khasiat biji pepaya untuk kesehatan

Sanghamba – Buah pepaya yang terkenal manis dengan dagingnya yang kuning atau oren sangat digemari oleh masyarakat. Namun yang tidak mengetahui selain dagingnya, ternyata banyak khasiat biji pepaya untuk kesehatan yang jarang orang ketahui. Karena tidak diketahui, seringkali biji pepaya ini dibuang begitu saja.

Biji pepaya ini diperkaya oleh polifenol dan flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh. Sama seperti buahnya ternyata biji pepaya mengandung banyak serat yang baik untuk pencernaan.

Berikut akan dijelaskan khasiat lain dari biji pepaya untuk meningkatkan kesehatan:

1.Menyehatkan Ginjal

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dan dimuat dalam Journal Molecules, biji pepaya mengandung kaya antioksidan. Sel-sel ginjal yang sebelumnya rusak akan dibantu dan diperbaiki oleh antioksidan yang terdapat pada biji pepaya.

Sehingga ginjal akan terlindungi dari kerusakan dan fungsi ginjal sebagai penyaring darah dapat berfungsi optimal. Dengan terjaganya fungsi ginjal tentu saja membuat fungsi organ lain menjadi terjaga pula.

Salah satunya organ sekresi sebagai pelepasan dari sisa penyaringan ginjal. Terjaganya fungsi ginjal membuat organ lain ikut optimal pula. Dengan kata lain kesehatan organ-organ lain dalam tubuh juga dapat terjaga.

2. Mencegah Kanker

Sebuah penelitian yang telah dilakukan oleh lembaga Nutrition and Cancer, sebuah lembaga yang berada di Spanyol. Penelitian tersebut menyatakan bahwa di dalam biji pepaya terdapat zat antikanker yang dapat mencegah sel kanker.

Dengan adanya zat ini maka sel-sel kanker akan sulit tumbuh di dalam jaringan tubuh. Penelitian ini masih terus dilakukan untuk memastikan biji pepaya sebagai obat pencegah kanker.

Namun zat antikanker tersebut sudah dipastikan ada di dalam biji pepaya. Ternyata biji pepaya yang kecil memiliki manfaat yang sangat besar, bukan?

Baca Juga:  Cara Mengobati Gudikan Secara Alami Silahkan Dicoba

3. Membantu Melancarkan Pencernaan

Selain buah pepaya yang terkenal kaya akan serat, ternyata biji pepaya pun dianggap demikian. Selain mengandung antioksidan biji pepaya juga memiliki serat yang tinggi dan membuat buang air besar menjadi lebih teratur.

Dengan lancarnya buang air besar maka otomatis akan terhindar dari penyakit sembelit. Selain itu, khasiat biji pepaya untuk kesehatan juga dipercaya mampu untuk mencegah peradangan usus, meredakan wasir dan mencegah luka usus. Biji pepaya mampu mengoptimalkan fungsi pencernaan dan terhindar dari penyakit sembelit.

Biji pepaya juga dianggap mampu untuk mencegah munculnya tukak lambung.

4. Melawan Infeksi

Selain kaya antioksidan dan antikanker, biji pepaya juga kaya akan manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh. Salah satunya dengan mengkonsumsi biji pepaya dapat melawan infeksi luka pada tubuh.

Hal ini disebabkan oleh zat anti patogen yang terdapat dalam biji pepaya. Luka yang terjadi pada tubuh biasanya akan dihinggapi oleh jamur dan parasit sehingga membuat luka menjadi infeksi.

Dengan adanya zat dalam biji pepaya ini mampu membunuh parasit dan jamur yang ada pada luka. Sehingga infeksi yang dikhawatirkan tersebut tidak bisa terjadi.

5. Sebagai Kontrasepsi Alami

Sebagian orang mempercayai bahwa di dalam biji pepaya juga terdapat zat yang dapat melemahkan sperma. Banyak mengkonsumsi biji pepaya akan membuat sperma lemah dan terjadi kemandulan sementara.

Efek samping dari biji pepaya ini dapat dimanfaatkan oleh sebagian orang sebagai alat kontrasepsi alami. Mengkonsumsi biji pepaya dalam jumlah banyak akan mengendalikan kesuburan pria tanpa efek samping.

Setelah konsumsi biji pepaya dihentikan maka dalam beberapa hari kesuburan akan kembali seperti sedia kala. Inilah mengapa dikatakan biji pepaya dapat dijadikan sebagai alat kontrasepsi alami.

Baca Juga:  Berkhasiat, Ini 6 Cara Menyembuhkan Bisul Secara Alami Dengan Obat Herbal

Demikianlah pembahasan mengenai khasiat biji pepaya untuk kesehatan yang sangat jarang orang ketahui. Ternyata tidak hanya buahnya saja yang mengandung manfaat tetapi bijinya juga demikian.

Oleh sebab itu, sesekali perlu rasanya untuk mengkonsumsi biji pepaya agar fungsi organ di dalam tubuh dapat senantiasa terjaga.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *