Inilah Cara Membuka File RAR Di Android,Sangat Mudah!

Inilah Cara Membuka File RAR Di Android,Sangat Mudah!

Cara Membuka File RAR

Cara Membuka File RAR – Sebelumnya file RAR hanya bisa diakses pada perangkat PC dan laptop saja, namun sekarang bisa juga diakses di HP. Namun sayangnya cara membuka file RAR di Android belum begitu diketahui oleh para penggunanya.

Sekarang ini para pengembang telah banyak menciptakan platform untuk kepentingan yang satu ini. Nantinya ketika perlu membuka RAR dengan segera, maka tidak perlu lagi membuka laptop atau PC karena bisa menggunakan hp.

Menggunakan Aplikasi

Cara membuka file RAR di Android yang direkomendasikan adalah dengan memanfaatkan aplikasi khusus. Dengan memakai aplikasi akses RAR akan lebih cepat dan beberapa diantaranya bahkan tidak memerlukan internet.

Aplikasi ZArchiver

Platform satu ini termasuk yang sering direkomendasikan karena tampilannya yang simpel dan tidak membingungkan. Selain RAR, berbagai file arsip juga bisa diakses melalui aplikasi ZArchiver ini berikut langkah penggunaannya.

  • Unduh dan pasang aplikasinya lalu langsung saja jalankan.
  • Setelah itu, carilah file yang ingin dibuka lalu tap pada nama file tersebut.
  • Selanjutkan akan muncul beberapa opsi. Untuk sekedar melihat, tap opsi yang bertuliskan lihat.
  • Jika ingin sekalian mengekstrak, maka tap opsi ekstrak disini.

Aplikasi RAR for Android

Umumnya platform ini dipakai untuk hal yang lebih sulit seperti membuat RAR, mengecilkan ukuran file dan sebagainya. Jadi, aplikasi ini akan dimanfaatkan untuk kompres file agar bisa diakses melalui perangkat Android.

  • Buka aplikasi RAR for Android yang sudah dipasang sebelumnya.
  • Selanjutnya pilih file yang ingin diakses, kemudian tap ikon dokumen.
  • Pilih tempat penyimpanan yang diinginkan, lalu tap perintah ok.
  • Setelah itu akan muncul tampilan perizinan untuk membaca tempat penyimpanan perangkat setujui hal ini dengan klik izinkan.
  • Tunggu sampai kompres selesai diproses. Jika telah selesai, ketuk pada nama file tersebut maka akan bisa dibuka selayaknya file biasa.
Baca Juga:  Panduan Lengkap untuk Mengajukan Kartu Kredit Mayapada

Melalui Website

Apabila perangkat telah sesak dan tidak ingin lagi menambah jumlah aplikasi, maka pengguna bisa memanfaatkan website tertentu. Setidaknya ada 2 buah website terkenal yang bisa dipakai untuk membuka format RAR di perangkat Android.

Metode ini memang bisa untuk menghemat penyimpanan perangkat karena tidak perlu menginstal aplikasi. Tetapi untuk bisa menjalankan fitur-fiturnya, pengguna harus selalu memiliki akses internet yang bisa saja tidak tersedia di saat tertentu.

Website Ekstrak.me

Sesuai namanya, website ini akan melakukan ekstrak terhadap RAR terlebih dahulu agar dapat dibuka. Jadi nantinya pengguna bisa membuka filenya kembali tanpa harus akses website tersebut untuk kedua kalinya seperti langkah berikut:

  • Akses extract.me/id/. melalui browser Android.
  • Setelah itu tap tombol pilih file dan ketuk nama file yang akan diekstrak.
  • Tunggu prosesnya selesai, lalu unduh hasilnya dengan tap perintah simpan.
  • Beri nama pada file tersebut lalu tap ok, hasil ekstraknya akan berupa folder berisi file-file yang ada di RAR tadi.

Website GroupDocs.Viewer

Sebuah platform yang diciptakan sebagai penampil file secara online yang bisa dipakai bebas dan juga gratis. Platform ini mengklaim dapat menampilkan 170 format file lebih termasuk diantaranya adalah RAR.

Dengan bantuan website bernama GroupDocs.Viewer ini file apapun bisa diakses dengan navigasi yang begitu nyaman. Penggunanya juga bisa untuk mencetaknya dalam format standar yaitu PDF, berikut cara penggunaannya.

  • Buka situs tersebut lalu drop file ke area yang disediakan.
  • Setelah diunggah situs akan langsung menampilkan file tersebut.
  • Gulirkan ke bawah maupun keatas dengan navigasi antar halaman yang fleksibel.
  • Unduh halaman tersebut dengan tap perintah simpan.

Demikianlah cara membuka file RAR di Android yang akan membuat para pengguna tidak lagi kesulitan untuk akses RAR. Perhatikan setiap langkahnya dengan cermat agar RAR berhasil dibuka.

Baca Juga:  6 Cara Mengobati Payudara Bengkak Dan Nyeri Ketika Menyusui

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *