Ketahui 3 Cara Memperbaiki Shock Depan Mobil Carry

Ketahui 3 Cara Memperbaiki Shock Depan Mobil Carry

Cara Memperbaiki Shock Depan Mobil

Cara Memperbaiki Shock Depan Mobil – Sempat eksis pada zamannya nyatanya masih banyak pengguna yang mencari tahu bagaimana cara memperbaiki shock depan mobil Carry sekarang ini. Karena nyatanya masih banyak yang belum tahu jika kerusakan pada shock mobil masih bisa diperbaiki tanpa harus dengan langsung diganti.

Shockbreaker sendiri merupakan sebuah kesatuan dari komponen yang akan memastikan kenyamanan dari jalannya sebuah kendaraan roda dua maupun roda empat. Wajar saja jika kerusakan sering terjadi pada komponen yang satu ini karena letaknya sendiri yang berada berdekatan dengan roda kendaraan.

Ciri Shockbreaker Bermasalah

Sebelum mengetahui bagaimana cara memperbaiki shock depan mobil Carry maka pengguna dapat kenali dulu bagaimana ciri dari adanya sebuah kerusakan. Umumnya kerusakan ini hanya akan terasa ketika sedang digunakan saja padahal banyak ciri lainnya yang dapat dilihat secara langsung.

Beberapa ciri yang dapat dilihat oleh pengguna dari adanya kerusakan sebuah shockbreaker mobil adalah sebagai berikut:

  • Keluar Oli. Adanya cairan oli yang tiba-tiba saja keluar dari sisi bawah mobil berdekatan dengan roda ini sebagai ciri shock yang bermasalah. Oli yang keluar ini berasal dari karet seal pada shock terdapat robek sehingga oli kendaraan akan bocor dan keluar.
  • Terdengar Bunyi Berdecit. Tugas shock sendiri terutama pada bagian depan ini memang bertugas untuk meredam sebuah benturan yang terjadi pada rem. Sehingga terdengarnya suara berdecit dari arah bawah mobil akan menandakan jika shock depan tersebut telah mengalami masalah atau terjadi kerusakan.
  • Kondisi Posisi Mobil Tidak Stabil. Ketika mobil mengalami sebuah goncangan maka shock akan menjalankan fungsinya untuk kembali menormalkan posisi mobil yang baru saja terguncang. Kemampuan shock yang sedang mengalami kerusakan akan membuat kondisi mobil menjadi tidak stabil atau terlihat miring sehabis merasakan guncangan tersebut.
Baca Juga:  Inilah 5 Rekomendasi Lampu LED Motor Beat Paling Terang Terbaik 2022!

Cara Memperbaiki Shockbreaker Mobil

Setelah mengetahui shock mobil bermasalah maka kali ini dapat mengetahui cara memperbaikinya seperti yang banyak dikeluhkan. Cara ini dapat dilakukan sendiri di rumah sebelum pengguna akhirnya memilih untuk memperbaiki mobilnya dengan membawa ke bengkel terdekat.

Menyemprotkan Cairan Anti Karat

Kerusakan yang dialami shockbreaker bisa saja karena adanya karat pada komponen tersebut terlebih karena mobil Carry biasa dibuat untuk bermuatan. Dengan menyemprotkan jenis cairan anti karat ini dapat meredakan karat yang terdapat pada shock terutama di bagian depan mobil.

Air anti karat ini biasa digunakan bagi ahli sebagai bahan pendukung untuk memperbaiki shock depan mobil Carry karena terbilang ampuh. Pembeliannya pun bisa didapat dengan mudah seperti dijual pada pasaran bengkel resmi dan umum, serta dibanderol dengan harga yang juga terjangkau.

Menggunakan Kunci Torsi

Baut yang kendor bisa saja menyebabkan kerusakan pada shockbreaker sehingga menjadikan fungsinya tidak berjalan dengan baik dan terasa tidak nyaman. Dengan menggunakan kunci torsi khusus ini, maka pengguna dapat mengencangkan beberapa baut yang kendor ini agar shock kembali membaik.

Memasang Shock Baru

Cara ini dilakukan jika masih belum juga bisa menemukan solusi dalam memperbaiki shockbreaker yang rusak karena kerusakan yang sudah parah. Pastikan jika pemasangan ini dilakukan dengan benar atau dapat dilakukan dengan membawa ke bengkel resmi saja.

Demikian penjelasan singkat terkait bagaimana cara memperbaiki shock depan mobil Carry dan bagaimana ciri kerusakan yang bisa dirasakan oleh pengguna. Hindari membawa mobil dengan sembarangan dan hindari membawa beban yang berlebihan pada mobil untuk menghindari kerusakan shockbreaker pada kendaraan pengguna.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *