Cara Melatih Anak Berjalan Dengan Benar

cara melatih anak berjalan

Cara Melatih Anak Berjalan, Sanghamba.com – Berjalan merupakan sebuah parameter yang krusial dalam fase tumbuh kembang anak. Pada fase ini, bayi melakukan koordinasi dengan tubuhnya. Yaitu dengan cara melatih kekuatan otot melalui berbagai proses seperti diantaranya merangkak, duduk, dan juga berjalan.

Namun setiap anak memiliki fase yang berbeda mengenai waktu untuk ia bisa berjalan.Dalam hal ini, orang tua dapat membantu mendorong dan menstimulasi dengan cara melatih anak berjalan.

Cara melatih anak agar cepat berjalan dan berbicara dapat dilakukan oleh orang tua dengan cara-cara yang sederhana. Berikut akan diulas beberapa tips sederhana untuk menstimulasi anak agar cepat berjalan:

Titah Anak

Cara melatih anak agar cepat berjalan dan berbicara dapat dilakukan oleh orang tua dengan cara-cara yang sederhana. Berikut akan diulas beberapa tips sederhana untuk menstimulasi anak agar cepat berjalan:Cara melatih anak berjalan yang pertama adalah dengan memperkenalkan anak berjalan dengan cara di titah atau dipegangi.

Orang tua dapat melatih kekuatan otot kaki anak dengan cara mengajarinya berjalan sembari dipegangi. Cara tersebut sangat efektif sebagai cara untuk melatih anak berdiri tegak. Dampingi anak saat berlatih berjalan, kemudian anda dapat melepasnya pelan-pelan untuk berjalan sendiri.

Berikan Tempat yang Nyaman untuk Latihan Berjalan

Cara yang selanjutnya untuk melatih anak berjalan adalah dengan menyediakan tempat yang nyaman dan aman untuk si kecil berlatih berjalan. Berlatih berjalan di dalam rumah, atau sekali-kali mengajaknya berjalan-jalan di taman dapat membuat si kecil semakin terstimulasi untuk berlatih berjalan.

Melatih Anak Berjongkok

Dengan sering-sering melatih anak berjongkok kemudian berdiri akan membuat anak menjadi lebih cepat berjalan. Anda dapat menyiasatinya dengan berbagai cara salah satunya adalah dengan menaruh mainan ditempat yang lebih rendah dan membiarkan si kecil mengambilnya. Gerakan berjongkok dan berdiri ini dapat menguatkan otot-otot paha dan pinggul si kecil.

Beri Semangat kepada Anak

Memberi semangat pada si kecil saat anak mulai bisa berdiri dan melangkah dengan cara bertepuk tangan akan membuat si kecil semakin semangat untuk berlatih. Dukungan dan motifasi dari kedua orang tuanya merupakan cara melatih anak berjalan yang sangat ampuh.

Mengajak Anak Bereksplorasi

Cara melatih anak berjalan usia 2 tahun adalah dengan sering mengajaknya bereksplorasi. Biasanya diusia ini merupakan usia yang cukup untuk anak dapat berjalan. Anda dapat menstimulasi tumbuh kembangnya dengan sering mengajaknya bereksplorasi, dengan mengunjungi tempat-tempat baru misalnya.

Ajak anak untuk berlatih berjalan di tempat-tempat baru tersebut. Meskipun begitu, anda perlu bersabar dan tidak memaksakan kehendak. Biarkan si kecil berproses secara alami, anda hanya perlu mendampinginya dan membiarkan anak mampu berjalan sesuai dengan kemampuannya sendiri.

Cara Menstimulasi Agar Anak Cepat Berjalan

Berjalan dan berbicara merupakan sebuah proses alami dalam tumbuh kembang anak. Setiap anak memiliki fase yang berbeda untuk mendapatkan kepintaran ini. Namun meskipun begitu, ternyata anda dapat menstimulasi agar si kecil dapat segera berjalan. Salah satunya adalah dengan cara memijat bayi agar cepat berjalan. Berikut beberapa tipsnya yang bisa anda coba.

Pijat Dibagian Paha

Cara agar anak cepat berjalan yang pertama adalah dengan cara memberikan pijitan dibagian paha. Anda dapat menyiapkan baby oil agar kulit bayi tidak lecet dan perih. Pijat bagian kedua pangkal paha bayi dengan gerakan ke atas dan ke bawah. Lakukan berulang dengan pijatan yang lembut, ya?

Pijat Tungkai Kaki

Tungkai kaki tau tumit bayi dapat anda pijit dengan gerakan memutar searah dengan jarum jam dan sebaliknya. Lakukan perawatan ini selama kurang lebih 10 menit.

Pijat Bagian Betis

Cara melatih anak cepat berjalan selanjutnya adalah dengan cara memberi pijatan yang lembut pada bagian betis bayi hingga telapak kaki. Lakukan pijatan yang lembut dengan cara memijat dari atas ke bawah dan sebaliknya.

Pijat Bagian Telapak Kaki

Telapak kaki merupakan bagian yang paling penting karena merupakan tumpuan saat anak berjalan. Lakukan pijatan pada telapak kaki dengan cara menepuk-nepuk dan menekan menggunakan ibu jari anda. Pijatan yang lembut dapat mendorong dan menstimulasi agar anak cepat berjalan.

Baca Juga: Cara Agar Bayi Cepat Tengkurap

Demikian tadi beberapa tips singkat tentang cara melatih anak cepat berjalan. Semoga bermanfaat menambah wawasan orang tua untuk selalu menstimulan pertumbuhan anak.

Leave a Comment

Artikel Terkait

Perhatian, Jangan Lupa Bersyukur...

Dengan bersyukur kita akan lebih sehat dan bahagia…

 

Terimakasih

TTD

Penulis