Manfaat Jahe Merah Bagi Kesehatan

Manfaat Jahe Merah Bagi Kesehatan – Banyak manfaat dan khasiat ampuh yang dimiliki jahe merah, termasuk manfaat jahe merah bagi kesehatan yang perlu diketahui oleh masyarakat. Zingiber officinale varietas rubrum merupakan nama lain dari jahe merah dengan arti tanaman rimpang sebagai bahan obat serta tanaman rempah-rempah. Dilihat dari namanya, jahe merah memiliki permukaan kulit berwarna merah.

Jahe merah juga memiliki berbagai bentuk, ukuran dan warna rimpangnya. Jahe merah memiliki aroma yang lebih tajam dan rasa lebih pedas dari jahe biasa, jahe ini mengandung senyawa yang berkhasiat. Berikut terdapat 7 manfaat dari jahe merah bagi kesehatan yang perlu diketahui oleh masyarakat pada pembahasan ini, adapun penjelasannya diantaranya, yaitu:

Meredakan Rasa Mual

Badan yang sedang tidak enak atau merasa mual sering terjadi ketika seseorang kelelahan hingga kurang tidur karena banyaknya rutinitas. Mual yang tidak segera ditangani akan bisa menyebabkan seseorang dehidrasi akut, melalui jahe merah inilah dapat digunakan untuk meredakan rasa mual. Selain itu, jahe merah dapat membantu mual seperti kemoterapi dan kehamilan.

Mengobati Batuk

Batuk merupakan kondisi yang dikarenakan gangguan pernapasan. Banyak cara yang dilakukan seseorang untuk mengobati batuk seperti minum obat, namun ada cara alami lain seperti mengkonsumsi jahe merah. Dengan mengkonsumsinya kandungan nutrisi jahe memberikan pemulihan pada tubuh dan efek yang dirasa akan mengurangi dahak dan meredakan radang di tenggorokan.

Meningkatkan Kesuburan

Gaya hidup yang sehat dijamin dapat meningkatkan kesuburan pada seseorang, selain dengan rutin olahraga, mengkonsumsi jahe merah pun sangat dianjurkan. Jahe merah terdapat kandungan antioksidan yang memiliki aktivitas androgenik. Hal ini sangat diyakini dapat menjaga jumlah hormon testosteron yang dapat meningkatkan kesuburan perempuan, namun pada laki-laki pun juga bisa.

Baca Juga:  Cara Menggunakan Aplikasi VPN Turbo Dan Tips Menggunakanya

Menjaga Kekebalan Tubuh

Sistem imunitas atau kekebalan tubuh dapat ditingkatkan dengan konsumsi rempah-rempah, banyak rempah-rempah yang dimanfaatkan. Nah, manfaat jahe merah bagi kesehatan mempunyai kemujaraban dalam pencegahan dan pengobatan berbagai sakit. Untuk mendapatkan khasiatnya, jahe merah dapat dikonsumsi dengan diolah baik sebagai bumbu racik makanan atau dikonsumsi sebagai minuman seperti jamu..

Mengobati Jerawat

Jahe merah juga mempunyai beberapa manfaat untuk kecantikan yang mungkin belum banyak diketahui, salah satunya seperti mengobati jerawat pada wajah. Jerawat merupakan masalah kulit yang sering muncul pada wajah. Kandungan antiseptik dan antioksidan yang terdapat dalam jahe merah dapat berfungsi untuk melawan bakteri penyebab jerawat dan mengeringkan jerawat lebih cepat.

Baca Juga : 7 Manfaat Teh Ketumbar Bagi kesehatan Yang Tidak Boleh Diabaikan

Menurunkan Berat Badan

Terdapat berbagai upaya yang dapat dilakukan agar menurunkan berat badan, salah satunya dengan mengkonsumsi jahe merah secara teratur dan benar. Jahe dapat berkontribusi dalam melebarkan pembuluh darah. Kondisi ini akan memudahkan terjadinya efek termal di dalam tubuh dan melancarkan aliran darah, sehingga dapat mempercepat proses penurunan berat badan.

Menghilangkan Panu

Jika biasanya bahan ini dijadikan sebagai minuman penghangat dan bumbu masakan, rupanya khasiatnya juga ampuh bagi kesehatan yaitu menghilangkan panu. Jamur malassezia adalah yang menjadi penyebab timbulnya infeksi jamur pada kulit (panu). Setiap manusia pasti pernah mengalaminya dan untuk mengatasinya cobalah mengkonsumsi secara rutin atau memotong jahe dengan cukup lalu gosokkan pada kulit.

Inilah artikel pembahasan mengenai 7 manfaat jahe merah bagi kesehatan. Kesehatan menjadi hal yang paling penting dan harus dijaga oleh setiap orang agar ketika melakukan kegiatan aktivitas lebih maksimal. Apabila kesehatan seseorang merasa tidak membaik dapat mengkonsumsi jahe merah sebagai obat alami tanpa harus membeli obat ke apotik.

Baca Juga:  Obat Sakit Ulu Hati dan Sesak Nafas, ini Resepnya
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published.