Cara Menyembuhkan Batuk

Cara Menyembuhkan Batuk  – Batuk merupakan gejala umum yang sering dialami banyak orang. Beberapa beranggapan jika penyakit ini cepat sembuh. Namun, ada juga jenis batuk yang sembuhnya memakan waktu cukup lama. Hal ini tentu sangat mengganggu seseorang ketika sedang melakukan aktivitas. Lantas bagaimana cara menyembuhkan batuk yang tak kunjung sembuh terlalu lama?

Batuk yang berkepanjangan bisa terjadi hingga berbulan-bulan bahkan bertahun. Jenis batuk yang tidak kunjung sembuh dapat menjadi penyebab timbulnya penyakit tertentu. Adapun beberapa faktor pemicunya seperti terkena TBC, asma, dan asam lambung yang kambuh. Nah, berikut ini akan diuraikan cara untuk menyembuhkan batuk yang tak kunjung sembuh:

Minum Obat Antihistamin dan Dekongestan

Kedua jenis obat tersebut dapat mengobati sindrom post-nasal drip yang disebabkan karena alergi. Sindrom tersebut merupakan kondisi dimana hidung memproduksi banyak lendir yang masuk ke bagian belakang tenggorokan.

Untuk jenis obat antihistamin yang diresepkan dokter adalah chlorpheniramine, sedangkan untuk obat dekongestan adalah pseudoephedrine. Keduanya memiliki khasiat yang sama, yaitu untuk meredakan batuk tak kunjung sembuh. Sebelum minum obat ini, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Konsumsi Obat Antibiotik

Antibiotik dapat digunakan untuk menyembuhkan batuk yang diakibatkan karena infeksi bakteri. Obat ini mampu membunuh perkembangan bakteri dalam tubuh. Oleh sebab itu, seseorang yang mengidap penyakit TBC, biasanya akan disarankan mengkonsumsi obat ini agar tidak menyebabkan batuk yang berkepanjangan.

Obati dengan Acid Blocker

Masih dengan obat minum, acid blocker merupakan obat yang ampuh untuk mengobati asam lambung berlebih (GERD). Penyakit ini menjadi salah satu penyebab batuk yang berkepanjangan. Untuk mengatasinya, sebaiknya penderita minum obat yang bisa menetralkan kadar keasaman dalam tubuh, namun pastikan dengan resep dokter.

Baca Juga:  6 Jenis Kaca Jendela Rumah Minimalis, Dijamin Estetik

Rutin Konsumsi Air Hangat

Air hangat dipercaya mampu meredakan penyakit batuk. Selain itu, minuman ini juga dapat mengencerkan lendir dalam tenggorokan. Apabila penderita rutin mengkonsumsi air hangat, maka batuk pasti akan mereda secara perlahan-lahan. Karena minuman yang hangat dapat membunuh bakteri yang ada dalam tubuh.

Selain minum air hangat, pastikan juga ketika mandi gunakan air hangat. Uap air hangat dapat membantu melegakan area pernapasan hidung hingga tenggorokan, sehingga dapat mengurangi batuk. Selain meredakan batuk, mandi air hangat juga efektif untuk mengatasi flu maupun alergi.

Istirahat yang Cukup

Cara menyembuhkan batuk yang tak kunjung sembuh adalah dengan istirahat yang cukup. Cara ini paling mudah dilakukan bagi kebanyakan orang, dan terbukti mampu mengurangi berbagai macam penyakit, termasuk batuk sekalipun. Memperbanyak waktu tidur dapat menyembuhkan batuk dengan sendirinya.

Mengapa? Tidur dapat meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh. Sel imun yang kuat, akan menghancurkan bakteri-bakteri yang menyerang tubuh, sehingga membuat seseorang tidak mudah terserang penyakit. Jadi semakin banyak tidur, maka akan semakin kuat pula sistem kekebalan tubuh seseorang.

Konsumsi Madu

Mengkonsumsi madu dapat membantu menyembuhkan tingkat frekuensi batuk berkepanjangan. Cairan antioksidan yang ada dalam madu dipercaya ampuh untuk mempercepat proses pemulihan batuk. Bahkan sebuah studi menyatakan bahwa madu juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur para penderita batuk.

Untuk mengkonsumsi madu, pastikan minum 1 hingga 2 sendok dengan rutin. Cara meminumnya pun juga dapat dicampurkan dengan air hangat maupun teh, tergantung selera. Perlu diketahui, madu tidak boleh dikonsumsi untuk anak di bawah 1 tahun dikarenakan dapat menyerang sistem saraf dalam tubuh.

Demikianlah uraian tentang cara menyembuhkan batuk yang tak kunjung sembuh. Sebetulnya, masih banyak metode lain yang digunakan untuk mengatasi penyakit ini, namun keenam cara di atas cukup membantu meredakan penyakit batuk berkepanjangan.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *