Cara Mengobati Batuk Pada Ibu Hamil

Obat Batuk Ibu Hamil Yang Aman, Jangan Sembarangan Minum Obat!

Obat Batuk Ibu Hamil Yang Aman

Obat Batuk Ibu Hamil Yang Aman – Batuk adalah sebuah respons dari tubuh secara alami ketika tenggorokan mengalami radang atau iritasi. Batuk sendiri dapat diatasi dengan meminum obat. Namun, penanganan tersebut tak disarankan untuk ibu yang sedang hamil. Cara mengobati batuk pada ibu hamil tidak sama dengan orang normal pada umumnya karena ketika seorang ibu sedang mengandung tidak boleh sembarangan minum obat.

Cara mengobati batuk pada ibu yang hamil akan jauh lebih baik jika menggunakan obat herbal atau cara-cara tradisional. Hal tersebut disarankan karena tidak mengandung bahan kimia dari obat-obatan sehingga aman untuk janin. Oleh karena itu, berbagai cara tradisional hadir untuk membantu mengatasi batuk yang dialami pada ibu yang sedang hamil. Berikut berbagai pilihan cara untuk mengobatinya:

Berkumur Menggunakan Air Garam

Cara mengobati batuk pada ibu hamil relatif berbeda. Jika seharusnya meminum obat, cara untuk ibu hamil akan jauh lebih aman. Salah satunya dapat diatasi dengan berkumur menggunakan air garam. Cukup buat larutan garam, yakni air hangat yang dicampur dengan garam. Kemudian, mulailah berkumur menggunakan campuran tersebut. Hal ini akan mengurangi peradangan sehingga batuk akan menghilang.

Minum Campuran Lemon dan Madu

Cara lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi batuk yakni dengan lemon dan madu. Campurkan madu dan perasan lemon, kemudian larutkan dengan menggunakan air hangat. Lemon yang mengandung vitamin C, serta madu yang mengandung vitamin A dan banyak khasiatnya akan membantu meredakan batuk. Selain itu, campuran lemon dan madu berkhasiat untuk meningkatkan imun tubuh.

Benahi Posisi Tidur

Selain mengonsumsi bahan herbal, cara lebih mudah yakni dengan memperhatikan posisi tidur. Posisi tidur yang disarankan adalah dengan menggunakan bantal yang diatur lebih tinggi agar kepala berada lebih tinggi dari badan. Cara ini akan membantu menyumbat lendir (dahak) yang mengalir saat tidur serta membantu mencegah iritasi. Namun, hal terpenting ialah posisi tidur harus nyaman.

Baca Juga:  Simaklah Cara Menyembuhkan Payudara Yang Sakit Dengan Tepat

Baca Juga : Cara Mengobati Pilek Secara Alami, Sangat Mudah!

Baca Juga : Proses Melahirkan Normal Untuk Referensi Calon Ibu

Gunakan Balsem

Balsam adalah sebuah benda yang mengandung minyak dan bertekstur lengket yang sering dioleskan pada tubuh. Balsam dapat membantu mengatasi batuk pada ibu hamil. Caranya, cukup oleskan sedikit balsem pada bagian bawah hidung. Tunggu hingga beberapa menit sampai terasa hangat. Hal ini dipercaya dapat membantu mengurangi batuk karena saluran pernapasan akan terasa hangat dan radang mereda.

Mandi dengan Menggunakan Air Hangat

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan ialah dengan mandi menggunakan air hangat. Batuk dapat diatasi dengan mandi air hangat karena cara ini akan membuat tubuh rileks dan mengurangi sesak napas. Sesak napas inilah yang disinyalir menjadi salah satu gejala batuk. Oleh karena itu, bila sesak napas berkurang, maka batuk pun akan berkurang.

Baca Juga : Menjalankan Ibadah Puasa Saat Hamil Muda, Bahayakah?

Coba Makan Sup Hangat

Selain obat herbal dan kegiatan yang dapat membantu meredakan batuk, makan sesuatu yang hangat pun akan membantu meredakan batuk, salah satunya dengan mengonsumsi sup hangat. Sup hangat dapat membantu melegakan saluran pernapasan yang mengalami radang. Selain sup hangat, makanan yang sehat dan bersih akan membuat tubuh tetap sehat dan bugar.

Semoga cara mengobati batuk pada ibu hamil tersebut dapat bermanfaat. Hal selain mengkonsumsi obat ini tak sulit dilakukan karena selain bahan-bahan untuk dijadikan obat mudah didapat, cara lain dengan melakukan kegiatan pun sangat mudah dilakukan, mulai dari posisi tidur dan mandi air hangat. Meredakan batuk pada ibu hamil dapat ditunjang dengan makan makanan yang sehat, bersih, dan bergizi.

Baca Juga:  Ketahui Cara Daftar Telegram Dengan Email Mudah Dan Simple

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *