Cara Mengobati Radang Sendi Dengan Alami

Cara Mengobati Radang Sendi Dengan Alami – Penyakit radang sendi adalah sebuah peradangan yang bisa terjadi di satu atau beberapa sendiri, sehingga bisa menyebabkan sendi kaku dan sulit digerakkan. Radang sendi dapat dialami oleh semua kalangan, termasuk juga anak-anak maupun remaja. Tetapi, paling sering terjadi pada usia 65 tahun. Sehingga sangat penting untuk mengetahui cara mengobati radang sendi secara alami.

Pengobatan pada radang sendiri mempunyai tujuan agar bisa mengatasi penyebab, meringankan gejala dan memperbaiki fungsi sendi. Selain itu, penderita juga perlu mencoba beberapa cara pengobatan radang sendiri sampai menemukan perawatan yang pas. Berikut ini cara untuk mengobati radang sendi yang bisa dilakukan:

Lakukan Olahraga

Dengan melakukan olahraga akan membantu penderita radang sendi dalam menjaga sendi agar tetap fleksibel dan memperkuat otot disekitar sendi. Panduan ini sangat disarankan agar memulai olahraga sesuai dengan kemampuan.

Dengan panduan pelatih atau orang lain akan bisa memberikan manfaat khususnya dalam meningkatkan motivasi dalam berolahraga. Pilihan yang bisa dilakukan adalah jalan kaki, bersepeda, aktivitas air, berenang dan tai chi.

Lakukan Terapi Panas dan Dingin

Salah satu cara mengobati radang sendiri dengan melakukan perawatan panas dan dingin. Karena bisa membantu untuk meredakan nyeri dan peradangan artritis. Berikut langkah-langkahnya:

  • Terapi panas ini mencakup mandi dengan air hangat yang lama, atau mandi dengan air hangat di waktu pagi hari agar meringankan kekakuan. Terapi ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan selimut listrik atau bantalan pemanas lembab sehingga dapat mengurangi ketidaknyamanan.
  • Bisa juga membantu dalam meredakan nyeri sendi, pembengkakan serta peradangan. Caranya dengan bungkus kompres es gel menggunakan handuk dan tempelkan pada sendi yang sakit untuk bantuan yang lebih cepat. Dan jangan pernah mengoleskan es langsung ke kulit.
  • Capsaicin yang asalnya dari cabai merupakan komponen dari beberapa salep serta krim tropical yang bisa dibeli tanpa resep. Produk ini dapat memberikan kehangatan yang bisa meredakan radang sendi.
Baca Juga:  5 Tempat Wisata Di PIK Cocok Berakhir Pekan

Kelola Berat Badan

Berat badan yang ekstra bisa memberikan banyak tekanan di daerah persendian, termasuk pinggul, lutut dan kaki. Sehingga sangat dianjurkan untuk melakukan penurunan berat badan untuk penderita osteoarthritis dan obesitas atau kelebihan berat badan.

Biasanya, dari pihak medis akan dibantu untuk menetapkan berat badan dan rancangan program yang bisa membantu mencapai target tersebut. Dengan mengurangi tekanan pada sendi melalui penurunan berat badan sangat memungkinkan untuk mengurangi rasa sakit, meningkatkan mobilitas pergerakan, dan mencegah terjadinya kerusakan pada sendi.

Baca Juga : Manfaat Air Lemon Untuk Kesehatan Tubuh Yang Wajib Diketahui Banyak Orang

Lakukan Meditasi Untuk Mengurangi Rasa Sakit

Dengan teknik meditasi dapat mengurangi rasa sakit radang sendi dengan menurunkan kadar stress. Rekomendasi meditasi yang bisa dilakukan adalah tai chi serta yoga. Ini merupakan gabungan meditasi, relaksasi serta teknik pernafasan dengan latihan yang memberikan dampak rendah.

Berlatih meditasi kesadaran sangat bermanfaat untuk beberapa orang. Apalagi kecemasan, stress, dan depresi merupakan komplikasi umum yang melibatkan nyeri kronis seperti radang sendi.

Tambahkan Kunyit pada Makanan

Kunyit merupakan rempah yang mempunyai kandungan kurkumin, yang mempunyai sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Kunyit bisa membantu dalam mengurangi rasa sakit yang terjadi pada radang sendi. Caranya juga mudah dengan menambahkan sedikit kunyit dalam masakan adalah pilihan yang aman.

Radang sendi bisa terjadi karena adanya keausan tulang rawan yang menjadi penyebab tulang bersentuhan, gesekan, kerusakan serta peradangan. Dan kondisi ini bisa memicu gejala di seluruh tubuh. Perlunya mengetahui cara mengobati radang sendi secara alami agar tidak perlu menggunakan bantuan medis. Namun, tetap harus ada konsultasi pihak medis pengobatan yang terbaik.

Baca Juga:  Cara Merekam Video Call WhatsApp Secara Otomatis Tanpa Aplikasi Dengan Mudah
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *