Cara Mengobati Gudikan Secara Alami

Cara Mengobati Gudikan Secara Alami – Ulasan ini akan membahas cara mengobati gudikan menggunakan bahan-bahan alami. Gudikan atau kudis merupakan jenis penyakit kulit yang diakibatkan oleh serangan tungau Sarcoptes scabiei yang masuk ke lapisan kulit terluar. Penyakit ini ditandai dengan ruam dan rasa gatal yang hebat pada kulit, terutama di daerah lipatan.

Jika tidak segera diobati, penyebarannya bisa mencapai seluruh tubuh dan menular ke orang lain melalui kontak langsung maupun dari benda-benda yang digunakan bersama. Oleh karena itu, menjadi sangat penting bagi masyarakat awam untuk mengetahui cara untuk mengobati gudikan agar tidak menyebar dan menulari orang lain. Lantas, bagaimana cara menangnya? Simak uraian di bawah ini!

Gunakan Lidah Buaya

Hubungan lidah buaya dan kulit memang sudah sangat dikenal dan sering diterapkan, misalnya pada produk-produk kecantikan seperti lotion dan sabun. Namun tidak hanya itu, efek mendinginkan kulit yang dimiliki tanaman ini rupanya dapat meredakan ruam dan gatal yang menyerang saat seseorang mengalami gudikan.

Perlu diingat bahwa cara ini sebetulnya bukan untuk menyembuhkan gudikan secara menyeluruh, karena peran lidah buaya hanya sebagai pereda peradangan dan bukan pembasmi tungau. Jadi, penggunaan lidah buaya hanya akan mengurangi rasa gatal, radang, dan menghentikan penyebarannya agar tidak semakin memburuk. Namun setelah itu, penderita tetap perlu memberikan obat.

Oleskan Cabai Rawit

Biasanya setelah memegang cabai rawit, kulit akan terasa panas hingga menimbulkan sensasi terbakar yang tidak nyaman. Namun, dibalik itu, cabai rawit ternyata cukup efektif dalam mematikan tungau yang menjadi penyebab gudikan.

Baca Juga:  5 Manfaat Jus Seledri Untuk Kesehatan Tubuh, Wajib Tahu!

Oleskan saja cabai rawit pada bagian kulit yang gatal, namun hindari area yang terdapat luka. Pastikan untuk tidak memakai cabai rawit secara berlebihan karena justru akan berbahaya bagi kulit dan dapat memperburuk peradangannya.

Balurkan Kunyit

Bahan alami berikutnya yang sangat mudah ditemukan di dapur dan dipercaya dapat mengobati gudikan adalah kunyit. Kunyit memang tidak dapat mengobati gudikan secara total, melainkan hanya meredakan gejalanya saja seperti lidah buaya.

Namun banyak orang yang masih menggunakan kunyit saat terserang gudikan dengan cara menghaluskannya dan menempelkan pada bagian yang gatal. Pastikan kunyit yang akan digunakan sudah dicuci bersih dan bebas dari kotoran agar kulit tidak semakin iritasi.

Baca Juga : 5 Cara Mengobati DBD Pada Anak Dengan Cepat Dan Maksimal

Oleskan Minyak Cengkeh

Peran minyak cengkeh dalam mengobati gudikan telah dibuktikan oleh seorang peneliti bernama Cielo Pasay yang hasilnya diterbitkan pada 2010 lalu. Cara mengobati gudikan dengan minyak cengkeh adalah dengan mengoleskan minyak cengkeh pada area kulit yang mengalami ruam dan gatal.

Pengolesan ini harus dilakukan secara rutin, terutama setelah membersihkan diri atau mandi. Meski begitu, penelitian lain masih dibutuhkan untuk benar-benar membuktikan keakuratan khasiatnya karena belum teruji secara klinis dan ilmiah.

Oleskan Minyak Pohon Teh

Selain minyak cengkeh, ada juga minyak pohon teh yang telah sejak lama digunakan sebagai obat bagi masalah kulit seperti gatal akibat gigitan serangga, infeksi, hingga memar. Bahan anti-inflamasi dan anti-bakteri yang terkandung dalam minyak pohon teh dipercaya mampu membunuh tungau penyebab gudikan secara efektif.

Itulah beberapa cara mengobati gudikan yang dapat dilakukan di rumah dengan bermodal bahan-bahan dapur sederhana. Namun perlu diingat bahwa bahan-bahan yang telah disebutkan di atas belum sepenuhnya terbukti secara ilmiah terkait keampuhannya mengobati penyakit gudikan. Jika setelah dicoba gudikan tidak ada tanda-tanda kesembuhan, maka periksakan ke spesialis kulit terdekat.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *