Agar Bayi Cepat Tengkurap!, Lakukan Cara Ini

Agar bayi cepat tengkurap sering kali diidamkan oleh para bunda terutama bagi yang baru pertama kali memiliki anak. Tengkurap merupakan salah satu fase dari tumbuh kembang bayi. Bayi biasanya melalui fase tengkurap ini pada saat bayi berumur 3-4 bulan.

Namun tentu saja tumbuh kembang dari setiap anak berbeda-beda. Bergitupun dalam hal tengkurap, ada bayi yang tengkurap dengan cepat atau ada pula yang sebaliknya. Namun, ternyata orang tua pun dapat mendorong tumbuh kembang anak dengan cara melatih agar bayi cepat tengkurap.

agar bayi cepat tengkurap

Cara melatih agar bayi cepat tengkurap dapat dilakukan oleh orang tua sejak dini. Namun perlu diperhatikan pula agar cara melatih yang anda terapkan kepada sang buah hati tidak berakibat fatal. Berikut akan kami ulas beberapa tips melatih agar anak cepat tengkurap.

Melatih Bayi Cepat Miring

Cara melatih agar bayi cepat tengkurap yang pertama adalah dengan melatih bayi cepat miring. Anda dapat meletakan mainan yang memiliki warna-warna menarik disamping tempat tidur bayi dan membiarkan si kecil meraihnya. Dengan meraih mainan tersebut maka secara tidak langsung anda mengajari bayi berlatih untuk miring. Dari posisi miring inilah kemudian bayi akan berlatih untuk tengkurap.

Ubah Posisi Saat Menyusui

Saat memberikan ASI pada bayi, maka secara alami bayi akan bergerak untuk mencari puting susu ibunya. Untuk melatih agar bayi cepat tengkurap, anda dapat menyiasatinya dengan cara meletakan bayi diatas perut anda dalam posisi tengkurap saat menyusui.

Latih Bayi Tengkurap

Meskipun bayi belum bisa tengkurap, anda dapat melatihnya dengan cara meletakan bayi dalam posisi tengkurap. Berikan mainan yang menarik didepan bayi yang sedang tengkurap agar ia tidak cepat bosan. Anda dapat membalikkan posisinya apabila bayi telah menunjukan tanda-tanda bosan dan lelah.

Jangan Patah Semangat

Salah satu tips yang paling penting pada saat melatih bayi agar cepat tengkurap adalah jangan patah semangat. Ada situasi tertentu dimana bayi malas tengkurap, namun hal tersebut jangan membuat anda menjadi patah semangat.

Dengan latihan yang telaten dan terus menerus akan membuahkan hasil yang manis pada saat yang tepat. Yaitu dengan melihat si kecil dapat berguling dan tengkurap dengan sendirinya pada saatnya nanti.

Demikian tadi beberapa tips agar bayi cepat tengkurap. Jika anda penasaran untuk mengetahuinya lebih lanjut, anda dapat menonton vidio cara cara melatih bayi tengkurap di situs-situs internet dan memprektekannya di rumah.

Berapa Usia Ideal Bayi Bisa Tengkurap?

Idealnya anak pada usia 3-4 bulan sudah mulai bisa tengkurap. Namun ada juga beberapa kasus pada anak usia 4 bulan belum bisa tengkurap dengan normal. Namun anda tidak perlu khawatir, karena fase tumbuh kembang anak berbeda-beda. Anda dapat menstimulasinnya dengan cara rajin melatih agar bayi cepat tengkurap.

Selain melatih bayi agar cepat tengkurap, hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah cara membalikan badan bayi pada saat tengkurap. Pada saat bayi sudah dapat tengkurap, namun tidak secara otomatis bayi dapat mengembalikan tubuhnya dari posisi tengkurap tersebut.

Proses membalikan badan dari tengkurap menjadi telentang pada bayi ini pun bervariasi. Ada yang cepat ada pula yang tidak. Seperti melatih anak untuk tengkurap, anda pun dapat melatih si kecil untuk membalikan badannya sendiri dengan berbagai metode sederhana.

Seperti saat melatih tengkurap, anda dapat melatih bayi miring dengan meletakan mainan untuk menarik si kecil agar tertarik untuk membalikan tubuhnya. Demikian tadi beberapa tips sederhana melatih agar bayi cepat tengkurap.

Ada artikel menarik lagi dari informasi yang kami sajikan yang bisa dilihat pada Kumpulan Artikel Parenting

Leave a Comment

Artikel Terkait

Perhatian, Jangan Lupa Bersyukur...

Dengan bersyukur kita akan lebih sehat dan bahagia…

 

Terimakasih

TTD

Penulis