Ciri Bayi Alergi Susu Sapi dan Cara Mengatasinya

ciri bayi alergi susu sapi

Ciri Bayi Alergi Susu Sapi – Para orang tua mungkin memberikan susu sapi pada bayi mereka untuk memenuhi kebutuhan protein si buah hati. Jika setelah memberi bayi susu sapi, kemudian bayi merasa gelisah, kulitnya kemerahan, gatal – gatal, mungkin saja itu adalah ciri bayi alergi susu sapi.

Tidak perlu khawatir, alergi susu sapi pada bayi bisa hilang. Namun, orang tua seharusnya bisa mengetahui ciri – ciri bayi mereka mengalami alergi susu sapi dan cara mengatasinya,. Berikut kami sajikan beberapa pembahasan tentang ciri – ciri bayi alergi susu sapi.

Kenali Gejala Bayi Alergi Susu Sapi Berikut Ini

Bayi bisa mengalami alergi terhadap susu sapi sebagai akibat sistem kekebalan tubuh bayi yang bereaksi dengan protein yang ada di dalam susu sapi. Selanjutnya, akan menunjukkan beberapa tanda fisik yang muncul pada bayi. Ciri – ciri bayi alergi susu sapi dapat ditandai dengan hal – hal berikut ini.

Adanya Gangguan Kesehatan pada Kulit

Orang tua bisa mengenali bayi mereka terkena alergi susu sapi atau tidak yaitu dengan melihat bagian kulit bayi. Biasanya, kulit bayi akan mengalami eksim, ruam, gatal – gatal, mata atau bibir bengkak, pipi memerah, dan kulit pucat. Namun, yang lebih sering muncul yaitu eksim yang umumnya jelas terlihat di pipi.

Masalah kulit biasanya juga terjadi karena bayi alergi susu formula. Orang tua perlu teliti dalam menyimpulkan apakah bayi mereka mengalami alergi susu sapi atau susu formula. Dengan demikian, ciri bayi alergi susu sapi bisa hampir sama dengan ciri bayi tidak cocok susu SGM atau ciri – ciri bayi alergi susu bebelove.

Adanya Gangguan Kesehatan pada Pencernaan

Bayi alergi susu sapi bisa saja mengalami masalah pada sistem pencernaan bayi. Misalnya saja seperti diare, perut kembung, sembelit atau konstipasi, muntah – muntah dan tidak mau makan, dan mencret.

Bahkan pada beberapa kasus, feses bayi sampai mengandung darah dan penurunan berat badan. Gangguan pencernaan akibat alergi susu sapi adalah gejala yang paling sering muncul pada bayi.

Adanya Gangguan Kesehatan pada Pernapasan

Tanda lainnya yang disebabkan karena bayi alergi susu sapi yaitu terjadinya masalah pernapasan pada bayi. Masalah pernapasan yang disebabkan alergi susu sapi biasanya seperti ada suara pada napasnya, sering batuk, hidung berair, dan beberapa gejala kedinginan.

Timbulnya Masalah Umum

Masalah umum ini berkaitan dengan hal – hal di luar ketiga masalah sebelumnya, seperti bayi gelisah, rewel, sering menangis, susah tidur, berat bada sulit meningkat. Gejala umum ini biasanya mudah dirasakan oleh ibu. Hal ini karena ikatan emosional yang kuat, membuat orang tua mudah mengenali kondisi bayi yang kurang nyaman.

Cara Mengatasi Alergi Susu Sapi pada Bayi

Ada beberapa cara untuk mengatasi alergi susu sapi pada bayi. Namun, apabila terjadi gejala yang lebih parah, lebih baik segera konsultasikan dengan dokter agar mendapatkan penanganan yang lebih optimal. Berikut ini merupakan beberapa mengatasi alergi susu sapi pada bayi:

Tidak memberikan susu sapi pada bayi untuk sementara

Untuk mengurangi dampak alergi yang lebih serius, sebaiknya orang tua tidak menggunakan susu sapi untuk kebutuhan bayi mereka. Orang tua bisa memberikan susu sapi kembali apabila organ sang anak sudah matang.

Menghindari makanan yang mengandung susu sapi bagi ibu menyusui

Ibu menyusui lebih lebih baik menghindari makanan yang mengandung susu sapi, seperti keju, biscuit, es krim, dan lain – lain. Karena komposisi air susu yang dihasilkan oleh ASI akan dipengaruhi oleh jenis makanan yang mereka makan.

Menggunakan merk susu formula untuk bayi alergi susu sapi

Kebutuhan susu memang tidak terhindarkan dari bayi, sehingga harus tetap terpenuhi. Jika bayi mengalami alergi susu sapi, maka orang tua bisa mengganti susu sapi dengan susu formula bayi alergi susu sapi. Ciri bayi cocok dengan susu formula tersebut yaitu dengan melihat apakah gejala yang ditimbulkan akibat alergi susu sapi sudah hilang atau malah semakin parah.

Baca Juga: Susu Soya Untuk Bayi

Ada beberapa ciri bayi alergi susu sapi, dan orang tua sebaiknya mengetahuinya. Kebutuhan susu memang tidak terhindarkan dari bayi. Namun, orang tua juga perlu memperhatikan jenis susu yang diberikan pada bayi mereka agar tidak menimbulkan dampak yang tidak diinginkan.

Leave a Comment

Artikel Terkait

Perhatian, Jangan Lupa Bersyukur...

Dengan bersyukur kita akan lebih sehat dan bahagia…

 

Terimakasih

TTD

Penulis