Perbedaan Ilmu Hikmah Dan Ilmu KebatinanPerbedaan Ilmu Hikmah Dan Ilmu Kebatinan – Semakin kesini semakin banyak orang terutama kalangan anak muda yang mendengar dan mencari tahu secara khusus untuk ilmu hikmah. Walaupun begitu, saat yang sama, masih banyak pula yang tidak memahami beberapa perbedaan ilmu hikmah dan ilmu kebatinan. Padahal kedua jenis ilmu tersebut memiliki ruang lingkup yang berbeda.

Secara garis besar, jenis perbedaan yang dimiliki oleh kedua ilmu ini bisa dilihat dari beberapa faktor sesuai dengan kondisi masing-masing. Ada yang bisa dilihat secara mudah hanya dengan metode praktiknya bahkan sampai juga pada aspek mengenai pengertian dan syarat belajar ilmunya. Simak beberapa jenis perbedaan yang perlu diketahui di bawah ini:

Metode yang Digunakan

Pertama, ada sebuah perbedaan yang bisa dikenali dengan begitu mudah hanya melalui bantuan dari metode yang digunakan oleh kedua ilmunya. Secara sederhana, untuk jenis ilmu hikmah ini, setiap orang biasanya harus menggunakan metode utama seperti dzikir dan doa yang khas. Sedangkan untuk ilmu kebatinan saat ini sudah memakai metode modern.

Pengertian yang Dimiliki

Kemudian ada juga aspek penting yang lainnya yang juga bisa menunjukkan sebuah perbedaan yang besar yang dimiliki oleh kedua ilmunya. Kali ini, perbedaan yang dimaksud mungkin bisa jauh lebih mudah dalam dipahami karena lebih berkaitan dengan pengertian ilmu yang dimiliki. Apalagi kedua ilmu ini memang seringkali dianggap sebagai ilmu sama.

Untuk mengenali jenis perbedaan ilmu hikmah dan ilmu kebatinan ini, maka mulai saja dengan mengenali beberapa hal yang menjadi cirinya. Jika ilmu kebatinan dianggap sebagai sebuah ilmu yang berfokus untuk mengeluarkan potensi kebatinan secara keseluruhan, maka berbeda dengan ilmu hikmah. Sementara untuk ilmu hikmah, lebih kepada kerohanian dengan metode khusus.

Tata Cara Menguasai

Jangan sampai tidak diketahui juga, ada perbedaan yang menarik lainnya yang tentu saja harus dikenali apalagi jika memang ingin mencoba. Jenis ilmu kebatinan biasanya memang memiliki tata cara yang jauh lebih umum namun masih harus disesuaikan dengan siapa guru yang memang dipakai. Sedangkan untuk bagian ilmu hikmah menggunakan bantuan dari buku khusus.

Baca Juga:  Keunggulan Kredit Tanpa Agunan Bank BCA Dan Persyaratanya

Tujuan dari Ilmunya

Untuk jenis perbedaan ilmu hikmah dan ilmu kebatinan berikutnya ini bisa dilihat dengan mudah lainnya melalui tujuan dari penggunaan ilmu masing-masing. Banyak yang sudah tahu bahwa jenis ilmu kebatinan lebih banyak dipakai secara umum untuk tujuan dalam komunikasi dengan makhluk lain. Sementara untuk ilmu hikmah lebih bertujuan untuk mendekati diri nantinya.

Kekuatan yang Ditawarkan

Jangan sampai ketinggalan untuk dipahami, ada sebuah perbedaan yang lainnya yang dapat dilihat dari aspek kekuatan yang ditawarkan untuk dimiliki. Secara sederhana, jenis kekuatan dari ilmu kebatinan ini bisa dilihat dari kemudahan untuk melindungi diri bahkan juga untuk keluarga masing-masing. Sedangkan ilmu hikmah lebih kepada mendekatkan diri ke diri masing-masing.

Syarat untuk Belajar

Perbedaan yang paling akhir yang wajib dikenali oleh setiap orang adalah syarat yang dibutuhkan untuk dipenuhi oleh setiap orang nantinya. Untuk jenis ilmu hikmah ini lebih baik mencoba untuk memenuhi syarat yang paling mudah seperti menghindari makanan yang memang haram. Namun untuk ilmu kebatinan mungkin membutuhkan syarat sesuai dengan gurunya.

Beberapa jenis perbedaan ilmu hikmah dan ilmu kebatinan yang ada seperti dalam uraian di atas bisa dipahami dengan begitu mudah. Ditambah lagi, memang ada banyak keuntungan yang mudah didapatkan terutama ketika ingin memilih mana jenis ilmu yang akan digunakan sesuai kebutuhan. Selain itu, ada juga perbedaan yang lebih berkaitan dengan metode.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *