Cara Membuat Shock Motor Empuk

Cara Membuat Shock Motor Empuk – Salah satu komponen vital dalam sepeda motor adalah shock atau shockbreaker. Bahkan cara membuat shock depan motor empuk juga dapat dipraktikkan agar fungsi komponen ini dapat bekerja secara optimal. Kenyamanan pengendara pun akan lebih meningkat karenanya.

Shock juga sangat mungkin mengalami masalah, yang salah satunya diakibatkan oleh kualitas oli yang buruk dan volumenya tak imbang. Untuk itu, shock perlu diberikan perawatan lebih agar lebih empuk dan nyaman digunakan.

Fungsi Shock Depan Motor

Komponen shock/shockbreaker/suspensi memiliki fungsi sebagai peredam kejut, sehingga berguna saat motor mengalami hentakan di jalan keras dan berlubang. Jadi fungsi shock pada bagian depan motor sangat menunjang kenyamanan pengendara motor.

Shock memakai material yang elastis jadi mempunyai toleransi atas tekanan yang tiba-tiba diberikan. Tujuan adanya material elastis ini adalah supaya bila salah satu ujung suspensi mendadak tertekan. Maka di ujung lainnya tak ada pengaruh atau mengurangi pengaruhnya.

Sehingga bila motor tak mempunyai shock maka pengendara bisa kesakitan pada bagian tubuhnya. Oleh karenanya, baik pada roda depan ataupun belakang wajib dilengkapi dengan shock atau suspensi yang berkualitas.

Cara Membuat Shock Depan Motor Empuk

Dari adanya fungsi dasar tersebut, sebenarnya shock yang berada di depan motor masih dapat direkayasa lagi agar menjadi lebih empuk. Caranya terbilang aman meskipun, di beberapa langkahnya masih ada yang membutuhkan tenaga ahli. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan:

Sesuaikan Jumlah Oli

Untuk cara membuat shock depan motor empuk yang pertama adalah dengan menyesuaikan penambahan oli ke shock depan. Sebab ada batasan yang harus diperhatikan, standarnya batas penambahan oli adalah 5cc.

Bila kapasitas oli melebihi standar tersebut, ruang kosong dalam tabung justru akan terlihat sempit. Sehingga cairan yang semestinya mengalir ke ruangan lain tidak dapat menerima tekanan. Karenanya terjadilah masalah baru yaitu mati suspensi.

Baca Juga:  Rekomendasi Perpaduan Warna Cat Motor Yang Serasi Makin Keliatan Classy

Tetapi kebanyakan produsen menghimbau agar tidak mengganti oli dengan sifat SAE10 dengan oli lainnya sebab terdapat perbedaan viskositas. Bila terlalu tebal akan susah untuk melewati lubang seruling yang bisa mengganggu kinerja suspensi menjadi gemetar.

Ganti Per atau Pegas

Cara kedua yang bisa dilalui adalah dengan mengganti pegas motor. Tapi panjang untuk setiap alternatifnya haruslah sama supaya tidak ada yang bengkok atau saling bertautan. Makin banyak tegangan dan benang maka akan semakin keras pegasnya.

Oleh karena alasan tersebut, maka pegas harus diganti dengan yang lebih longgar. Contohnya saja pada motor Vario yang pegasnya menggunakan SupraX. Walaupun panjang pegasnya sama namun pegasnya akan lebih kaku.

Sesuaikan Lubang Seruling

Berikutnya cara membuat shock depan motor empuk adalah dengan menyesuaikan lubang seruling. Artinya lubang beralur yang dipakai untuk menahan jalannya aliran oli damper harus dikurangi supaya tidak terlalu cepat.

Hal ini biasanya berguna terlebih bagi sepeda balap yang mana benturannya bisa memperlambat pantulan demi pantulan. Tapi tetap saja, cara ini memerlukan ketelitian serta kontribusi dari tukang las. Sebab, bila lubangnya terlampau kecil oli atau minyak justru tak bisa mengalir.

Pukul dengan Cincin (Ring)

Hal selanjutnya yang dapat dilakukan demi menciptakan shock yang sesuai dan membuatnya empuk yaitu dengan memukul dengan cincin atau ring. Sebetulnya cara ini tidak disarankan tetapi untuk beberapa waktu tertentu atau secara kondisional cara ini diizinkan oleh teknisi.

Cara ini dimaksudkan untuk menggunakan ring asli atau washer yang tak gampang terkikis. Sebab gram bisa memblokir lubang pada seruling dan mengakibatkan rusaknya segel dan gandar.

Setelah cara membuat shock depan motor empuk dan nyaman berhasil dilakukan maka variasi selanjutnya boleh dilakukan. Misalnya dengan memasang gps pada motor agar kenyamanan semakin meningkat dan keamanan motor dari maling semakin meningkat.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *