Beginilah Cara Mengolah Daun Kelor Untuk Kesehatan Yang Patut Diketahui

Beginilah Cara Mengolah Daun Kelor Untuk Kesehatan Yang Patut Diketahui

Mengolah Daun Kelor Untuk Kesehatan

Mengolah Daun Kelor Untuk Kesehatan – Daun kelor dikenal memiliki beragam manfaat, yang mana manfaat tersebut bisa didapatkan dengan mengonsumsi daun kelor sebagai makanan atau minuman. Bahkan, daun kelor juga bisa dijadikan masker untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Lalu, bagaimana cara mengolah daun kelor yang tepat?

Untuk memahaminya lebih dalam, ulasan berikut akan menjelaskan cara mengolahnya berdasarkan keperluan. Rincian caranya dapat disimak dengan cermat di bawah ini.

Mengolah Daun Kelor sebagai Sayur

Sering kali daun kelor dijadikan bahan utama sayur, entah itu sebagai lalapan, sayur yang ditumis, maupun sup bening. Cara mengolah daun kelor untuk dibuat sayur tumis yaitu seperti ini:

  • Pertama, siapkan daun kelor dan bumbu masak seperti bawang putih, bawang merah, cabai, garam, dan gula pasir.
  • Setelah itu, pisahkan daun kelor dari tangkainya dan bersihkan daun kelor hingga benar-benar bersih.
  • Jika sudah, iris bumbu yang diperlukan dan tumis di atas wajan dengan api sedang.
  • Lantas, masukkan daun kelor yang tadi telah dibersihkan.
  • Tumis hingga sayur daun kelor matang sempurna.

Mengonsumsi daun kelor secara rutin akan membantu tubuh menjaga kadar gula di dalam darah. Daun kelor diketahui memiliki antioksidan yang berperan dalam membantu optimalisasi penggunaan gula di dalam tubuh. Dengan begitu, hormon insulin akan lebih terkontrol.

Hal tersebut telah dibuktikan pada penelitian terhadap 6 orang penderita diabetes. Penelitian ini berupa penambahan 50 gram daun kelor pada makanan yang dikonsumsi. Hasilnya, terjadi penurunan kadar gula darah mencapai 21%.

Mengolah Daun Kelor Berupa Minuman

Cara kedua dalam pengolahan daun kelor yaitu menjadikannya berbentuk bubuk. Cara ini cocok bagi mereka yang ingin menjaga kesehatan sekaligus menggemari teh. Caranya yaitu sebagai berikut:

  • Pertama, pisahkan daun kelor dari tangkainya.
  • Kemudian, cuci daun kelor hingga bersih.
  • Setelah itu, keringkan daun kelor dengan meletakkannya di atas nampan bersih dan taruh di udara terbuka. Jangan taruh daun kelor di bawah sinar matahari.
  • Lantas, ketika daun kelor telah kering, blender daun kelor sampai halus.
  • Kemudian, masukkan bubuk tersebut ke dalam wadah.
  • Untuk meminumnya, campurkan bubuk daun kelor dengan teh dan madu agar citarasanya semakin nikmat.
  • Sebaiknya, buatlah bubuk dalam jumlah sedikit saja. Sebab, daun kelor bubuk ini tidak memakai pengawet sehingga tidak bisa bertahan lama.
Baca Juga:  Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat yang dikandung oleh daun kelor yaitu dapat menangkal radikal bebas. Hal ini tidak terlepas dari peran antioksidan di dalam daun kelor yang mampu mengikat radikal bebas. Adanya radikal bebas pada tubuh bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit kronis.

Apabila mengonsumsi bubuk daun kelor dan teh secara berkala, maka risiko terkena radikal bebas pun akan menurun. Bukan itu saja, daun kelor juga bermanfaat untuk meredakan peradangan. Oleh karena itu, jika mengalami radang bisa mengonsumsi teh daun kelor agar reda.

Mengolah Daun Kelor sebagai Masker Wajah

Kesehatan kulit wajah juga bisa dirawat dengan memanfaatkan daun kelor. Maka, tak heran jika daun kelor bisa dibuat masker. Langkahnya yaitu sebagai berikut:

  • Pertama, cuci bersih daun kelor yang telah dipisahkan dari tangkainya.
  • Selanjutnya, haluskan daun kelor tersebut menggunakan blender.
  • Setelah itu, tambahkan madu.
  • Kemudian, oleskan pada wajah dan diamkan dalam jangka waktu sekitar 15-20 menit.
  • Apabila sudah mencapai waktu tersebut, bilas wajah hingga bersih.

Peran daun kelor dalam memelihara kesehatan kulit wajah tersebut berkat adanya kandungan vitamin A di dalam daun kelor. Vitamin A merupakan zat awal dari retinol, yang berfungsi menjadikan kulit awet muda. Terdapat pula kandungan antimikroba untuk meredakan jerawat.

Jadi, tidak ada salahnya mencoba menggunakan daun kelor sebagai masker wajah. Dengan menjadikannya sebagai masker wajah, vitamin A akan menunjang perbaikan sel kulit. Bukan hanya itu, vitamin A juga membantu menyamarkan keberadaan noda hitam dan mengurangi kerutan di wajah.

Hal yang penting yaitu pastikan peralatan yang digunakan untuk mengolah daun kelor bersih. Selain itu, terlebih dahulu basuh wajah serta keringkan memakai handuk bersih supaya tidak ada bakteri yang menempel.

Baca Juga:  Manfaat Buah Zuriat Untuk Kesehatan Tubuh

Demikian ulasan tentang cara mengolah daun kelor yang tepat dan patut dicoba. Selain cara mengolahnya, telah diuraikan pula manfaat daun kelor. Maka, bisa lebih dirasakan perubahan dan efek baik pada tubuh di waktu sebelum dan sesudah memanfaatkan khasiat daun kelor.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *