Cara Membagi Jaringan wifi Indihome Paling Simple

Cara Membagi Jaringan wifi Indihome Paling Simple

Cara Membagi Jaringan wifi Indihome

 

Cara Membagi Jaringan wifi Indihome – Penggunaan WiFi Indihome kini memang sudah marak digunakan. Banyak yang menggunakan jasa penyedia internet tersebut karena jaringannya yang lancar serta stabil. Bahkan, jaringan WiFi tersebut sekarang sudah bisa dihubungkan pula dengan tetangga terdekat. Untuk cara membagi jaringan WiFi Indihome dapat dilakukan dengan cara di bawah ini. Mari simak saja untuk panduannya!

Membagi Jaringan WiFi Tanpa Kabel

Pengguna WiFi Indihome bisa membagikan jaringan internetnya dengan tetangga sebelah tanpa harus menggunakan sebuah kabel. Tentunya cara ini lebih simple dan juga tidak ribet karena tidak perlu menghubungkan antar kabel. Namun, jika menggunakan cara satu ini maka jarak perangkatnya harus dekat. Lebih jelasnya lagi, simak penjelasan berikut:

  • Hidupkan router milik pengguna, pastikan router tersebut memiliki mode WISP. Setelah itu hubungkan perangkat ponsel menggunakan WiFi tersebut.
  • Setelah itu masuklah ke dalam admin panel, untuk nama serta kata sandinya biasanya ada di belakang router. Apabila sudah masuk, maka pengguna bisa memilih mode WISP.
  • Selanjutnya pengguna bisa memilih menu “Dynamic Ip Addres” dan akan muncul beberapa pilihan WiFi. Pilihlah WiFi yang akan digunakan untuk menghubungkan jaringan internet.
  • Apabila sudah, pengguna bisa memilih menu “WLAN” lalu aturlah SSID serta kata Sandi yang akan digunakan oleh router tersebut.
  • Biasanya router akan melakukan proses reboot, tunggulah sebentar hingga selesai.
  • Cek kembali apakah jaringan WiFi sudah bisa dibagikan ke tetangga atau belum.
  • Biasanya jika proses yang dilalui benar, maka akan segera terbagi dengan mudah.

Baca Juga : Inilah Cara Cek GPS Hp Dengan Cepat Serta Ampuh

Membagi Jaringan WiFi Menggunakan Kabel

Selain tanpa kabel, cara membagi jaringan WiFi Indihome ke tetangga terdekat bisa menggunakan kabel. Untuk si tetangga juga harus mempunyai kabel LAN yang sudah banyak dijual di pasaran. Jadi, masing-masing pengguna mempunyai kabel tersendiri. Nah, untuk lebih lengkapnya lagi lihat tutorial berikut:

  •  Bagi yang menyediakan internet, hubungkan dahulu admin panel dengan menggunakan ID yang biasanya tertera di belakang router atau bisa juga di dus tempat router.
  • Setelah itu masuklah ke menu “Advance” dan pilih menu “LAN.” Lalu pada menu “DHCP Server” aturlah beberapa kolom yang sudah disediakan. Namun, biasanya sudah terisi dari sejak awal menggunakan WiFi.
  • Apabila semua sudah diatur dengan benar, maka proses untuk penyedia jaringan sudah selesai.
  • Kemudian, proses selanjutnya yaitu untuk yang menerima jaringan. Hubungkanlah router miliki penyedia serta penerima dengan menggunakan kabel LAN yang sudah dibeli sebelumnya.
  • Lalu hidupkan router milik penerima dan masuklah menggunakan ID admin panel. Kemudian aturlah jaringan dengan memilih menu “WLAN.”
  • Selanjutnya akan muncul nama jaringan WiFi beserta dengan kata Sandinya, penerima bisa mengubahnya. Namun, lebih baik untuk disesuaikan saja dengan yang ada di penyedia jaringan tersebut.
  • Berikutnya jika semua sudah dilakukan dengan benar, maka simpanlah hasil pengaturan tersebut. Secara otomatis jaringan internet sudah akan terbagi dengan si penerima tadi.
Baca Juga:  Cara Cek Nama Pemilik Rekening BCA Online dan Juga Offline

Berdasarkan semua penjelasan di atas, maka bisa diberikan sebuah simpulan sederhana. Bahwa dalam membagi jaringan internet bisa dilakukan dengan dua cara yaitu, tanpa kabel serta menggunakan kabel. Tentunya masing-masing cara memiliki kelebihan serta kekurangan tersendiri. Namun, yang harus diingat adalah sinyal akan menjadi terbagi dan kemungkinan jaringan tidak selancar dahulu.

Itulah 2 cara membagi jaringan WiFi Indihome yang bisa digunakan oleh pengguna WiFi tersebut. Namun, untuk pembagian hanya bisa dilakukan apabila jaraknya dekat saja. Karena, yang pasti jaringan yang digunakan harus tetap ada di penyedia jaringan. Selain itu, apabila jaraknya jauh maka sinyal akan menjadi lambat karena terkendala beberapa hal.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *