Cara Membeli Obligasi Pemerintah

Cara Membeli Obligasi Pemerintah – Semakin besarnya tren investasi saat ini semakin beragam pula instrumen investasi yang tersedia di pasar saham. Salah satu yang mulai diminati adalah surat pernyataan utang negara, biasanya disebut obligasi pemerintah. Instrumen satu ini diterbitkan sebagai Surat Berharga Negara. Berikut ini adalah cara membeli obligasi pemerintah:

Melakukan Registrasi

Untuk bisa melakukan pembelian obligasi pemerintah, investor haruslah merupakan investor terdaftar. Jika sudah terdaftar, investor akan memiliki nomor SID yang hanya dimiliki oleh diri sendiri. Nomor ini nantinya yang akan digunakan untuk melakukan semua transaksi jual beli instrumen investasi. Jika belum terdaftar, maka investor bisa melakukan registrasi dahulu.

Semua proses nantinya akan dilakukan dalam satu situs web. Situs web yang digunakan bisa dipilih dari daftar mitra distribusi(Midis). Pilih saja salah satu yang paling cocok dengan preferensi. Setelahnya lakukan registrasi, jika memungkinkan, lakukan jauh-jauh hari sebelum pasar dibuka. Tujuannya agar saat pasar dibuka, semua sudah siap sedia.

Melihat Daftar Obligasi Tersedia

Sembari menunggu dibukanya masa penawaran untuk SBN Ritel, investor bisa melihat daftar obligasi pemerintah yang tersedia. Daftar obligasi ini biasanya akan dirilis secara resmi oleh Kementerian Keuangan. Calon Investor bisa melakukan pemilihan terhadap obligasi mana yang sekiranya cocok untuk dibeli pada penawaran.

Calon investor juga bisa mempelajari tentang obligasi yang akan dibeli terlebih dahulu. Tujuannya tentu untuk mengetahui lebih lanjut tentang obligasi yang akan dibeli. Hal ini juga akan membantu memperkecil peluang kerugian calon investor. Nantinya jika penawaran sudah dibuka, calon investor sudah dalam keadaan yakin dengan obligasi yang dibeli.

Baca Juga:  Mengetahui Nomor Rekening BCA Xpresi Begini Caranya Dengan Beberapa Metode

Melakukan Pemesanan

Langkah cara membeli obligasi pemerintah yang ini bisa dilakukan selama masa penawaran dibuka. Biasanya berlangsung selama beberapa saat. Lakukan pembelian berdasarkan hasil riset yang telah dilakukan sebelumnya. Ikuti langkah-langkah yang ada di situs web Mibis yang digunakan oleh calon investor.

Dalam melakukan pemesanan, ada beberapa ketentuan yang harus dipatuhi oleh calon investor. Karenanya, jangan lewatkan kesempatan untuk membaca ketentuan yang tercantum dalam Memorandum Informasi. Dengan begitu, akan semakin kecil kemungkinan investor melakukan kesalahan saat transaksi.

Menyelesaikan Pembayaran

Setelah investor selesai melakukan pemesanan, obligasi yang dipesan akan diperiksa terlebih dahulu. Selanjutnya, investor perlu menunggu beberapa saat. Hal ini dikarenakan obligasi yang dipesan harus diverifikasi terlebih dahulu. Tenang saja, meski harus menunggu tapi waktu penungguan tidak akan lama.

Setelah pesanan terverifikasi, barulah investor bisa melanjutkan ke tahap pembayaran. Pesanan yang sudah terverifikasi akan diterbitkan dalam billing code. Disini tercantum semua informasi terkait pembayaran yang harus dilakukan investor. Investor harus melakukan pembayaran dengan cara yang dipilih dalam jangka waktu tertentu.

Mengkonfirmasi Pembelian Obligasi

Langkah terakhir adalah konfirmasi. Konfirmasi ini dilakukan oleh Medis kepada investor. Setelah menyelesaikan pembayaran, investor akan mendapatkan notifikasi pembelian yang sudah selesai beserta dengan NTPN. Ini akan menjadi penanda bahwa transaksi sudah selesai dan obligasi berhasil dimiliki.

Setelahnya, Midis akan melakukan konfirmasi kepemilikan. Investor cukup melakukan pelaporan Nomor Transaksi NTPN dan bukti konfirmasi kepemilikan yang telah diberikan saja. Setelah langkah ini selesai, maka lengkap sudah semua langkah yang harus dilakukan oleh investor. Obligasi ORI sudah berhasil menjadi milik investor.

Mudah bukan untuk bisa membeli obligasi pemerintah? Dengan mengikuti langkah cara membeli obligasi pemerintah di atas, para investor tidak perlu khawatir kesulitan lagi saat akan melakukan pembelian. Ditambah segala proses yang bisa dilakukan secara daring, investor bisa melakukannya dari mana saja berada, tidak perlu menghabiskan waktu.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *