Cara Reset Printer Canon

Cara Reset Printer Canon – Ada kalanya printer mengalami masalah dan tidak bisa berfungsi dengan baik sehingga perlu direset. Masalahnya, sebagian pengguna tidak mengetahui cara reset printer Canon MG2570S yang baik dan benar sehingga printer tidak bisa kembali berfungsi seperti semula.

Hal ini tentunya akan sangat merepotkan terutama ketika printer sedang dibutuhkan dengan cepat dan tidak memungkinkan untuk dibawa ke tempat servis karena lamanya waktu penanganan. Untuk informasi lebih detail, simak pembahasannya secara lengkap berikut ini:

Penyebab Printer Canon MG2570S Perlu Direset

Sebagai salah satu printer all-in-one yang begitu diandalkan untuk menghasilkan dokumen berkualitas tinggi, ada beberapa masalah yang mungkin terjadi dan menyebabkan printer Canon MG2570S perlu direset. Berikut di antaranya:

  • Kesalahan pengisian tinta. Banyak orang tidak menyadari bahwa kesalahan saat mengisi tinta dapat menyebabkan printer tidak bisa mendeteksi kartrid tinta dengan baik. Imbasnya, beberapa pesan eror bisa muncul pada layar printer.
  • Kertas macet. Kendala macet pada kertas bisa menimbulkan masalah baru pada printer seperti pesan eror yang ditandai dengan lampu indikator berkedip. Melalukan reset dapat mengatasi masalah ini dengan menghapus memori pada printer.
  • Kesalahan konfigurasi jaringan. Printer mampu bekerja dengan optimal berkat adanya konfigurasi jaringan yang terjalin dengan tepat. Apabila konfigurasi tersebut bermasalah, maka kinerja printer pun akan ikut mengalami gangguan.
  • Perangkat lunak eror. Ketika perangkat lunak yang digunakan untuk mengoperasikan printer mengalami eror, hal ini dapat menganggu kinerja printer. Melakukan reset akan membersihkan memori printer dan mengatasi perangkat lunak eror.
Baca Juga:  Kenali 7 Penyebab Mobil Tidak Bisa Hidup Saat Distater

Cara Reset Printer Canon MG2570S dengan Mudah

Setelah mengetahui hal-hal yang menyebabkan printer perlu direset, kini pengguna bisa mencoba untuk melakukan penanganan awal secara mandiri begitu menemukan gejala-gejala erornya. Terkait bagaimana cara reset printer Canon MG2570S dapat dipraktikkan dengan mudah sebagai berikut:

Menggunakan Reset Printer

Untuk melaksanakan cara pertama ini, perlu disiapkan terlebih dahulu tool resetter Canon MG2570S yang memiliki lisensi resmi dari produsen. Jika tool tersebut sudah disiapkan, selanjutnya adalah melakukan langkah-langkah reset printernya di bawah ini:

  • Masukkan 2 -3 lembar kertas ke dalam baki printer.
  • Operasikan “Service Tool” khusus printer Canon MG2570s.
  • Akan muncul tampilan terpadu pada layar, pilih menu “Main”.
  • Klik submenu “Clear Ink Ocunter”, lalu tap “Main” dan tekan tombol “Set”.
  • Pada submenu “Ink Absorber Counter”, klik opsi “Main” dan tap tombol “Set”.
  • Setelah itu, ketuk bagian “EEPROM” dan printer akan memulai proses cetak dokumen sekaligus memproses peresetan.
  • Matikan mesin printer dan diamkan sejenak, kemudian nyalakan kembali. Printer Canon MG2570S selesai direset dan bisa beroperasi kembali.

Mengaktifkan Service Mode

Printer Canon MG2570S memiliki fitur bernama Service Mode yang bisa dimanfaatkan untuk mereset printer ke setelan awal. Adapun cara pengaktifannya dapat dilakukan melalui panduan intruksi dalam uraian berikut ini:

  • Matikan printer Canon MG2570S dengan menekan tombol Power.
  • Berikutnya, tekan dan tahan kembali tombol Power dan Reset secara bersamaan sampai lampu indikator menyala.
  • Tetap tahan tombol Power dan lepaskan tombol Reset.
  • Setelah itu, tekan kembali tombol Reset secara berturut-turut sebanyak 5 kali. Lalu,lepaskan semua tombol secara bersamaan.
  • Selesai. Service Mode sudah aktif dan komputer akan mendeteksi device baru.

Demikian ulasan tentang cara reset printer Canon MG2570S yang mudah dipraktikkan secara mandiri. Guna menghindari kendala serupa di kemudian hari, pastikan untuk selalu melakukan perawatan yang sesuai dengan prosedur pada printer secara rutin dan berkala.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *