Universitas Pertamina Negeri Atau Swasta_Inilah Jawabanya

Universitas Pertamina Negeri Atau Swasta_Inilah Jawabanya

Universitas Pertamina Negeri Atau Swasta

Universitas Pertamina Negeri Atau Swasta – Jenis universitas di Indonesia sangat banyak. Salah satu universitas yang cukup terkenal adalah Universitas Pertamina. Mungkin banyak pihak yang bertanya apakah Universitas Pertamina negeri atau swasta jika dilihat dari status kelembagaannya.

Untuk mengetahui jawabannya, maka akan diulas mengenai universitas ini secara menyeluruh. Selain status kelembagaannya, akan dijabarkan pula mengenai informasi lainnya. Agar lebih jelas, simak detail uraian berikut ini:

Sekilas Mengenai Universitas Pertamina

Bagi yang belum tahu, Universitas Pertamina adalah sebuah golongan perguruan tinggi dengan status kelembagaan swasta. Jadi jika ada yang bertanya apakah Universitas Pertamina negeri atau swasta, maka jawabannya sudah jelas masuk golongan swasta.

Universitas ini berada di bawah naungan PT Pertamina. Jadi, PT Pertamina juga memiliki program di bidang pendidikan dengan membangun sebuah kelembagaan pendidikan berupa universitas. Sejak awal pendiriannya pada tahun 2016, universitas ini masih berbentuk universitas swasta.

Karena Pertamina sendiri adalah perusahaan yang ada di bawah naungan BUMN, maka Universitas Pertamina ini juga masuk dalam aliansi perguruan tinggi BUMN. Hal ini menjadikan Universitas Pertamina menjadi salah satu universitas terkemuka yang cukup dipandang.

Fakultas di Universitas Pertamina

Setelah mengetahui informasi mengenai status kelembagaan Universitas Pertamina, maka penting juga untuk tahu apa saja fakultas yang ada di dalamnya. Meski masuk golongan universitas swasta, namun universitas ini sudah memiliki banyak fakultas dengan program studi berbeda-beda.

Setidaknya ada enam fakultas yang ada di Universitas Pertamina. Bagi yang mempertimbangkan untuk masuk ke universitas ini, maka harus tahu apa saja fakultas yang ada. Agar lebih jelas, simak detail uraian yang ada di bagian bawah ini:

Baca Juga:  Mengajukan Kartu Kredit Online - Kemudahan dan Keuntungan

Fakultas Teknologi Industri

Pada golongan pertama, pendaftar di universitas ini bisa memilih fakultas teknologi industri. Jika diuraikan, program studi yang disediakan di fakultas ini termasuk yang paling banyak. Ada program studi teknik mesin, teknik elektro, teknik logistik, dan teknik kimia.

Semua program studi ini tentunya akan memberikan layanan pendidikan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Karena tenaga kerja dengan lulusan-lulusan ini sangat dibutuhkan, jadi tidak heran jika akhirnya fakultas ini banyak dijadikan pilihan.

Fakultas Teknologi Eksplorasi dan Produksi

Untuk golongan kedua, ada fakultas bagian teknologi eksplorasi dan produksi yang termasuk jajaran fakultas unggulan. Pada fakultas ini, ada beberapa program studi yang dicanangkan. Mulai dari bagian teknik geofisika, lingkup teknik geologi, hingga teknik perminyakan. Semua sudah disediakan untuk dijadikan fokus belajar.

Golongan program studi yang ada di dalam fakultas ini memang tidak terlalu umum. Namun hal inilah yang menyebabkan Universitas Pertamina menjadi pilihan banyak pihak karena sudah menyediakan program studi yang tidak terlalu umum di universitas lainnya.

Fakultas Perencanaan Infrastruktur

Kemudian untuk pilihan fakultas lainnya, ada fakultas perencanaan infrastruktur. Sesuai dengan namanya, fokus studi akan menjurus pada kebutuhan infrastruktur dan tata lingkungan. Jadi, program studi yang ditawarkan ada dua yaitu teknik lingkungan dan teknik sipil.

Meski hanya ada dua program studi, namun fakultas ini tidak kalah bergengsi dari fakultas lainnya. Penyediaan tenaga kerja yang sesuai juga akan terjadi dengan adanya program studi-program studi tersebut.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Selain semua program studi di atas, Universitas Pertamina juga menyediakan program studi khusus untuk bidang ekonomi serta bisnis. Fakultas ini menyediakan dua program studi, yaitu ekonomi dan manajemen. Dua golongan ini termasuk yang paling populer.

Baca Juga:  Penyebab TikTok Tidak Masuk FYP

Fakultas Komunikasi dan Diplomasi

Pada urutan kelima, ada fakultas komunikasi dan diplomasi. Untuk golongan fakultas ini, program studi yang dicanangkan adalah komunikasi dan hubungan internasional. Meski program studi ini sudah umum di universitas lain, namun program studi ini masih menjadi unggulan di Universitas Pertamina.

Fakultas Bagian Sains dan Golongan Ilmu Komputer

Terakhir, ada fakultas bagian sains dan golongan ilmu komputer yang bisa dijadikan pilihan di universitas ini. Ada dua program studi yang ditawarkan, yaitu ilmu komputer dan kimia. Bisa dibilang, dua program studi ini termasuk golongan dengan bidang studi yang sulit.

Itulah penjelasan mengenai Universitas Pertamina secara menyeluruh. Berdasarkan rincian diatas, maka sudah terjawab pertanyaan mengenai Universitas Pertamina negeri atau swasta berdasarkan status kelembagaannya. Pastikan untuk memahami semua detail di atas agar bisa memahami universitasnya dengan baik.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *