rajab – Puasa adalah amalan ibadah yang sangat dianjurkan, selain dapat mempertebal keimanan, puasa juga memiliki manfaat untuk kesehatan, misalnya memperbaiki gula darah dan mengurangi kolesterol. Salah satu puasa yang dapat diamalkan di luar bulan Ramadhan adalah puasa di bulan Rajab. Ada banyak pahala puasa rajab yang menjadikannya sangat dianjurkan untuk dikerjakan.

Bulan Rajab, di samping bulan Dzulqa’dah, Dzulhijjah, dan Muharram, adalah bulan haram/mulia dalam ajaran Islam. Penyebutan bulan haram disebabkan karena umat Islam tidak diperbolehkan berperang pada bulan-bulan tersebut kecuali jika musuh menyerang. Oleh karena itu, wajar juga apabila ada pahala istimewa yang akan didapatkan oleh seorang muslim yang berpuasa di bulan ini. Inilah beberapa di antaranya:

Ditutupkan Pintu Neraka Jahanam

Seorang muslim yang berpuasa selama 7 hari berturut-turut di bulan Rajab akan mendapat keutamaan berupa ditutupnya pintu neraka jahanam baginya. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan HR. Thabrani yang menyatakan: “Bila berpuasa 7 hari (di bulan Rajab), maka baginya ditutupkan pintu neraka jahanam.” Selain ditutupkan pintu neraka, ia juga akan dijauhkan darinya.

Dibukakan Delapan Pintu Surga

Pahala berikutnya dari menjalankan puasa di bulan Rajab adalah dibukakan delapan pintu surga, hal ini berlaku bagi seorang muslim yang menjalankan puasa selama delapan hari berturut-turut di bulan itu. Seperti yang pernah disampaikan oleh Rasulullah SAW, “Barangsiapa berpuasa 8 hari di bulan Rajab, maka baginya dibukakan delapan pintu surga.”

Diganjar Pahala Seperti Puasa Satu Bulan

Saking istimewanya bulan Rajab, seorang muslim yang berpuasa selama 1 hari di bulan Rajab akan diganjar pahala seperti orang yang berpuasa selama 1 bulan. Hal ini disampaikan melalui hadits riwayat Thabrani yang berbunyi: “Siapa saja melaksanakan puasa 1 hari di bulan Rajab, maka bagaikan ia melaksanakan puasa selama 1 bulan.”

Baca Juga:  Inilah 5 Amalan Surat Alfatihah Untuk Kehidupan Sehari-Hari

Tidak hanya itu, seorang muslim yang menjalankan puasa selama sehari di bulan Rajab akan mendapat keutamaan yaitu meminum air dari sungai Rajab yang mengalir di surga. Sungai Rajab memiliki air yang putihnya melebihi susu dan rasanya lebih manis dari madu.

Diampuni Dosa-dosanya

Bulan Rajab adalah bulan pengampunan dan permohonan, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda yang artinya: “Bulan Rajab adalah bulan pengampunan dan permohonan untuk umatku.” Oleh karena itu, jika ingin diampuni dari dosa-dosa, maka seorang muslim hendaknya berpuasa sunnah selama 10 hari di bulan Rajab serta memperbanyak istighfar di dalamnya.

Selain mendapat pahala puasa rajab tersebut, berpuasa selama 10 hari di bulan Rajab juga akan mendatangkan keberkahan dalam hidup serta segala keburukan akan diganti dengan kebaikan.

Dicatat Amalnya Seperti Puasa 60 Bulan

Berpuasa selama satu hari tepat pada tanggal 27 Rajab akan diganjar dengan pahala selayaknya orang yang berpuasa selama 60 bulan. Hal ini disampaikan dalam hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan Abu Hurairah yang berbunyi: “Barang Siapa berpuasa di tanggal 27 Rajab, maka Allah SWT mencatatnya seperti ia berpuasa selama 60 bulan.”

Demikianlah pahala puasa rajab bagi seorang muslim yang menjalankannya dengan ikhlas semata-mata karena Allah SWT. Selain berpuasa, ada ibadah lain yang dapat diamalkan pada bulan Rajab, antara lain membaca selawat, solat malam, dan bersedekah. Perbanyak beribadah dan berdoa di bulan Rajab karena, seperti yang disampaikan Rasulullah SAW, bulan Rajab adalah bulan pengampunan dan permohonan.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *