Cara Memasang Aki Motor Bisa Dilakukan Sendiri

Cara Memasang Aki Motor Bisa Dilakukan Sendiri

Cara Memasang Aki Motor

Cara Memasang Aki Motor – Cara memasang aki motor tidak selalu harus dilakukan di bengkel. Para pemilik motor yang mungkin tidak memiliki latar belakang otomotif sekalipun bisa dengan mudah memasang aki sendiri tanpa bantuan tenaga profesional.

Cara untuk memasang aki motor memang tidak sesulit yang dibayangkan oleh para pemilik motor. Namun, memang jika tidak memahami bagaimana sambungannya para pemilik motor pasti akan bingung juga. Karena itu, berikut adalah cara untuk memasang aki sendiri sendirian tanpa bantuan.

Cara Memasang Aki Motor

Seperti yang disebutkan sebelumnya, jika tidak mengetahui urutannya akan sulit bagi orang biasa untuk memasang aki motor sendiri. Karena itu, berikut akan dijelaskan urutan langkah untuk mengganti dan memasang aki motor yang baru. Mudah dan bisa dilakukan sendirian.

  • Matikan mesin motor dan pastikan posisi kunci kontak sudah dalam posisi mati.
  • Buka jok motor untuk melihat bagian dalam mesin motor.
  • Buka bagian penutup aki.
  • Pada penutup aki, mulai dengan membuka baut terminal yang negatif terlebih dahulu.
  • Setelah baut negatif terbuka baru lepas baut terminal yang positif.
  • Posisikan aki yang baru baru ke ruang di bawah baut. Pastikan posisi negatif dan positifnya sudah pas.
  • Setelah posisinya sudah pas, mulai pasang baut mulai dari terminal positif terlebih dahulu.
  • Kemudian, lanjutkan dengan pemasangan baut yang negatif.
  • Tutup kembali aki dan juga tutup job motor.
  • Tes pemasangan aki dengan menyalahkan kembali motor.

Jika aki sudah merespon sudah baik, jika belum lebih baik mesin motor kembali dimatikan dan pemasangannya dibenahi lagi. Kemungkinan baut yang dipasang belum rapat atau posisinya belum pas.

Hal yang Harus Dipertimbangkan Ketika memasang Aki

Untuk keselamatan para pemilik motor yang ingin memasang aki. Ada beberapa hal yang diperhatikan ketika para pemilik motor memasang aki. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memasang aki sendiri.

Baca Juga:  Yuk Simak Cara Menata Bingkai Foto Di Ruang Tamu Yang Direkomendasikan!

Pastikan Mesin Motor Sudah Dalam Keadaan Mati

Hal pertama yang harus diperhatikan saat memasang aki adalah keadaan mesin motor. Pastikan motor benar-benar dalam keadaan mati ketika melakukan pemasangan aki. Hal ini agar para pemilik motor tidak tersetrum ketika sedang mengganti aki.

Selain itu, memasang aki motor dalam keadaan motor juga mengurangi resiko aki bocor dan rusak karena pemasangan. Karena itu, para pemilik motor harus benar-benar memastikan motor dalam keadaan mati agar aman dipasangi aki yang baru.

Pastikan Sudah Memilih Aki dengan Ukuran yang Tepat

Setiap motor memiliki spesifikasi aki dan ukuran yang berbeda. Karena itu, para pemilik motor harus memastikan aki yang ingin dipasang sudah memiliki ukuran yang tepat. Selain ukuran fisik dari aki, tegangan dan kapasitas aki juga harus disesuaikan dengan kebutuhan motor.

Cara termudah untuk memilih aki dengan ukuran yang tepat adalah mengikuti tipe aki bawaan yang sudah ada di motor sebelumnya. Dengan begitu, ukuran aki akan tepat secara ukuran dan kapasitas.

Bersihkan Dulu Ruang Untuk Aki Sebelum Dipasang

Ruang tempat aki biasanya kotor setelah beberapa waktu digunakan. Karena itu, sebelum memasang aki yang baru. Lebih baik untuk membersihkan terlebih dahulu tempat untuk aki sebelum dipasang.

Para pemilik motor cukup mengelapnya dengan kain bersih dan tidak perlu air maupun sabun. Untuk menghilangkan debu atau kotoran pada bagian dasar dan samping,

Itulah cara memasang aki motor sendiri yang bisa dilakukan oleh para pemilik motor dan hal yang harus diperhatikan ketika memasangnya. Tidak perlu membawa motor ke bengkel hanya untuk memasang aki. Para pemilik motor bisa mengikuti langkah di atas saja.

Baca Juga:  Memahami dan Melakukan Pengajuan Kartu Kredit BCA

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *