Cara Memasang Gorden Kolong Dapur Yang Simple Dan Low Budget

Cara Memasang Gorden Kolong Dapur Yang Simple Dan Low Budget

Cara Memasang Gorden Kolong

Cara Memasang Gorden Kolong – Kolong dapur yang biasanya digunakan untuk menyimpan berbagai peralatan memasak, kadang menjadikan tampak tidak rapi. Adapun untuk mengatasi hal semacam ini bisa dengan cara memasang gorden kolong dapur sehingga akan tampak lebih rapi dari sebelumnya.

Langkah yang cukup sederhana untuk bisa memberi kesan berbeda karena bisa menutupi beragam peralatan yang menumpuk di kolong dapur. Peralatan dan bahan yang diperlukan untuk proses make over dapur ini murah dan mudah diperoleh, langsung saja mengikuti langkah berikut ini:

Ukur Kolong

Sebelum persiapan alat dan bahan, lakukan pengukuran pada panjang dan tinggi kolong untuk memperkirakan kebutuhan tiang dan gorden. Dengan demikian bisa memudahkan dalam menentukan panjang penyangga beserta ukuran gorden yang sesuai untuk menutup penuh bagian depan kolong.

Pilih Bahan Gorden

Dalam menyiapkan gorden sebaiknya pilih dari bahan kain yang mudah dicuci karena tentunya akan rawan terkena kotor ketika proses memasak. Seperti halnya bahan kain katun, tile, atau kombinasi keduanya, dengan variasi warna dan motif yang disesuaikan dengan selera ataupun nuansa dapur.

Bisa juga dengan mempertimbangkan bahan anti air dari plastik peva yang tentunya jauh lebih mudah dibersihkan dengan air dan tissue. Bahan peva umumnya juga digunakan sebagai taplak meja, tersedia dalam beragam warna yang cerah dan dibanderol dengan harga yang terjangkau.

Tentukan Tiang Penyangga Gorden

Adapun cara memasang gorden kolong dapur bisa menggunakan rangka tiang sehingga memungkinkan pengguna untuk menggeser kain dengan mudah. Keduanya adalah peralatan yang mudah ditemukan tapi masih perlu dilengkapi dengan alat penyangga tiang, yaitu berupa bracket atau paku.

Opsi lainnya, tiang gorden berbentuk batang rel yang dilengkapi dengan roda plastik yang bisa digeser ke kedua sisi dengan mudah. Bagian gorden akan dikaitkan pada beberapa titik saja dengan jarak teratur dengan kawat melengkung yang tertaut di tiap roda yang ada.

Baca Juga:  Cara Membuat Garasi Mobil Sederhana Dalam Lingkup Padat Penduduk

Pertimbangkan Opsi Kawat Spiral

Selain penggunaan tiang, sebenarnya ada juga cara yang lebih sederhana, yaitu dengan menggunakan kawat yang terbuat dari besi spiral. Kawat ini dilapisi dengan karet putih dari pvc sehingga menyerupai kabel, tiap ujungnya ada besi melingkar untuk dikaitkan pada paku.

Pemasangan kawat spiral ini cukup sederhana, hanya memerlukan palu untuk memasang paku pada kedua sisi luar dinding kolong dapur. Kawat ini biasanya dibanderol dengan harga belasan ribu per meter, bahkan bisa ditemukan di toko online sekalipun dengan mudah.

Pasang Tiang dan Gorden

Pertama, pasang bracket atau paku yang akan digunakan sebagai penyangga tiang atau batang rel gorden pada dinding kolong dapur. Pastikan untuk mengukur ulang kebutuhan gorden setelah tiang atau kawat sudah terpasang di kolong, pastikan gorden tidak kepanjangan dan menyentuh lantai.

Langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah pemasangan kain gorden ke tiang penyangga atau mengaitkan ke roda pengait di batang rel. Pastikan untuk memasang gorden dengan benar agar kain bisa tampak rapi dan menutupi bagian depan kolong dapur secara menyeluruh.

Untuk mendapatkan nuansa dapur yang ceria, pastikan memilih warna gorden yang terang, misalnya warna pastel atau senada dengan dinding dapur. Demikian cara memasang gorden kolong dapur secara mudah untuk mengubah tampilan dapur menjadi lebih rapi dan indah dengan low budget.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *