Cara Memperbaiki Fuel Pump

Cara Memperbaiki Fuel Pump – Banyak pengguna yang mencari tahu cara memperbaiki fuel pump mobil karena alat pemompa bahan bakar ini memang sering mengalami kendala. Karena nyatanya letak dari fuel pump ini tidak terhubung dengan mesin lainnya sehingga cukup sulit bagi pengguna untuk mendeteksi kerusakan.

Karena sulitnya mendeteksi kesalahan inilah pengguna harus diberitahu informasi yang berkaitan dengan fuel pump yang melemah atau bahkan sudah rusak. Berikut ini akan disampaikan beberapa informasi terkait bagaimana ciri-ciri mengetahui fuel pump yang melemah atau rusak serta bagaimana cara memperbaikinya.

Ciri Fuel Pump Mobil Lemah Atau Rusak

Sebenarnya ada beberapa ciri yang dapat diketahui pengguna untuk dapat menyadari kondisi fuel pump yang ada dan terpasang pada mobil. Tanpa perlu membongkarnya terlebih dahulu pengguna juga dapat mengetahuinya melalui beberapa ciri yang sebenarnya dapat dilakukan pengecekan pengguna berdasarkan fisiknya.

Beberapa ciri yang menandakan fuel pump pada mobil pengguna sedang dalam kondisi lemah ataupun sudah rusak dapat diketahui sebagai berikut:

Mobil Sulit Untuk Dinyalakan

Fungsi dasar fuel pump sendiri merupakan untuk memompa sebuah bahan bakar untuk disalurkan pada mesin agar dapat menyala dan dijalankan. Ketika mobil sudah sulit untuk dinyalakan maka kondisi fuel pump yang ada bisa dideteksi sedang melemah atau bahkan sudah rusak.

Suara Pompa Mesin Yang Melemah

Adanya keluaran suara berdengung yang dihasilkan dari suara mesin mobil yang menyala juga dapat dicermati apakah sedikit berbeda atau tidak. Suara pompa yang lemah akan menjadi salah satu ciri dari kerusakan pada fuel pump mobil karena menggambarkan kondisinya.

Baca Juga:  Cara Download Video Youtube Di Telegram Menggunakan Bot

Indikator Check Engine Yang Menyala

Dengan ciri yang satu ini sebenarnya pengguna dapat mengecek secara langsung dan yang paling terlihat secara signifikan tanpa membongkar mobil. Dengan lampu indikator check engine yang menyala ini menandakan adanya kerusakan pada mesin yang bisa saja berasal dari fuel pump.

Cara Memperbaiki Fuel Pump Mobil

Kini pengguna telah mengetahui bagaimana ciri adanya kerusakan pada fuel pump yang sudah dapat diketahui pengguna tanpa perlu buru-buru membongkarnya. Kerusakan pada fuel pump ini nyatanya juga dapat diperbaiki bahkan secara sendiri atau memang memilih untuk membawanya pada bengkel.

Cara memperbaiki fuel pump mobil yang rusak dapat dilakukan oleh pengguna secara mudah dengan beberapa cara yang akan diberitahukan berikuti ini:

Melakukan Penambahan Daya Pada Relay Fuel Pump

Komponen relay fuel pump sendiri merupakan penghubung pada saklar yang ada pada mesin mobil dan menyalurkan ke seluruh komponen. Pengecekan dapat dilakukan dengan melepaskannya dan memeriksa tahanan terminal dan dapat menambahkan daya jika hasil yang didapat di bawah standar.

Memperbaiki Kabel Wiring Harness Fuel Pump

Jenis pada tiap mobil memang berbeda-beda namun memiliki fungsi yang hampir dengan relay yaitu sebagai komponen penghubung dari pompa bensin. Dengan memperbaiki kabel yang ada di dalamnya juga dapat memperbaiki fuel pump, karena dikhawatirkan terjadinya korsleting listrik yang dihantarkan.

Mengganti Fuel Pump

Tahap pemeriksaan berikut ini dilakukan dengan melepaskan terminal penghubung di dalamnya dan melihat hasil tahanan standar yang dihasilkan. Jika hasil dan suhu yang didapat di bawah standar maka pengguna harus mengganti pompa bahan bakar agar dapat kembali digunakan.

Demikian pemberitahuan berupa informasi terkait bagaimana cara memperbaiki fuel pump mobil yang dapat dilakukan sendiri oleh pengguna. Pengguna juga dapat menggunakan asuransi yang dimiliki pada mobil dengan memanfaatkannya untuk memperbaiki kendala yang terjadi pada mesin.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *