Cara Jambu Air Cepat Berbuah

Cara Jambu Air Cepat Berbuah – Jambu Air memiliki rasa yang segar ketika dimakan. Tidak heran jika buah ini memiliki banyak penggemar.. Ketika melakukan budidaya jambu air tentu perlu tahu bagaimana cara agar jambu air cepat berbuah sehingga dapat segera dipanen.

Lutis atau rujak akan terasa lengkap dengan jambu air. Tidak ada salahnya memiliki pohon jambu air sendiri agar dapat menikmati jambu air sepuasnya. Berikut beberapa cara yang dapat dicoba agar jambu air dapat segera berbuah:

Pilih Benih yang Bagus

Langkah awal yang dilakukan dalam cara agar jambu air cepat berbuah adalah dengan memilih benih yang tepat. Pemilihan benih yang asal tanpa memperhatikan kualitasnya atau asala benihnya dapat mengurangi kemungkinan cepat berbuahnya jambu air.

Benih jambu air yang dihasilkan dari proses okulasi atau cangkok memiliki potensi untuk berbuah dalam waktu yang singkat. Berbeda dengan benih yang dihasilkan dari bijinya, hasil cangkok akan lebih cepat berbuah.

Benih dari hasil cangkokan pohon jambu biji yang sudah berbuah memiliki potensi untuk berbuah dengan cepat. Perhatikan juga umur cangkokannya. Umur cangkokan minimal berusia dua hingga tiga bulan untuk siap ditanam.

Perhatikan Wilayah Tempat Ditanamnya Jambu Air

Pohon jambu air dapat tumbuh dengan baik pada dataran rendah maksimal lima ratus meter di atas permukaan laut. Pastikan lahan untuk menanam jambu air tidak lebih dari lima ratus meter di atas permukaan laut.

Selain ketinggian dataran yang digunakan untuk menanam jambu air, kelembaban dan intensitas cahaya yang diberikan juga perlu diperhatikan. Usahakan pohon jambu air ditanam pada tempat dengan kelembaban dan intensitas cahaya yang cukup.

Intensitas cahaya yang diperlukan jambu air pada setiap harinya adalah empat puluh persen sampai delapan puluh persen. Sedangkan untuk kelembapannya, diperlukan sekitar lima puluh persen sampai delapan puluh persen.

Baca Juga:  Jenis Pupuk Dan Proses Pemupukan Cabe Keriting Agar Tumbuh Maksimal

Lakukan Pemupukan Dengan Konsisten

Dalam merawat tanaman, proses pemupukan menjadi bagian yang cukup penting untuk pertumbuhan tanaman termasuk jambu air. Pemupukan juga dapat mempengaruhi kecepatan jambu air untuk berbuah.

Lakukan pemupukan dengan pupuk yang bagus dalam rentang waktu sekitar tiga bulan sekali untuk hasil yang maksimal. Jika pupuk terlalu sering atau jarang diberikan tentu tidak berdampak baik juga untuk jambu air.

Pemupukan juga sebaiknya dimulai pada jambu air yang sudah berusia tiga bulan agar lebih siap untuk menerima pupuk. Pemupukan yang dilakukan sembarangan kurang memberikan hasil yang maksimal sehingga perlu diperhatikan jumlah dan waktunya dalam pemupukan.

Perhatikan Media Tanam Pohon Jambu Air

Media tanam yang digunakan juga perlu diperhatikan agar tetap sehat dan baik bagi pertumbuhan jambu air. Tanah yang memiliki kelembaban yang sesuai dapat membantu pertumbuhan jambu air dengan bagus.

Selain memperhatikan kelembapannya, kegemburan tanah juga perlu diperhatikan agar jambu air dapat tumbuh subur. Seiring berjalannya waktu, tanah dapat mengeras dan berkurang kesuburannya. Semakin gembur tanah, semakin subur jambu air yang ditanam.

Penggemburan tanah dapat dilakukan dengan cara memberikan pupuk kandang atau menyekop tanah yang mulai mengeras. Ini bisa dilakukan dalam rentang waktu sekitar tiga bulan sekali atau bisa langsung dilakukan ketika dijumpai tanah yang mengeras.

Demikian pembahasan tentang bagaimana cara agar jambu air cepat berbuah sehingga dapat segera dinikmati buahnya. Membudidayakan jambu air memang diperlukan ketelatenan agar memperoleh hasil yang maksimal untuk dinikmati.

Memiliki pohon jambu air pribadi di rumah dapat menjadi pilihan untuk dijadikan hobi. Apabila sudah berbuah tentu akan menjadi kepuasan tersendiri.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *