Cara Memakai Mobil Matic, Pemula Wajib Tahu

Cara Memakai Mobil Matic, Pemula Wajib Tahu

Cara Memakai Mobil Matic

Cara Memakai Mobil Matic – Belajar mengendarai mobil untuk kali pertama cukup mendebarkan, termasuk matic. Dengan memahami cara memakai mobil matic yang benar diiringi latihan konsisten, tidaklah sulit untuk menguasainya. Semakin sering, kinerja otak, tangan, dan kaki akan terbiasa. Begitu pula insting yang berperan kuat selama di perjalanan.

Seiring zaman yang terus berkembang, kehadiran mobil matic menjadi angin segar bagi yang hendak belajar mengemudi. Pasalnya, transmisi otomatis memudahkan pengemudinya untuk mengatur kendali sehingga bisa lebih fokus. Terlebih, dari sisi fisik juga tidak cepat membuat lelah kaki kiri. Namun, bagaimana cara memakainya?

Memastikan Posisi Tuas

Pastikan tuas ada pada posisi yang benar, yaitu parkir (P). Sebelum mobil dinyalakan, posisi tuas wajib berada dalam kondisi P, bukan reverse (R) yang artinya mundur. Mobil dengan transmisi otomatis sendiri hanya dapat dihidupkan apabila posisi tuasnya berada pada posisi P atau netral (N).

Hindari Langsung Menyalakan Mesin

Jangan menyalakan langsung mesin setelah memasukkan kunci di lubangnya. Cara memakai mobil matic ini kerapkali dilupakan, padahal bisa menjaga mobil lebih awet. Pastikan menunggu hingga indikator menyala. Ada beberapa mobil yang memberi tanda dengan suara apabila indikatornya sudah menyala. Setelah aktif, barulah menyalakan mesin.

Jangan lupa untuk menginjak pedal rem pada saat menyalakan mesinnya. Saat ini sebagian besar mobil matic menerapkan fitur ini untuk alasan keamanan. Namun, masih ada beberapa yang tidak perlu menginjak rem.

Menginjak Rem Ketika Memindahkan Tuas

Pastikan mesin sudah menyala. Tahap selanjutnya yaitu memindahkan tuas yang tadinya di posisi P ataupun N menjadi D untuk menjalankan mobilnya. Untuk memindahkan tuas di persneling ini, lakukan dengan menginjak pedal rem. Tindakan ini dapat mengatasi risiko kerusakan mesin pada mobil matic.

Baca Juga:  Simak Cara Menghidupkan Motor Scoopy Remote Beserta Cara Mematikanya Dengan Mudah

Pahami Fungsi Dari Tuas Transmisi

Pahami tentang kegunaan masing-masing tuas transmisi (persneling), sebab ini merupakan komponen utama yang menjalankan fungsi mobil. Cara memakai mobil matic ini sangat penting, pastikan sudah memahami semua fungsinya agar lebih aman ketika mengendarai mobil. Berikut informasi tentang fungsinya:

  • P merupakan posisi yang hanya digunakan ketika parkir.
  • R berfungsi untuk memundurkan mobil.
  • N merupakan gigi netral, fungsinya untuk berhenti sejenak ketika pengemudi masih memegang kendali kemudi.
  • D artinya gigi maju yang dapat menjalankan mobil. Tuas ini beroperasi seperti perbandingan gigi transmisi 1 hingga 4.
  • D3 yaitu gigi maju yang sama dengan transmisi 1 hingga 3.
  • D2 adalah gigi maju 1 hingga 2 saja. Biasanya dipakai sebelum mobil mencapai tanjakan sehingga lebih kuat untuk naik agar daya luncurnya stabil.
  • L atau 1 adalah gigi terendah, artinya tidak terdapat perpindahan gigi. Tuas ini lebih cocok untuk melewati tanjakan curam.

Memakai Mode Berkendara Sesuai Kebutuhan

Gunakan mode berkendara pada saat menjalankan mobil matic. Ada dua mode berkendara, yakni ekonomis serta sport. Cara memakai mobil matic dengan mode ekonomis cocok dilakukan bagi yang ingin mengendarai dengan santai. Biasanya digunakan di jalan umum dan lebih ekonomis dari segi BBM.

Sementara itu apabila ingin berkendara menggunakan kecepatan tinggi, mode sport adalah pilihan tepat. Mode ini akan membuat kinerja mesin lebih maksimal, namun tentunya bahan bakar yang digunakan juga lebih banyak. Tinggal bagaimana pengemudi menyesuaikan dengan kondisinya.

Demikian informasi mengenai cara memakai mobil matic yang dapat dijadikan bahan referensi. Tidak cukup dengan berbekal ilmu dasar, tentu juga perlu disertai dengan praktik. Meskipun banyak tantangan yang akan dihadapi, hasilnya akan sangat bermakna karena memudahkan mobilitas kemana-mana.

Baca Juga:  Cara Merubah Akun Gmail Paling Mudah

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *