Cara Menggunakan Aplikasi Spotify

Cara Menggunakan Aplikasi Spotify – Spotify merupakan platform yang bisa dipakai untuk streaming lagu dengan list judul dan artis yang sangat lengkap. Untuk menikmati semua layanannya, tentu harus paham mengenai cara menggunakan aplikasi Spotify, khususnya bagi pemula. Bukan hanya deretan lagu saja, dalam Spotify juga ada konten-konten seru lainnya, seperti podcast dan video klip.

Dalam Spotify tersedia dua layanan yang bisa dipilih para pecinta musik. Ada yang bisa dinikmati secara gratis dan ada pula premium untuk fitur-fitur yang lebih lengkap. Keduanya dapat diakses jika pengguna tahu bagaimana cara menggunakan aplikasi tersebut. Bagi pengguna yang masih bingung dan pertama kali mengunduh Spotify, bisa menyimak penjelasan berikut:

Cara Menggunakan Spotify

Spotify bisa diakses melalui device apa pun. Jadi di mana pun mendengarkan musik dapat memakai aplikasi ini, baik melalui smartphone atau laptop. Selain tersedia dalam bentuk aplikasi, ternyata ada versi web yang lebih mudah jika ingin menikmati lagu-lagu favorit lewat laptop. Untuk lebih jelas mengenai cara menggunakannya, simak panduan berikut:

1. Menggunakan Spotify Lewat Smartphone

Penjelasan pertama akan menguraikan cara menggunakan aplikasi Spotify lewat smartphone, baik yang berbasis Android atau iOS. Jika melalui HP, sebaiknya menggunakan Spotify versi aplikasi. Jadi, bisa unduh terlebih dahulu di market masing-masing, Play Store atau App Store. Setelah terpasang, lanjutkan dengan langkah-langkah di bawah:

  • Buka aplikasi Spotify dan buat akun dengan memilih salah satu metode, yakni secara gratis, melanjutkan dengan nomor HP, atau memakai Facebook.
  • Setelah meng-klik metode pilihan, isi form yang ditampilkan.
  • Akun Spotify sudah dibuat, selanjutnya bisa mencari lagu favorit dengan mengetikkan judul atau penyanyinya di kolom Search. Bisa juga memilih lagu yang sedang hits atau rekomendasi di homepage.
  • Bisa juga memilih lagu yang sedang hits atau rekomendasi di homepage.
  • Untuk memutarnya, ketuk play button.
  • Pengguna bisa membuat playlist dengan mencari judul lagu, lalu memilih Add to Playlist.
Baca Juga:  Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 200 KB Di Android Paling Mudah

2. Menggunakan Spotify Lewat Laptop

Cara menggunakan Spotify yang kedua ini bisa diikuti oleh pengguna yang ingin mendengarkan musik di laptop sambil bekerja. Jika memakai device ini, lebih mudah mengakses versi web browser-nya. Berikut panduannya:

  • Buka browser dan tulis alamat https://open.spotify.com/.
  • Lalu pilih opsi Sign up.
  • Pilih daftar dengan email dan isikan formulirnya.
  • Bisa juga memilih mendaftar dengan akun Facebook.
  • Temukan lagu kesukaan dengan menelusurinya di kolom Search.
  • Putar lagu dengan memilih tombol Play.

Fitur Aplikasi Spotify

Mengapa aplikasi Spotify dipilih pengguna sebagai media streaming lagu? Karena memang fiturnya sangat lengkap. Bagi yang belum tahu, berikut adalah beberapa fitur dari Spotify:

Mengatur Kualitas Audio

Karena streaming, pengguna tentu harus mendengarkan lagu secara online. Kalau tidak ingin boros kuota, bisa mengatur kualitas output audionya di menu Setting. Ada pilihan mulai dari Automatic, Low, sampai Very High.

Baca Juga : Cara Memperbaiki File MP3 Yang Tidak Bisa Diputar

Menambah Lagu dari Perangkat

Bagaimana jika dalam Spotify tidak ada lagu yang ingin didengarkan? Tenang saja, karena ada fitur Preferences untuk menambah musik dari penyimpanan lokal. Jadi, pengguna bisa memasukkan lagu tersebut ke dalam Playlist.

Membuat Playlist Bersama Teman

Satu fitur lagi yang sangat seru dari Spotify adalah Collaborative Playlist. Pengguna dapat membuat Playlist bersama teman dengan selera musik yang sama. Teman yang dipilih bisa ikut menambahkan lagu ke dalam Playlist tersebut.

Demikian penjelasan tentang cara menggunakan aplikasi Spotify dari smartphone atau laptop. Munculnya platform ini membuat para pecinta musik dimudahkan untuk mendengarkan lagu favoritnya di mana saja. Terlebih lagi, jangkauan musik dalam Spotify mencakup seluruh dunia. Apalagi fitur di dalam Spotify cukup lengkap.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *