Simaklah Cara Menyembuhkan Payudara Yang Sakit Dengan Tepat

Simaklah Cara Menyembuhkan Payudara Yang Sakit Dengan Tepat

Cara Menyembuhkan Payudara Yang Sakit

Cara Menyembuhkan Payudara Yang Sakit – Nyeri pada payudara sering dialami wanita, umumnya dikeluhkan saat sebelum menstruasi dimana payudara terasa kencang dan nyeri jika tersentuh. Kadang rasa sakitnya menjalar hingga ketiak dan lengan atas. Tapi banyak penyebab lain payudara terasa sakit karena itu perhatikan gejalanya dan cara menyembuhkan payudara yang sakit agar dapat ditangani dengan tepat, sebagaimana berikut:

Gunakanlah Bra yang Nyaman

Menggunakan bra yang nyaman berarti memiliki ukuran yang pas sehingga tidak kebesaran atau kekecilan. Ada yang menyukai adanya kawat di bagian bawah atau tali yang lebar atau bukaan depan, semuanya tergantung kenyamanan penggunanya.

Adapun yang penting payudara tidak tertekan dan tersangga dengan baik sehingga payudara dan otot sekitarnya tidak sakit. Bra yang kekecilan bisa menekan payudara sehingga menimbulkan rasa nyeri sedangkan tali yang tidak pas bisa membuat otot bahu atau punggung seperti tertarik.

Kompres dengan Air Hangat

Cara menyembuhkan payudara yang sakit juga bisa dilakukan dengan mengompres menggunakan air panas atau air dingin, tergantung mana yang lebih membuat nyaman. Lakukanlah sambil setengah berbaring agar membantu merasa lebih nyaman dan tidak tegang sehingga lebih cepat sembuh.

Perhatikan Asupan Makanan

Makanan atau minuman tertentu bisa membantu mengurangi resiko terjadinya rasa sakit pada payudara atau mengurangi rasa sakit yang diderita. Berikut adalah contoh usaha yang bisa dilakukan untuk mengelola asupan makanan yang dikonsumsi:

  • Kurangi asupan kafein, khususnya yang memang memiliki benjolan atau gumpalan pada payudara.
  • Pilihlah jenis makanan yang rendah lemak.
  • Perbanyak makanan yang kaya vitamin E seperti alpukat, almond, paprika dan tomat.
  • Hentikan kebiasaan merokok karena bersifat karsinogen yang memicu tumbuhnya sel kanker dan menimbulkan sakit di dada.
Baca Juga:  Cara Membuka Kunci Mobil Avanza Yang Tertinggal Di Dalam Dijamin Ampuh

Sesuaikan Dosis Pengobatan

Ada obat-obatan tertentu yang bisa menjadi pemicu rasa nyeri di payudara misalnya KB Hormonal, obat untuk mengatasi penyakit jantung dan obat anti depresi diketahui bisa menyebabkan rasa nyeri di payudara. Konsultasikanlah ke dokter agar rasa nyeri ini bisa diatasi, misalnya dengan penyesuaian dosis atau mengganti obat yang efeknya tidak besar.

Baca Juga : Obat Batuk Ibu Hamil Yang Aman, Jangan Sembarangan Minum Obat!

Tetap Berolahraga

Olahraga akan meningkatkan kadar oksigen dalam darah juga memperlancar sirkulasinya di dalam tubuh. Dengan melakukan aktivitas ini setidaknya 30 menit setiap hari, hormon endorphin yang bisa membunuh rasa sakit secara alami akan berproduksi dengan baik. Dengan badan yang segar, rasa nyeri akan cepat hilang.

Oleskan Minyak Primrose

Hasil penelitian Mayo Clinic menyebutkan bahwa mengolesi payudara dengan minyak primrose adalah salah satu cara menyembuhkan payudara yang sakit atau nyeri. Minyak ini dihasilkan dari biji tanaman evening primrose yang memiliki kandungan asam lemak untuk menyembuhkan peradangan atau nyeri saraf.

Periksakan Diri Ke Dokter

Jika upaya menyembuhkan rasa sakit di rumah ternyata tidak berhasil atau rasa nyeri kemudian disertai dengan keluhan lain, segeralah periksakan diri ke dokter. Misalnya jika merasa ada benjolan atau perubahan bentuk payudara atau jika puting mengeluarkan cairan atau bahkan darah.

Benjolan belum tentu ganas tapi jika tidak diobati tetap bisa membahayakan apalagi jika asupan kafein tinggi dan suka merokok. Cairan atau darah yang keluar dari puting bisa karena radang atau karena kanker, jadi segeralah periksakan diri ke dokter agar bisa segera ditangani dengan serius.

Cara menyembuhkan payudara yang sakit bisa dilakukan di rumah asalkan mengetahui penyebabnya seperti di atas. Namun kondisi sakit yang serius harus segera dikonsultasikan ke dokter dan melakukan tes untuk memastikannya, seperti mamografi atau USG payudara. Dengan demikian bisa dilakukan penanganan cepat agar gejalanya tidak memburuk.

Baca Juga:  7 Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil Yang Harus Diketahui

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *