Universitas Yang Menyediakan Kuliah S2 Online

Universitas Yang menyediakan Kuliah S2 Online – Di masa sekarang ini layanan kuliah S2 online sudah disediakan oleh sejumlah perguruan tinggi di Indonesia. Tentunya dengan besaran biaya yang tidak sama antar perguruan tinggi tersebut. Layanan semacam ini tentu memudahkan mahasiswa yang bertempat atau bekerja di kota lain.

Mahasiswa yang menjalankan aktivitas perkuliahan dengan sistem online ini nantinya bisa mendapatkan ijazah layaknya perkuliahan reguler. Ada beberapa pilihan yang bisa dipilih mahasiswa, yakni kuliah online secara full atau hanya 50 persen saja. Berikut beberapa perguruan tinggi yang memiliki layanan S2 online:

Universitas Bina Nusantara

Nama perguruan tinggi yang sudah mempunyai layanan kuliah S2 online ada nama Universitas Bina Nusantara. Beberapa pilihan jurusan pun sudah disediakan mulai dari jurusan informatika sampai dengan jurusan teknik industri. Dengan begitu mahasiswa bisa memilih sesuai dengan yang diinginkan.

Diketahui bahwa program pembelajaran semacam kuliah online untuk tingkat S2 ini sudah ada semenjak tahun 2008 silam. Besaran dana yang ditetapkan untuk pembelajaran ini mulai dari nominal 13,5 juta rupiah sampai dengan 22 juta rupiah.

Universitas Mercu Buana

Perguruan tinggi satu ini juga menyediakan sistem perkuliahan dengan cara online. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan juga untuk menjalankan perkuliahan dengan sistem offline bagi mahasiswa yang menginginkannya. Biasanya perkuliahan dengan cara offline ini dijalankan ketika hari minggu.

Sedangkan untuk pembelajaran seperti umumnya dilaksanakan sesuai dengan hari aktif menggunakan sistem jarak jauh. Tentunya sistem perkuliahan semacam ini cukup memudahkan bagi mahasiswa yang mempunyai kesibukan dalam pekerjaan.

Baca Juga:  Inilah Cara Menambah Rekening di BRImo Dengan Satu Username

Adapun besaran biaya yang dibebankan tiap mahasiswa bakal dilakukan penyesuaian dengan jurusan yang dipilih. Dengan besaran nominal mulai dari angka 8,5 juta rupiah sampai dengan 15,5 juta rupiah untuk satu semesternya.

Institut Teknologi Bandung

ITB ternyata juga tidak mau kalah dengan beberapa perguruan tinggi lain yang menyediakan layanan perkuliahan dengan sistem online. Untuk program perkuliahan dengan sistem online di ITB sendiri belum bisa dilakukan dengan cara penuh. Melainkan harus disertai dengan perkuliahan tatap muka.

Dimana perkuliahan dengan sistem online di ITB hanya untuk melakukan penyampaian akan kuis, tugas, repository maupun lainnya. Pihak perguruan tinggi juga menyediakan fasilitas seperti akses pembelajaran sampai dengan Studio e-Learning.

Biasanya studio e-Learning ini dimanfaatkan untuk kebutuhan pembuatan konten yang kreatif. Dari informasi yang ada ITB hanya mempunyai satu jurusan untuk kuliah S2 online yakni Keuangan Syariah yang mempunyai biaya 1 juta rupiah untuk satu bulannya.

Universitas Widyatama

Tak bisa dipungkiri bahwa sekarang ini akuntansi maupun manajemen banyak dibutuhkan. Hingga tak heran jika jurusan ini banyak peminatnya. Untuk itulah Universitas Widyatama sudah menyediakan kelas karyawan untuk jenjang magister.

Biaya yang ditetapkan untuk program ini senilai 4 juta rupiah sebagai biaya masuk. Sedangkan biaya untuk per satu bulannya senilai 1,5 juta rupiah. Di samping keberadaan dari jurusan akuntansi maupun manajemen, universitas ini juga memiliki program akuntan atau yang sering disebut PPAk.

Universitas Indonesia

Nama perguruan tinggi yang sering disebut dengan nama UI ini ternyata juga memiliki program perkuliahan dengan sistem online. Bahkan program ini sudah ada semenjak tahun 2002 silam. Dengan sistem online ini nantinya mahasiswa dipersilakan melakukan pengambilan SKS 50 persen.

Adapun sisa dari SKS yang ada bisa dilakukan pengambilan dengan perkuliahan menggunakan sistem offline atau tatap muka. Mahasiswa tak perlu risau akan program studi yang ditawarkan lantaran pilihannya cukup banyak.

Baca Juga:  Cara Beli Reksa Dana di BNI Sekuritas Sebelum Berinvestasi

Universitas Dr. Soetomo Surabaya

Diketahui bahwa universitas ini tak hanya menyediakan kelas karyawan untuk jenjang sarjana saja melainkan juga jenjang magister. Tujuan dari program kelas karyawan ini adalah mempermudah para mahasiswa yang mempunyai waktu terbatas lantaran padatnya pekerjaan, namun masih bisa kuliah.

Waktu yang dipakai untuk melangsungkan perkuliahan dengan sistem online yakni pada hari sabtu dan juga minggu. Dengan program studi magister pendidikan, ilmu hukum, manajemen SDM, ilmu komunikasi dan lainnya.

Demikian sekilas pembahasan mengenai daftar universitas yang menyediakan kuliah S2 online dengan beberapa program studi. Berbicara mengenai biaya masing-masing perguruan tinggi memiliki besaran yang tak sama. Nantinya biaya tersebut berdasarkan program studi yang dipilih juga.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *