Cara Bikin Tangga Cor Dengan Mudah Dan Sederhana, Hasilnya Dijamin Kokoh!

Cara Bikin Tangga Cor Dengan Mudah Dan Sederhana, Hasilnya Dijamin Kokoh!

Cara Bikin Tangga Cor

Cara Bikin Tangga Cor – Cara bikin tangga cor relatif mudah dilakukan karena memiliki tingkah kokoh yang baik. Tidak heran apabila cara pembuatan tangga ini sering dilakukan di sejumlah perumahan atau pemukiman. Membuat tangga dengan cor beton banyak sekali dipilih oleh kebanyakan orang saat pembangunan rumah.

Selain caranya yang sederhana, dilihat dari biayanya juga relatif murah. Namun tetap saja proses pembuatannya memerlukan proses yang panjang dan lama. Proses ini juga harus sangat teliti dan hati hati, berikut proses yang bisa disimak untuk mempermudah pembuatan tangga:

Buat Pondasi Tangga

Pondasi tangga merupakan tahapan yang berfungsi sebagai dasar atau tumpuan. Pondasi tangga harus dibuat dengan cermat dan teliti. Fungsi pada pondasi yang terpenting adalah supaya tangga tetap kokoh tidak bergeser. Jika pembuatannya asal asalan pasti akan berpengaruh pada kekuatan pada tangga.

Pada umumnya jenis pondasi yang sering dipakai untuk membuat tangga berupa 2 pasang pondasi dari batu kali dan beton yang bertulang. Namun, bisa juga menggunakan kedua bahan tersebut untuk memperkokoh tangga. Karena akan lebih baik jika kedua bahan tersebut dipakai secara bersamaan.

Silakan Buat Bekisting

Tahapan cara bikin tangga cor yang kedua adalah dengan membuat bekisting. Perlu diketahui bahwasannya bekisting merupakan cetakan yang digunakan sementara, Sebab, diperuntukan untuk menahan beban selama beton dibentuk sesuai yang diinginkan.

Kemudian, penting diketahui soal memperhatikan elevasi terlebih dahulu itu penting. Perlu meninjau masalah tingkat kemiringan tangga untuk menjaga keamanan bersama. Proses ini memiliki tujuan yaitu agar mengetahui kebutuhan alat yang diperlukan untuk pembuatan tangga.

Pasang Tulangan Badan dan Rangka

Proses ketiga yaitu proses memasang tulangan badan dan rangka. Proses ini bisa dilakukan apabila pembuatan bekisting sudah terselesaikan. Jika pembuatan bekisting belum terselesaikan, proses ini tidak bisa dilanjutkan karena akan sangat berpengaruh pada kekuatan tangga.

Baca Juga:  2 Cara Membuka Proxy Google Chrome Paling Mudah

Dengan memasang tulangan kemudian bisa dilanjutkan dengan memasang rangkaian menggunakan tulangan sengkang. Beton nantinya akan dipasang pada bagian bawah yang memiliki ketebalan kurang lebih 2 centimeter. Ketebalan bisa dipasang sesuai permintaan pemilik rumah.

Pasang Tulangan Anak Tangga

Agar terhindar dari berbagai kesalahan, tulangan pada anak tangga akan dihubungkan dengan tulangan yang satu melalui ikatan menggunakan kawat. Tulangan ini dipasang memanjang yang bertujuan agar anak tangga lebih kokoh. Karena pada tulangan ini sangatlah berperan penting pada proses pembuatan tangga.

Beton dipasangkan pada bagian yang sama dengan bekisting. Jika sudah selesai pemasangan dinding pada sisi tangga yang lain beserta dinding pada bagian atas tangga. Jika semua proses sudah terselesaikan, bisa berlanjut ke proses terakhir yaitu proses pengecoran tangga.

Proses Pengecoran

Nah, yang terakhir adalah proses pengecoran pada seluruh bagian tangga. Tunggu hingga seluruh permukaan yang di cor kering. Proses berikutnya yaitu pembongkaran dinding tangga yang dilakukan ketika beton kering kurang lebih mencapai 13 jam.

Untuk bagian pada badan tangga baru bisa dilakukan proses ketika sudah mencapai 7 hari, agar tangga benar- benar kuat dan kokoh. Jika tidak mengikuti alur pembuatan ditakutkan ada resiko yang akan ditanggung pemilik rumah. Dapat diambil contoh seperti tangga tidak tahan lama bahkan bisa roboh.

Nah, diatas merupakan cara bikin tangga cor dengan mudah dan tidak mengeluarkan biaya besar. Memang proses lama, akan tetapi akan ada buah hasil yang memuaskan dari proses tersebut. Proses cor ini merupakan proses dengan waktu singkat karena prosesnya yang sangat simple dan sederhana.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *