Cara Memperbaiki Speedometer – Speedometer sepeda motor sebagai alat penunjuk yang menunjang keamanan dan kenyamanan berkendara bisa saja tidak berfungsi. Nah, terdapat cara memperbaiki speedometer digital motor yang dapat dicoba dengan mudah. Tentunya speedometer akan dapat berfungsi kembali dan pengguna bisa nyaman saat mengendara.

Terdapat berbagai kerusakan yang sering terjadi di speedometer digital motor karena faktor usia maupun komponennya. Biasanya kerusakan itu seperti mati total, lampu speedometer mati, indikator pada LCD buram atau tidak jelas, dan lain sebagainya. Langsung saja berikut ini ulasan mengenai cara memperbaiki speedometer digital motor yang dapat dilakukan dengan mudah:

Memperhatikan Bagian Kabel Speedometer

Kabel pada speedometer menjadi salah satu komponen yang dapat rusak sehingga speedometer tidak berfungsi. Kabel biasanya putus karena bisa saja tertarik saat mencuci motor. Oleh karena itu periksa apakah kabel benar-benar sudah putus atau masih kuat.

Adapun jika terputus maka kabel harus segera diperbaiki. Pengguna bisa menyambung menggunakan lem kabel untuk memperbaikinya. Akan tetapi jika speedometer tetap tidak menyala maka kabel speedometer harus diganti.

Memperhatikan Bagian Gear

Gear pada as roda bisa saja aus dan bisa menjadi penyebab kerusakan pada speedometer digital. Tak hanya itu, gear yang kotor juga bisa membuat speedometer digital mati. Jadi sebaiknya jangan lupa untuk memeriksa bagian ini.

Pengguna dapat membersihkan gear speedometer jika setelah diperiksa kotor. Nah, apabila kasusnya gear speedometer sudah aus maka akan menyebabkan speedometer tidak bisa berfungsi dengan baik lagi. Oleh karena itu cara mengatasinya yaitu dengan mengganti gear speedometer dengan yang baru.

Baca Juga:  Cara Memperbaiki Tape Mobil Tidak Keluar Suara Dengan Mudah

Memperhatikan Bagian Sekring Speedometer

Cara memperbaiki speedometer digital motor selanjutnya yaitu dengan memeriksa bagian sekring Speedometer. Jika terdapat kawat terputus maka inilah yang menyebabkan speedometer tidak berfungsi. Namun, dengan mudah kawat ini bisa disambung kembali agar speedometer berfungsi normal lagi.

Memperhatikan Bagian Velg

Velg yang tersumbat juga jadi salah satu penyebab kerusakan pada speedometer. Hal ini dapat terjadi karena pada bagian putaran terdapat gear speedometer yang akan terhambat kerjanya apabila velg tersumbat. Nah, velg tersumbat ini perlu diganti dengan yang baru agar speedometer normal kembali.

Memperhatikan Bagian Socket Speedometer

Cara memperbaiki speedometer digital motor yang dapat dilakukan selanjutnya yaitu dengan mengecek bagian soket pada speedometer. Bisa saja bagian soket ini terputus sehingga speedometer tidak berfungsi dengan baik. Biasanya kerusakan socket ini juga karena kabel yang terputus.

Pengguna dapat memperhatikan secara seksama pada soket speedometer ini. Namun untuk hasil lebih akurat pengguna dapat memeriksa kabel soket menggunakan alat multitester. Nah, jika kabel benar-benar putus maka segera ganti soket pada speedometer digital tersebut.

Mengganti Speedometer dengan yang Baru

Nah, cara terakhir ini dapat dilakukan jika cara-cara sebelumnya sudah dicoba tetapi tidak berhasil. Bisa saja kerusakan pada speedometer memang sudah parah sehingga perlu diatasi oleh orang yang lebih ahli. Nah, pemilik sepeda motor bisa memperbaikinya melalui bengkel langganan terpercaya.

Nantinya speedometer ini akan bisa ditangani oleh montir bengkel dan diperbaiki lebih tepat. Tak hanya itu, bisa saja speedometer motor ini perlu diganti jika memang kerusakannya sudah tidak dapat diatasi. Tentunya cara ini memang harus dilakukan agar speedometer dapat digunakan lagi.

Nah, itulah tadi ulasan tentang cara memperbaiki speedometer digital motor yang dapat dilakukan dengan mudah. Kenali terlebih dahulu beberapa penyebab kerusakan pada speedometer digital pengguna. Setelah itu, barulah pengguna bisa memperbaiki dengan cara tepat sehingga speedometer berfungsi normal kembali.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *