Cara Memperbaiki ECU Motor

Cara Memperbaiki ECU Motor – Ada cara memperbaiki ECU motor Beat yang bisa dilakukan para pemilik motor sendiri. Jadi, para pemilik motor tidak perlu lagi pergi ke tempat servis dan membayar biaya perbaikan yang sangat mahal. Cara perbaikan ini patut dicoba pada awal bagian ECU rusak.

Cara untuk melakukan perbaikan di awal pun sangat mudah bahkan ada cara di mana para pemilik motor tidak perlu membongkar bagian ECU motor. Bagaimana cara memperbaiki bagian ECU jika bagian ini memperlihatkan tanda-tanda bermasalah? Berikut akan dibahas dengan lengkap.

Mengenal Apa itu ECU Pada Motor

Sebelum mengetahui dengan jelas cara untuk memperbaiki ECU motor Beat. Ada baiknya untuk para pemilik motor mengetahui terlebih dahulu. Apa sebenarnya bagian ECU itu pada motor Beat. Ecu merupakan salah satu komponen yang terbilang vital pada perangkat motor.

Hal ini karena peran ECU sebagai salah satu sumber listrik yang dibutuhkan pada saat menyalakan dan memulai mesin motor. Fungsi utamanya ialah mengatur proses starting dan matinya mesin pada motor.

Karena itu, kerusakan pada bagian ini akan berakibat sangat fatal jika dibiarkan. Itu artinya motor tidak bisa menyala lagi. Ciri utama motor yang mengalami kerusakan pada ECU adalah mesin yang tidak bisa menyala. Walaupun, para pemilik motor sudah memutar kunci dan ada respon dari speedometer.

3 Cara Memperbaiki ECU Motor Beat

Ada 3 cara untuk memperbaiki bagian ECU pada motor terutama pada motor Beat. Namun, para pemilik motor harus ingat bahwa cara ini hanya sebagai penanganan pertama saja. Berikut adalah 3 cara yang bisa dicoba lebih dulu.

Baca Juga:  7 Khasiat Kolang Kaling Untuk Kesehatan Tubuh Yang Bisa Dijadikan Hidangan Menyegarkan

Reset ECU Motor

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk melakukan perbaikan adalah reset ECU motor Beat. Cara untuk melakukan reset ini tidak harus dengan membongkar ECU motor. Cukup dengan stop kontak dan starting mesin saja dengan langkah berikut ini.

  • Posisikan motor dengan standar bagian tengah.
  • Masukkan kunci motor ke stop kontak.
  • Putar kunci stop kontak sesuai untuk menyalakan mesin.
  • Putar kunci ke bagian ON kemudian kembalikan lagi ke OFF sebanyak tiga kali.

Walaupun mesin tidak merespon dan tidak menyalah, namun proses ini tetap akan mereset ECU dan mengembalikan memorinya. Matikan sebentar kemudian coba untuk nyalakan lagi, biasanya akan berhasil.

Melakukan Pengecekan Riwayat Servis

Cara selanjutnya adalah dengan melakukan pengecekan Riwayat servis. Karena pada dasarnya ECU adalah komponen yang cukup awet dan tahan lama. Jika ada kerusakan, kemungkinan paling besarnya dikarenakan kesalahan servis.

Dengan melakukan pengecekan servis para pemilik bisa mengetahui bagian mana yang memicu kerusakan pada ECU. Dengan begitu, akan mudah bagi para pemilik motor untuk mengajukan komplain ke bengkel karena servislah yang menyebabkan kerusakan.

Ganti Langsung Komponen ECU yang Rusak

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan mengganti langsung komponen ECU yang rusak. Hal ini bisa dilakukan jika kerusakan hanya terjadi pada sebagian komponen ECU saja. Misalnya, hanya rusak pada kabel atau komponen kecil lainnya.

Jadi, para pemilik motor bisa melakukan penggantian komponen sendiri. Namun, jika ECU rusak berat dan perlu diganti seluruhnya. Maka, para pemilik motor membutuhkan bantuan bengkel untuk melakukannya.

Itulah cara memperbaiki ECU motor Beat yang bisa menjadi alternatif pertama perbaikan. Jika kerusakan ECU sudah parah jangan paksakan untuk memperbaiki dengan cara di atas. Langsung bawa ke tempat servis resmi untuk motor Beat.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *