Cara Mengobati DBD Pada Anak

Cara Mengobati DBD Pada Anak – Anak yang sedang sakit pasti akan membuat orang tuanya khawatir. Terlebih jika sakit yang dialami tergolong serius, misalnya demam berdarah. Mengingat banyaknya korban jiwa yang disebabkan oleh demam berdarah maka cara mengobati DBD pada anak menjadi hal penting untuk diketahui. Berikut ini 5 cara mengatasi demam berdarah pada anak yang bisa diterapkan:

Berikan Obat Pereda Nyeri

Adapun yang sering dialami oleh para pasien DBD adalah nyeri berlebihan. Oleh karena itu ketika seorang anak mengalami DBD maka kebanyakan dokter akan menyarankan untuk memberinya obat pereda nyeri seperti Paracetamol. Namun, perlu diingat bahwa dosis obat pereda nyeri yang diberikan harus sesuai resep dokter dan jangan diberikan dalam jumlah berlebihan.

Selain itu, hindari memberikan obat pereda nyeri dengan kandungan ibuprofen, salisilat, dan aspirin. Zat-zat tersebut bisa menyebabkan peningkatan resiko perdarahan pada anak. Obat pereda nyeri hanyalah cara untuk mengurangi rasa sakit dari DBD dan tidak langsung menyembuhkannya. Jika bingung memilih dan membeli obat pereda nyeri maka sebaiknya minta saja resep obatnya dari dokter.

Jaga Asupan Cairan

Anak yang sedang mengalami DBD membutuhkan asupan cairan yang lebih banyak dari biasanya. Sebaiknya konsumsi air putih sesering dan sebanyak mungkin. Hal tersebut bertujuan untuk meredakan nyeri dan rasa linu yang timbul ketika sedang mengalami DBD. Selain itu, asupan cairan yang tercukupi akan membuat anak terhindar dari syok dan dehidrasi.

Rasa syok dan dehidrasi yang berlebihan bisa saja menyebabkan DBD semakin parah atau bahkan muncul penyakit lain. Selain air putih, kebutuhan cairan juga bisa dipenuhi dengan alternatif lain. Misalnya susu, makanan berkuah, atau jus buah. Alternatif tersebut mungkin akan dibutuhkan oleh anak-anak yang kurang suka air putih namun tetap ingin memenuhi kebutuhan cairan.

Baca Juga:  Begini Cara Memperbaiki Facebook Lite Di HP, Mudah Dan Cepat!

Berikan Infus Cairan

Salah satu cara mengobati DBD pada anak yang umum dilakukan adalah dengan pemberian infus cairan. Ini merupakan salah metode yang dilakukan di rumah sakit dan bertujuan untuk menyalurkan vitamin dan obat. Selain itu, metode ini akan mengembalikan cairan tubuh dan membuat aliran darah anak menjadi normal sehingga mencegah syok dan dehidrasi.

Baca Juga : Cara Mengobati Radang Sendi Dengan Alami

Sediakan Menu Makanan Bergizi

Untuk mendukung proses penyembuhan asupan gizi pada anak juga harus terpenuhi. Hal tersebut bisa menguatkan imun pada anak karena sejatinya DBD adalah penyakit yang bisa sembuh dengan sendirinya. Nah, imun yang kuat itulah yang akan mempercepat proses penyembuhan. Asupan gizi yang baik bisa diperoleh dari makanan 4 sehat 5 sempurna.

Atur Jadwal Istirahat Anak dengan Cukup

Masih berkaitan dengan imun, istirahat yang cukup juga menjadi cara ampuh untuk meningkatkan imun anak Istirahat total sangat diperlukan oleh anak tersebut.. Pastikan anak tidak melakukan aktivitas berat selama proses penyembuhan supaya prosesnya bisa berjalan lebih cepat. Selain itu, istirahat yang cukup juga berguna untuk memperbaiki sel-sel serta jaringan yang rusak.

Membawa anak ke rumah sakit bisa menjadi salah satu opsi untuk menyediakan tempat istirahat yang nyaman baginya. Di rumah sakit sudah pasti akan terhindar dari keramaian yang bisa mengganggu istirahatnya. Selain itu, kebutuhan gizi anak juga akan terpenuhi dengan baik. Ketika anak sedang beristirahat sebaiknya orang tua juga terus menemaninya.

Demikianlah 5 cara mengobati DBD pada anak yang bisa diterapkan. Cara-cara di atas tidak akan langsung menyembuhkan demam berdarah dengan instan. 5 cara tadi hanya mendukung supaya imun pada anak menjadi lebih kuat. Ketika imun sudah kuat maka proses penyembuhan bisa berjalan lebih cepat dan anak akan menjadi sehat kembali.

Baca Juga:  Mega Credit Card - Aplikasi Mudah dan Manfaat Hebat
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *