Ketahui 5 Cara Beli Saham Luar Negeri Yang Lengkap

Ketahui 5 Cara Beli Saham Luar Negeri Yang Lengkap

Cara Beli Saham Luar Negeri

Cara Beli Saham Luar Negeri – Ingin tahu cara beli saham luar negeri? Seperti saham lokal, membeli saham luar memiliki konsep yang serupa. Namun mengingat perusahaan broker asing yang tidak diawasi OJK, maka trader perlu mempertimbangkan pilihan yang tepat. Saham luar juga perlu dianalisa terlebih dahulu.

Saham luar negeri dari perusahaan-perusahaan ternama seperti Apple, Google, dan lain sebagainya, kini dapat dibeli. Dikarenakan perusahaan-perusahaan tersebut bersifat internasional, maka peluang keuntungan yang diraih juga semakin besar.

Namun sebelum membeli, ada baiknya bagi trader lokal untuk mengetahui bagaimana caranya untuk membeli saham-saham tersebut. Langsung saja, berikut panduan cara membeli saham asing dengan benar:

Pilih Broker Internasional Yang Terbaik

Untuk dapat membeli saham, maka layanan broker umumnya dibutuhkan sebagai perantara. Hal yang sama, juga diterapkan dalam cara beli saham luar negeri. Hebatnya lagi, sebagian layanan broker sudah memberikan kemudahan bagi trader lokal yang tertarik.

Dalam memilih perusahaan broker, seorang trader harus jeli dalam mempertimbangkan mana yang baik dan aman. Hal tersebut dikarenakan kebanyakan perusahaan broker asing, tidak diawasi oleh OJK. Meski demikian, broker tetap harus mengantongi surat izin yang berlaku.

Selain itu, trader perlu menilai baiknya suatu perusahaan broker dari kualitas layanan, review yang didapatkan, hingga ketentuannya. Pastikan broker yang dipilih sudah terpercaya oleh banyak trader di dunia.

Buka Rekening Saham Internasional

Setelah mendapatkan broker yang diinginkan, cara beli saham luar negeri selanjutnya yaitu membuka rekening dari broker saham tersebut. Seperti saham lokal, trader juga memerlukan rekening untuk dapat melakukan transaksi trading saham internasional.

Untuk membuatnya, trader akan dimintai berbagai dokumen penting sebagai bukti identitas. Umumnya, dokumen yang dibutuhkan saat registrasi yaitu KTP, NPWP, dan tanda tangan personal. Sebagian broker mungkin membutuhkan persyaratan tambahan.

Baca Juga:  5 Keuntungan Membeli Obligasi Pemerintah Yang Wajib Diketahui

Cara membuka rekeningnya juga serupa. Trader diwajibkan untuk mengisi formulir beserta dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Setelah siap, trader akan melakukan verifikasi melalui email yang diberikan. Proses verifikasi tidak akan memerlukan waktu yang lama.

Lakukan Setoran di Rekening Saham

Sebelum trading dapat dilakukan, rekening yang baru dibuka perlu disetor terlebih dahulu. Besarnya jumlah setoran yang dibutuhkan tergantung dari layanan broker yang dipilih. Inilah mengapa trader perlu melakukan riset terhadap broker-broker terlebih dahulu.

Untungnya, sebagian layanan broker ada yang membutuhkan setoran awal lebih kecil. Maka itu, untuk trader yang baru memasuki pasar saham internasional, sebaiknya memilih layanan broker tersebut. Transfer setoran awal rekening saham internasional biasanya menggunakan bank lokal terpercaya.

Pilih Perusahaan Yang Ingin Dibeli Sahamnya

Untuk cara beli saham luar negeri selanjutnya, trader akan memilih perusahaan mana yang ingin dibeli sahamnya. Perusahaan yang dipilih, harus dianalisis terlebih dahulu, apakah layak dibeli atau tidak. Analisa yang dilakukan berdasarkan perkembangan pasar saham internasional secara langsung.

Tidak hanya sekedar analisis, ada berbagai strategi yang dapat diterapkan oleh trader. Adapun dari strategi tersebut diantaranya:

  • Buy on breakout. Ini adalah strategi berupa pembelian saham di saat harganya yang menembus titik support, dan bergerak melewati titik resistance. Strategi ini dilakukan dengan harapan harga saham tidak jadi naik.
  • Buy on weakness. Ini adalah strategi berupa pembelian saham di saat harga rendah, atau cukup rendah. Strategi ini umum dilakukan dengan harapan terjadinya rebound, yang dapat berpotensi menguntungkan.
  • Buy on retracement. Ini adalah strategi berupa pembelian saham di saat harganya cukup rendah. Strategi ini dilakukan dengan harapan tren saham menjadi terbalik.
Baca Juga:  Cara Transfer Maybank Ke Dana Dengan Cepat Dan Simple

Perihal saham, perusahaan internasional yang dikenal cocok dicoba untuk trading saham saat ini adalah Apple, Disney, hingga Meta.

Lakukan Transaksi Jual Beli Saham Internasional

Jika trader sudah memilih perusahaan yang diinginkan, maka dari sinilah trading dapat dimulai. Trader dapat membeli saham melalui layanan broker, dengan menggunakan dana yang sudah di deposit sebelumnya.

Tidak hanya sampai disini, trader juga harus selalu up-to-date dengan pasar saham internasional. Seperti saham lokal, saham yang dimiliki perusahaan asing juga dapat menurun. Seorang trader wajib untuk berhati-hati dalam mengambil setiap langkah.

Demikian penjelasan lengkap mengenai cara beli saham luar negeri dengan benar. Disamping potensi keuntungannya yang lebih besar, potensi kerugian yang dapat dialami juga tidak kalah besarnya.

Agar kerugian tersebut dapat dihindari, seorang trader wajib memahami cara trading saham dengan benar, beserta tips-tips dalam melakukannya. Manfaatkan peluang yang terlihat dengan jelas, dan raih keuntungan besar dari saham luar negeri.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *