Cara Membuka File

Cara Membuka File – Aplikasi whatsapp memiliki fitur untuk berbagi file dalam berbagai format. Fitur ini bernilai positif di mata pemakai whatsapp. Namun, terkadang file tidak bisa dibuka, sehingga perlu tahu cara membuka file yang tidak bisa dibuka di whatsapp.

File tersebut tidak bisa dibuka karena berbagai hal. Semua itu tergantung jenis format file tersebut. Untuk mengatasinya, pemakai aplikasi whatsapp perlu tahu tata caranya, yaitu sebagai berikut :

Install Aplikasi Bantu Baca File Dokumen

Hal pertama yang perlu dilakukan pastikan HP sudah terinstall aplikasi yang dapat membaca file di aplikasi whatsapp. Jika belum, maka perlu menginstall aplikasi tersebut. Tanpa bantuan aplikasi tersebut, otomatis file tidak bisa dibuka dan terbaca.

Aplikasi yang bisa digunakan untuk membaca file di whatsapp salah satunya adalah WPS Office. Untuk menginstall aplikasi tersebut, pemilik HP hanya perlu mencarinya di playstore. Setelah diinstall, file dapat dicoba untuk dibuka lagi.

Koneksi Internet Direset Ulang

Langkah kedua yang dapat dilakukan adalah melakukan reset ulang koneksi internet HP. Terkadang macetnya koneksi internet membuat file yang dikirim melalui whatsapp tidak dapat dibuka.

Tata cara membuka file yang tidak bisa dibuka di whatsapp ini dapat dilakukan oleh pemilik HP sendiri. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Bar notifikasi HP ditarik ke bawah.
  • Mode pesawat diaktifkan.
  • Diamkan HP sejenak.
  • Mode pesawat di nonaktifkan.
  • Menekan tombol*#*#4636#*#*
  • Memilih Informasi telepon pada SIM card ke satu atau ke dua yang akan dipakai untuk internet.
  • Data seluler dimatikan.
  • Diamkan secara sejenak.
  • Data seluler dinyalakan.
  • HP di restart ulang.
Baca Juga:  5 Tips Menghilangkan Kerak Pada Cat Mobil Yang Bisa Dicoba

Dengan melakukan reset ulang koneksi internet di HP akan menimbulkan IP address publik yang baru. Tindakan ini akan membuat pemilik HP dapat membuka file di whatsapp.

Koneksi internet di HP dipindah ke WIFI atau Data Seluler

Langkah ketiga yang dapat dilakukan oleh pemilik HP agar dapat membuka file di whatsapp adalah dengan merubah koneksi internet HP. Tujuannya adalah sebagai ajang untuk uji coba jaringan internetnya bermasalah atau tidak.

Ketika jaringan internet bermasalah, otomatis pemilik HP tidak bisa buka file di whatsapp. Dengan memindahkan jaringan internet dari WIFI ke data seluler dan sebaliknya, maka koneksi internet dapat diperbaiki.

Pada saat koneksi internet diperbaiki, maka pemilik HP dapat membuka file di whatsapp miliknya. Selain itu juga dapat digunakan untuk kegiatan lain, seperti melakukan voice note dan membuka video.

Whatsapp Diupdate Ke Versi Yang Terbaru

File di whatsapp tidak bisa dibuka bisa dikarenakan versi aplikasi whatsapp yang digunakan sudah terlalu lama versinya, sehingga perlu dilakukan update ke versi yang terbaru. Proses update ini dapat dilakukan melalui google play store.

Dengan melakukan update aplikasi whatsapp terbaru, pemilik HP akan dapat membuka file yang dikirimkan melalui whatsapp.

Aplikasi Whatsapp Diinstall Ulang Kembali

Langkah terakhir yang dapat dilakukan adalah melakukan install ulang aplikasi whatsapp. Hal ini terjadi karena aplikasi whatsapp yang telah dipakai menyimpan banyak cache, informasi dan file. Akhirnya membuat aplikasi menjadi error.

Jika hal ini terjadi, yang perlu dilakukan sebelum melakukan proses install ulang. Pemilik HP perlu melakukan proses back up data.Proses backup ini wajib dilakukan agar data penting di whatsapp tidak hilang.

Setelah melakukan proses back up, lakukan logout aplikasi dan uninstall. Kemudian, lakukan nyalakan aplikasi cleaner di HP.Ketika selesai, lakukan install ulang aplikasi whatsapp, dan ketika sudah selesai lakukan login ke aplikasi whatsapp seperti biasa.

Baca Juga:  Cara Membagi Jaringan wifi Indihome Paling Simple

Dengan melakukan 5 tata cara membuka file yang tidak bisa dibuka di whatsapp akan menjadi solusi penyelesaian masalah pemilik HP. Lakukan secara bertahap, dimulai dari tahap pertama, maka akan ketahuan dimana masalahnya.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *