Mengatasi Masuk Angin pada Bayi

Mengatasi Masuk Angin pada Bayi – Masuk angin yang seringkali terdengar di masyarakat ternyata tidak ada istilahnya dalam dunia medis. Adapun masuk angin merupakan kondisi di mana seseorang mengalami gejala seperti mual, muntah dan perut kembung. Masuk angin tidak hanya terjadi pada tubuh orang dewasa, namun juga dapat terjadi pada bayi. Maka dari itu, perlu pengetahuan mengenai cara mengobati masuk angin pada bayi agar masuk angin bisa segera diatasi dengan tepat.

Kondisi masuk angin pada bayi bisa disebabkan karena terlalu banyak udara/gas yang masuk ke dalam tubuh bayi. Bisa jadi karena terlalu banyak menghirup udara saat menyusui, terlalu sering menangis dan sistem pencernaan yang belum matang yang menjadi penyebab paling banyak sebab bayi masih belajar dalam mencerna. Berikut ini penjelasan mengenai cara mengobati masuk angin yang terjadi pada bayi:

Gendong Bayi dengan Posisi Football Hold

Football Hold adalah salah satu cara mengobati masuk angin pada bayi terutama jika gejalanya adalah perut kembung. Posisikan bayi dalam posisi tengkurap dan perut menempel pada lengan. Letakkan kaki dalam posisi mengangkang tepat di pergelangan tangan dan istirahatkan dagu bayi di dekat siku tangan. Menggosok punggungnya secara lembut akan memberikan tekanan tambahan pada perut bayi.

Angkat dan Gendong Bayi dengan Posisi Tegak

Cobalah untuk menggendong bayi dengan posisi tegak. Jika diperhatikan secara jelas, saat bayi dalam posisi berbaring, udara yang ada dalam perut bayi tidak akan mudah keluar. Upaya agar bayi bisa mengeluarkan udara penyebab masuk angin bisa dilakukan dengan menggendong bayi dalam posisi tegak. Dengan begitu, udara pun akan segera turun ke bawah.

Baca Juga:  Inilah Manfaat Donor Darah Untuk Kesehatan Yang Layak Dicoba

Tengkurapkan Bayi

Cara kedua yang dapat dilakukan adalah dengan memposisikan bayi dalam posisi tengkurap sambal amati keadaan bayi. Dalam posisi tengkurap, perut bayi otomatis akan mendapatkan tekanan lembut yang akan membantu proses pengeluaran udara/gas. Bahkan American Academy of Pediatrics pun memberi saran menggunakan posisi ini untuk mengeluarkan udara/gas pada bayi saat masuk angin.

Pijat Perut Bayi

Meredakan masuk angin pada bayi dapat dilakukan dengan cara memijat perut bayi secara perlahan dalam posisi bayi terlentang. Beri minyak telon khusus bayi secukupnya kemudian balur merata pada perut sambal menggosok perut bayi dengan lembut. Lakukan dan ulangi gerakan ini searah dengan jarum jam hingga ke arah bawah lekukan perut bayi.

Baca Juga : Ciri Bayi Alergi Susu Sapi dan Cara Mengatasinya

Baca Juga : Cara Mengatasi Ruam Pada Kulit Bayi

Gerakkan Kaki Bayi

Selain 5 cara di atas, cara selanjutnya untuk mengobati masuk angin pada bayi adalah dengan menggerakkan kaki bayi seperti gerakan mengayuh sepeda. Rebahkan bayi pada permukaan datar dan naikkan kakinya melingkar ke depan dan ke belakang secara perlahan kemudian ayunkan dengan gerakan seperti mengayuh sepeda. Cara ini akan membantu mengeluarkan udara/gas pada bayi.

Pakai Gendongan Bayi yang Nyaman

Saat masuk angin menyerang bayi, tentu saja bayi akan merasakan ketidaknyamanan pada tubuhnya. Cobalah untuk memakaikan gendongan bayi untuk mengobati masuk angin atau kembung pada perut. Pastikan bayi dalam posisi yang nyaman tanpa gangguan yang berarti sehingga bisa menggerakkan kepalanya sedikit demi sedikit serta dapat bernapas bebas meskipun saat ada dalam gendongan.

Biarkan Bayi Menghisap Dot

Cara ke 7 untuk mengobati masuk angin pada bayi adalah dengan memberikan dot pada bayi. Sebagian bayi akan merasa lebih tenang ketika menghisap dot. Saat hendak menghisap dot, pastikan bahwa bayi tidak dalam keadaan lapar karena akan membuat bayi menghisap lebih keras. Dengan begitu, bayi akan menghisap udara lebih banyak dan memperparah keadaan.

Baca Juga:  Proses Melahirkan Normal Untuk Referensi Calon Ibu

Bayi memang belum mampu memberikan penjelasan secara jelas namun sebagai orang tua harus pandai menerjemahkan respon tubuhnya. Tidak perlu risau ketika dihadapkan dengan keadaan bayi masuk angin. Lakukan 7 cara mengobati masuk angin pada bayi di atas untuk sedikitnya meredakan gejala yang dirasakan oleh bayi agar keadaan lebih baik dari sebelumnya.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published.