Amalan Surat Alfatihah

Amalan Surat Alfatihah  – Surat al fatihah atau yang bisa disebut dengan surat pembuka di dalam al-qurán ini adalah salah satu dari beberapa jenis surat di al-qurán yang memiliki banyak fadhilah. Selain itu, amalan surat al fatihah ini juga mendatangkan banyak pahala kepada orang- orang yang mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Meskipun memiliki banyak fadhilah atau manfaat, amalan untuk membaca surat al fatihah ini tidaklah sulit untuk dilakukan. Surat dengan jumlah ayat sebanyak 7 ini cukup singkat dibaca namun memiliki banyak manfaat hingga menuai banyak pahala. Berikut beberapa manfaat mengamalkan surat al fatihah di dalam keseharian di dunia:

Sebagai Ayat Untuk Ruqyah

Dalam islam proses mengeluarkan jin di dalam tubuh manusia disebut dengan ruqyah. Umumnya, kegiatan ruqyah ini dilakukan dengan amalan surat al fatihah di dalam salah satu bacaan ruqyah. Tentu saja, ayat pendek yang satu ini memberikan kesembuhan atau keberhasilan untuk mengusir jin dalam proses ruqyah yang dilakukan.

Bahkan, sebuah hadis telah menjelaskan bahwa surat al fatihah itu sendiri adalah ruqyah. Tidak hanya itu, seseorang juga bisa melakukan ruqyah terhadap dirinya sendiri dengan membacakan lantunan surat al fatihah untuk diri sendiri dengan dibaca setiap harinya.

Sebagai Perantara Dari Suatu Hajat

Selain sebagai ayat untuk ruqyah, surat al fatihah juga bisa diterapkan jika seseorang memiliki suatu hajat dalam hidupnya. Hajat yang dimaksud adalah suatu keinginan yang benar-benar diinginkan namun masih tetap dalam syariát islam. Bagi seseorang yang memiliki hajat, maka disarankan untuk membaca surat al fatihah ini dengan iringan ucapan hajat yang diinginkan.

Baca Juga:  Rekomendasi Kuliner Solo Terkenal, Legendaris Dengan Biaya Ramah Kantong

Selain itu, dalam setiap doa yang diucapkan pastilah terdapat keinginan yang diutarakan dalam lantunan doa. Oleh karena itu, disarankan pula mengakhiri doa dengan bacaan surat al fatihah agar doa- doa tersebut dikabulkan oleh Allah sehingga bisa menjadi nyata.

Memudahkan Diperolehnya Rezeki

Setiap manusia pasti membutuhkan rezeki yang diberikan oleh Allah. Dalam hal ini, jika ingin rezekinya dimudahkan oleh Allah, maka seseorang perlu mengamalkan amalan surat al fatihah. Namun, tidak cukup hanya sekali saja melantunkan surat al fatihah, melainkan harus dilantunkan secara disiplin dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan kata lain, ucapkan dan amalkan surat al fatihah sebagai kebiasaan. Waktu- waktu yang bagus untuk membaca surat al fatihah yakni setiap selesai sholat wajib, selesai sholat tahajud, serta selesai berdoa.

Pastikan untuk membacanya beberapa kali dan tidak hanya satu kali membaca. Semakin banyak membaca surat al fatihah maka pahala yang didapat semakin banyak dan dimudahkan memperoleh rezeki.

Mempermudah Segala Urusan

Surat al fatihah memang surat yang memiliki banyak fadhillah, salah satunya adalah untuk mempermudah segala urusan. Dalam hal ini, tidak hanya soal rezeki melainkan persoalan lainnya bahkan persoalan yang mungkin tidak diduga sebelumnya. Seseorang terkadang merasa berat dan sial dalam keseharian, namun, dengan amalan surat al fatihah, insyaAllah urusan tersebut dimudahkan.

Sebagai Obat Penyembuh

Telah dijelaskan melalui hadits bahwa surat al fatihah adalah ayat penyembuh yang bisa menjadi obat. Hal ini mungkin terkesan terlalu sederhana untuk sebuah obat. Namun, surat al fatihah sebagai ayat penyembuh ini adalah hal yang benar. Seseorang disarankan untuk membacakan surat al fatihah secara khusuk pada sebuah air lalu meminumnya dengan niat Allah yang akan menyembuhkannya.

Baca Juga:  Simak Cara Budidaya Kencur Agar Menguntungkan

Demikian ulasan tentang amalan surat al fatihah di dalam kehidupan sehari- hari. Amalan untuk membaca surat al fatihah sebaiknya diterapkan secara konsisten dalam kehidupan sehingga menjadi suatu kebiasaan baik untuk selalu melibatkan Allah dalam setiap urusan kehidupan.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *