Urutan Pelaksanaan Ibadah Haji Yang Benar

Urutan Pelaksanaan Ibadah Haji Yang Benar – Memutuskan untuk melaksanakan ibadah yang wajib dalam agama Islam seperti haji memang bukan hal yang bisa dilakukan tanpa adanya persiapan. Apalagi banyak yang menceritakan bahwa proses persiapan ini bisa memakan waktu yang banyak. Setiap orang tentu saja wajib mengenali seperti apa urutan pelaksanaan ibadah haji dari awal sampai akhir.

Sebenarnya untuk menyelesaikan ibadah haji ini bisa dilakukan dengan mudah hanya saja dengan tetap memperhatikan beberapa hal yang sebaiknya di hati-hatikan. Terutama dengan adanya beberapa bagian yang mungkin perlu diawali dahulu dengan proses belajar yang tepat sehingga nanti sesuai dengan ketentuannya. Mari simak beberapa urutan yang ada dalam uraian berikut ini:

Ihram dan Wukuf

Bagian yang paling awal untuk dilakukan umat yang sedang melaksanakan ibadah seperti haji ini adalah dengan melakukan ihram dahulu. Nantinya, setiap orang juga perlu memakai pakaian yang sudah sesuai ketentuan baik itu laki-laki maupun perempuan dan membaca bacaan talbiyah. Kemudian lanjutkan dengan mencoba wukuf di padang Arafah di sana.

Melakukan Thawaf Ibadah

Kemudian ada bagian yang lainnya yang harus dilakukan dengan tepat setelah melakukan ihram dan wukuf sesuai dengan ketentuan yang ada. Kali ini, setiap orang perlu mencoba untuk melakukan thawaf ibadah sebanyak tujuh kali sesuai ketentuan sembari menyesuaikan dengan jenis kelamin. Jangan sampai yang berjenis kelamin perempuan berbicara dengan suara nyaring.

Melaksanakan Bagian Sa’i

Untuk tata cara yang berikutnya ini mungkin sudah banyak didengar oleh yang ingin melakukan ibadah haji terutama pada masa pendaftaran. Apalagi tata cara ini termasuk yang mudah untuk dipraktekkan langsung hanya berjumlah sekitar tujuh kali tanpa memakan banyak waktu nantinya. Selain itu, perhitungan harus dipastikan dari bukit Shafa ke Marwa.

Baca Juga:  Inilah Cara Membuka File RAR Di Android,Sangat Mudah!

Melontar Jumroh Aqobah

Setelah berhasil untuk melakukan beberapa bagian yang sebelumnya sudah dijelaskan, maka lanjutkan dengan pergi ke Muzdalifah dan berdiam diri dahulu. Kemudian untuk urutan yang selanjutnya yang perlu dilakukan adalah dengan melempar jumroh aqobah terlebih dahulu sesuai dengan ketentuan jumlahnya. Pastikan untuk melemparkannya pada 10 Dzulhijjah dan sejumlah tujuh kali. Urutan pelaksanaan ibadah haji yang benar berikutnya adalah mencukur rambut.

Mencukur Rambut

Selanjutnya, ada tata cara yang bisa dikatakan sebagai yang terpenting namun sayangnya masih banyak yang malah mengabaikan bagian ini begitu saja. Padahal bagian ini seharusnya dilakukan dengan begitu mudah dan tepat dengan bantuan beberapa orang yang sudah ada untuk mencukur rambutnya. Setidaknya mulai dengan mencukur tiga helai dahulu atau sampai gundul.

Baca Juga : Hikmah Ibadah Qurban, Harus Tau!

Bermalam di Mina

Untuk urutan pelaksanaan ibadah haji dari awal sampai akhir, setiap orang perlu untuk mengawali dahulu dengan melempar jumrah yang kedua kalinya. Setidaknya ada tiga tanggal yang bisa dijadikan sebagai pilihan utama untuk melemparkan batu jumrah yang tepat sesuai dengan ketentuan jumlahnya. Kemudian lanjutkan dengan bermalam sampai tiga hari di Mina.

Melakukan Thawaf Wada’

Bagian yang paling akhir yang wajib untuk dilakukan semua orang adalah dengan menyelesaikan semua yang sudah ditentukan pada tahapan sebelumnya. Jika memang semuanya sudah selesai, maka dilanjutkan dengan mencoba thawaf yang terakhir kali sebagai bentuk perpisahan kepada tempat haji tersebut. Pastikan telah melengkapi dengan bacaan yang tepat begitu pula jumlahnya.

Uraian yang menjelaskan secara detail mengenai beberapa urutan pelaksanaan ibadah haji dari awal sampai akhir tersebut wajib diketahui terlebih dahulu. Setiap orang yang ingin menunaikan ibadah haji apalagi pertama kalinya tentu saja harus melakukan semua tahapan dengan benar agar sah. Selain itu, pastikan untuk menutup dengan thawaf wada’ sesuai dengan ketentuan.

Baca Juga:  Cara Mengobati Panas Pada Bayi Yang Harus Dikuasai Para Orang Tua
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *