Cara Cek Mbps Internet

Cara Cek Mbps Internet – Mengetahui kecepatan dari internet yang sedang digunakan ternyata penting yaitu agar nantinya bisa meningkatkan performanya. Cek Mbps internet atau kecepatan layanan internet bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan.

Pengguna bisa melakukan pengecekan ini dengan menggunakan berbagai perangkat baik hp, laptop maupun PC. Hal ini karena telah banyak situs dan juga aplikasi yang mempunyai layanan tersebut.

Hal yang Dilakukan Sebelum Mengecek Mbps Internet

Hasil pengecekan Mbps ini memang sangat dipengaruhi oleh platform pemberi layanan tersebut. Tetapi agar hasilnya akurat beberapa hal khusus harus dilakukan terlebih dahulu, antara lain yaitu.

  • Bersihkan data Cache yang terdapat di perangkat hal ini penting karena Cache bisa berpengaruh pada sinyal internet.
  • Restart perangkat yang digunakan agar kondisi perangkat dalam keadaan paling prima.
  • Restart perangkat router atau modemnya terlebih dahulu.
  • Tutup setiap program yang tidak lagi digunakan karena umumnya aplikasi tersebut tetap menggunakan sinyal internet.

Setelah melakukan hal di atas, maka bisa dipastikan jika perangkat sudah terkondisi dan siap dicek. Hasil yang akan diperoleh pun akan akurat karena tidak ada faktor penghambat.

Cara Cek Kecepatan Internet dengan Website

Cek Mbps internet bisa dilakukan dengan memanfaatkan sejumlah website yang memang menyediakan layanan tersebut. Metode ini cenderung lebih mudah dan cepat karena hanya perlu melakukan sedikit langkah saja, websitenya yaitu:

Website Meter.net

Merupakan situs yang sangat praktis digunakan untuk cek Mbps karena tidak harus membuat akun terlebih dahulu. Fitur yang disediakan juga cukup banyak yaitu upload speed, ping, dan juga download speed.

Baca Juga:  Manfaat Buah Zuriat Untuk Kesehatan Tubuh

Dengan adanya fitur-fitur tersebut pengguna akan bisa mengetahui kecepatan saat unduh, download, dan lainnya. Penggunanya juga sangat mudah yaitu hanya perlu menekan perintah mulai saja dan menunggu hasilnya.

  • Akses situs meter.net lalu langsung saja tap tulisan atau ikon start.
  • Tunggu beberapa menit tanpa mengakses situs lainnya.
  • Setelah selesai, hasil akan langsung ditampilkan lengkap dengan semua parameternya.

Website Fast.com

Situs milik Netflix ini mempunyai user interface yang tergolong sangat ramah pada para penggunanya. Untuk mengetahui Mbps internet yang dipakai cukup dengan mengakses situs tersebut dan otomatis sistem akan menganalisis Mbps terkait.

Pada umumnya kedua website ini dimanfaatkan oleh para pengguna PC maupun laptop. Sedangkan pada smartphone biasanya lebih memilih memakai aplikasi dengan fitur serupa.

Cara Mengecek Kecepatan Internet Melalui Aplikasi

Meskipun harus mengunduh aplikasinya terlebih dulu, metode ini tetap bisa menjadi alternatif cek Mbps. Terutama jika ternyata website di atas sedang sulit diakses, maka bisa menggunakan aplikasi-aplikasi berikut.

Internet Speed Meter Lite

Platform yang bisa dipasang serta digunakan pada smartphone Android dan juga Apple ini memang sangat bagus. Informasi yang akan ditampilkan mengenai Mbps tidak kalah lengkap dengan platform lain yang serupa.

  • Unduh dan pasang aplikasinya lalu jalankan.
  • Pada tampilan awal aplikasi tap perintah test lalu tunggu hingga informasinya ditampilkan.
  • Selesai.

Aplikasi Internet Speed Test

Tidak jauh berbeda dengan platform lainnya, aplikasi ini juga dapat memberikan data yang lengkap tentang Mbps. Sesuai namanya, Internet Speed Test akan memberikan info metrik setelah melakukan pengetesan pada Mbps internet.

  • Download aplikasi lalu jalankan jika pemasangannya telah selesai.
  • Pada halaman pertama aplikasinya cari dan tekanlah ikon test.
  • Biarkan sistem berjalan hingga memunculkan hasil dari tes yang dilakukan.
Baca Juga:  Cara Membersihkan Lantai Granit Hingga Mengkilap

Demikianlah cara cek Mbps internet yang perlu diketahui agar nantinya bisa meningkatkan performanya. Selain itu, bermanfaat juga untuk bisa memperkirakan selesainya suatu kegiatan yang berhubungan dengan internet.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *