Cara Memperbaiki Sensor 02 Mobil, Ini Panduanya

Cara Memperbaiki Sensor 02 Mobil, Ini Panduanya

Cara Memperbaiki Sensor Mobil

Cara Memperbaiki Sensor Mobil – Sensor o2 berguna mengatur agar udara dan bahan bakar yang ada bisa seimbang. Dengan adanya sensor o2 akan mencegah adanya kerak pada mesin. Orang harus Mengetahui cara memperbaiki sensor o2 mobil. Dikarenakan jika sudah rusak maka filter udaranya tidak akan berguna lagi.

Cara Mengatasi Kerusakan Sensor O2

Tersedia beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan pada sensor o2. Mari lihat apa saja cara untuk penanganan kerusakan sensor o2 yaitu :

Membersihkan Ujung Sensor O2

Membersihkan ujung sensor oksigen bisa dijadikan cara memperbaiki sensor o2 mobil. Melihat masalah pada sensor o2 dikarenakan kotoran maupun kerak yang menempel di ujung sensor. Dampak menempelnya kotoran pada ujung sensor o2 membuat gas buang terbaca tidak normal.

Langkah pembersihan sensor o2 bisa dengan cara merendam ujung sensor o2 memakai cairan pembersih selama beberapa waktu. Cairan pembersih yang digunakan bisa cairan pembersih lantai yang mudah ditemui di toko. Cuma saat merendam pastikan yang terendam hanya ujung sensor o2 saja.

Membawa Ke orang Ahli

Orang yang ahli tentu lebih memahami permasalahan pada komponen motor termasuk komponen sensor o2. Akan dicari masalah yang menyebabkan sensor o2 tidak bekerja dengan baik. Masalah pada komponen sensor o2 akan diperbaiki tergantung dengan cara penanganannya.

Membawa mobil dengan sensor rusak ke orang ahli lebih terjamin karena sudah berpengalaman. Peralatan yang digunakan untuk memperbaikinya juga lengkap sehingga masalah dapat diatasi dengan baik. Pemilik mobil harus menyiapkan sejumlah uang karena akan ada biaya perbaikan yang ditagihkan.

Mengganti Dengan Sensor O2 Yang Baru

Mengganti sensor o2 yang rusak dengan yang baru menjadi alternatif cara memperbaiki sensor o2 mobil jika tidak dapat memperbaikinya sendiri. Penggantian sensor o2 bisa dilakukan secara mandiri maupun ke bengkel. Melakukan penggantian sensor o2 sendiri memang beresiko karena jika ada kesalahan bisa menyebabkan masalah pada komponen lainnya.

Baca Juga:  Inilah 5 Cara Membuka Pintu Mobil Yang Terkunci Dari Dalam

Pihak bengkel akan mengganti sensor o2 yang rusak ke sensor o2 yang baru. Hanya saja pengguna harus mengeluarkan uang sebesar dua ratus sampai enam ratus ribu untuk melakukan penggantian sensor o2 yang rusak dengan yang baru. Pengguna biasanya juga harus membayar biaya pemasangan sesuai dengan tarif yang ditentukan bengkel tersebut.

Salah satu cara mengatasi rusaknya sensor o2 dengan cara melakukan scan ecu. Scan ecu bertugas untuk mendeteksi penyebab kerusakan pada sensor o2. Biasanya untuk melakukan scan ecu hanya dilakukan oleh orang profesional di bengkel khusus yang memiliki alat scan ecu. Tanda-tanda sensor o2 telah rusak ketika mobil kecepatannya melambat tapi sudah melaju tinggi.

Ciri-Ciri Kerusakan Pada Sensor O2

Terdapat beberapa ciri-ciri yang menunjukkan bahwa sensor o2 rusak. Yuk simak apa saja ciri-ciri yang menunjukkan bahwa sensor o2 sudah rusak yaitu :

  • Menyalanya lampu indikator check engine yang menunjukkan jika terdapat masalah pada mesin terutama pada sensor o2.
  • Peningkatan pada emisi gas buang menunjukkan jika ada kerusakan pada sensor o2 karena udara dan
  • Performa mobil menurun sehingga mobil mudah mogok bahkan mobil berjalan kurang konsisten. Tekanan gas meski sudah kencang mobil tetap terasa lambat.

Itulah cara memperbaiki sensor o2 mobil yang dapat dilakukan jika membutuhkannya. Rawatlah dengan baik mobil dengan melakukan pengecekan rutin ke bengkel. Belilah bahan bakar dengan kualitas yang baik karena berpengaruh pada sensor o2. Bawa mobil untuk diperbaiki di bengkel jika tidak dapat mengatasi kerusakan sensor o2 sendiri.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *