Memperbaiki File MP3 Yang Tidak Bisa Diputar

Memperbaiki File MP3 Yang Tidak Bisa Diputar – Mendengarkan musik merupakan kegiatan yang bukan hanya untuk hiburan, tapi juga ada yang menjadikannya sebagai media relaksasi. Semua smartphone dapat digunakan memutarnya. Namun terkadang ada kendala berkas rusak dan tidak terdeteksi. Karena itulah, dijelaskan cara memperbaiki file MP3 yang tidak bisa diputar di HP agar normal kembali.

Permasalahan gagal diputarnya berkas MP3 memang kerap dialami oleh pengguna smartphone. Sebabnya pun bermacam-macam, bisa saja karena terlalu banyaknya file sampah atau media pemutar musik yang sudah kadaluarsa. Agar lagu dapat diputar kembali, coba ikuti cara-cara di bawah:

1. Meng-install Aplikasi Pemutar Musik Lain

Versi yang sudah lama dan kadaluarsa mungkin saja menyebabkan file MP3 tidak dapat diputar. Bahkan terkadang perangkat gagal mendeteksi dan memuat ulang berkas yang baru. Sebagai solusi, pengguna bisa meng-upgrade aplikasi pemutar musiknya dengan versi yang lebih baru.

Jika masih gagal, disarankan untuk meng-install aplikasi lainnya yang menyediakan fitur lebih lengkap. Banyak pemutar musik yang memberikan layanan gratis. Contohnya seperti MP3 Player, Musicolet Pemutar Musik, atau Music Player. Pasang yang kompatibel dengan HP.

2. Membersihkan Berkas Cache

File MP3 gagal diputar juga bisa disebabkan karena terlalu banyak berkas sampah yang menumpuk di perangkat. Akibatnya, kinerja HP tidak maksimal lagi. Cara paling efektif yaitu memasang aplikasi pembersih, seperti CCleaner dan Clean Master. Dengan begitu, tidak akan ada notifikasi berupa No Media Found lagi.

Sedangkan untuk cara pembersihan berkas sampah yang manual, bisa mengikuti langkah-langkah sesuai instruksi. Pertama, bukalah Pengaturan di HP, lalu buka opsi Apps. Temukan aplikasi pemutar musik yang biasa dipakai, barulah selanjutnya klik menu Clear Cache.

Baca Juga:  Cara Setting Router TP-Link dengan HP Android

3. Menggunakan Aplikasi ChkSnd

Cara memperbaiki file MP3 yang tidak bisa diputar di HP selanjutnya bisa dipraktikkan apabila berkas memang mengalami kerusakan. Biasanya pengguna mendapatkan notifikasi gagal membuka format file atau berkas rusak. Agar dapat didengar lagi, coba lakukan panduan berikut:

  • Unduh aplikasi ChkSnd dari market milik HP.
  • Lalu pasangkan dan jalankan aplikasinya
  • Setelahnya, pilih file MP3 yang tidak bisa diputar. Biasanya, format berkas yang gagal terdeteksi adalah .m4a.
  • Bukalah menu dropdown dari Codec dan pilih opsi Ubah Jadi MP3.
  • Ganti pula bitrate-nya menjadi 320.
  • Ketuk Yes pada perintah convert.

4. Me-reboot HP

Me-reboot handphone menjadi cara berikutnya aplikasi ada sistem yang eror dan membuat gagal memutar file MP3. Jadi, matikan dulu HP selama beberapa saat. Tapi, pastikan sebelumnya lepas dulu semua aksesoris yang menempel. Mulai dari kartu SIM, micro SD, dan baterai jika bukan jenis tanam. Setelah diistirahatkan 30 menit, baru pasang dan nyalakan kembali.

Baca Juga : Cara Masuk Ke Safe Mode Windows 10

5. Mematikan Menu Filter

Cara terakhir ini juga digunakan untuk memperbaiki file MP3 yang rusak dan gagal diputar. Bisa dicoba oleh semua pengguna, terkhusus pada HP Vivo. Alat yang diperlukan hanyalah File Manager dan tinggal mengikuti panduan berikut:

  • Cari dan klik folder Musik.
  • Lalu ketuk ikon garis tiga yang ada di sisi kanan layar bagian pojok atas.
  • Selanjutnya pilih opsi Pindai Untuk Lagu.
  • Jika fitur filter lagu bertanda aktif, segera matikan dengan menggeser toggle-nya.
  • Setelah itu coba periksa apakah lagu sudah bisa diputar.

Itulah cara memperbaiki file MP3 yang tidak bisa diputar di HP memakai metode mudah. Jika mengalami kendala ini, segera saja coba cara-cara di atas. Sebaiknya lebih rajin dalam membersihkan berkas cache agar sistem tidak eror. Apalagi musik menjadi sarana hiburan di waktu santai. Tentu merepotkan apabila tidak dapat memutarnya.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *