Cara Memperbaiki Tape Mobil

Cara Memperbaiki Tape Mobil – Ada cara memperbaiki tape mobil tidak keluar suara yang biasanya karena komponen tersebut mengalami kerusakan. Bahkan banyak juga pengguna mobil yang justru tidak mempedulikan hal tersebut padahal kasus ini yang sering terjadi.

Untuk memperbaiki hal ini rupanya memang sangat mudah karena pengguna mobil juga tidak perlu jauh-jauh datang ke bengkel karena bisa melakukannya sendirian. Namun, di samping itu rupanya pengguna perlu mengetahui dulu apa saja penyebab yang membuat tape mobil tidak keluar suara.

Mengenali Faktor Penyebab Tape Mobil Tidak Keluar Suara

Seperti yang telah dijelaskan tadi karena begitu banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan tape mobil tidak mengeluarkan suara. Untuk bisa tahu lebih jelas penyebabnya apa saja, yuk simak semuanya berikut ini:

  • Terdapat gangguan pada kabel audio yang biasanya disebabkan saat mobil digunakan ada getaran di seluruh mobil terutama bagian interior. Getaran ini dapat membuat kabel dan soket audio mobil longgar, mudah lepas bahkan terbakar.
  • Adanya penggunaan fitur USB yang tidak sesuai dengan prosedur pemakaiannya. Biasanya tape mobil memang memiliki fitur USB untuk bisa memutar lagu dari handphone atau flash disk. Sayangnya banyak pengguna yang mengabaikan hal tersebut.
  • Terdapat gangguan di program tape mobil karena sering mengoperasikan tape mobil saat mesin mobil mati. Hal seperti inilah yang akan membuat arus mengalir pada tape mobil dan membuatnya menjadi tidak stabil.

Bagaimana Cara untuk Memperbaiki Tape Mobil Tidak Keluar Suara?

Setelah tahu apa saja penyebab utamanya tentu sekarang saatnya mencari tahu bagaimana cara memperbaiki tape mobil tidak keluar suara. Adapun untuk cara memperbaikinya lebih baik yuk simak cara lengkapnya berikut ini:

  • Langkah yang pertama silakan periksa kabel-kabel audio yang ada di mobil khususnya kabel yang ada di bagian tape mobil.
  • Jika setelah memeriksanya dan terdapat kabel yang terputus, tentu saja perlu memperbaikinya terlebih dulu.
  • Bila sudah, tentu tahap selanjutnya adalah mengoperasikan tape mobil untuk bisa tahu hasilnya.
  • Jika memang semua kabel telah diperiksa serta audio mobil masih juga tidak mengeluarkan suara, tetapi tape mobil menyala silakan lakukan langkah berikutnya.
  • Di sini silakan untuk siapkan dulu alat-alat kecil seperti jarum, lidi, tusuk gigi atau alat yang kecil lainnya.
  • Jika memang tape dalam kondisi Mode Protect, tentu silakan untuk non-aktifkan semua arus yang ada pada mobil. Namun lebih baik lakukan hal ini saat mobil dalam keadaan mati.
  • Silakan juga untuk periksa bagian tape mobil kemudian cari lubang kecil yang terletak pada bagian kanan sebelah bawah dekat USB.
  • Jika sudah menemukannya silakan tusuk lubang tersebut dengan menggunakan alat-alat kecil yang telah disediakan tadi.
  • Cara ini tentunya dilakukan untuk bisa reset settings dan menghilangkan mode project yang ada di perangkat tape mobil. Hanya saja cara ini dapat dilakukan pada perangkat tape mobil yang pembuatannya 2008 ke atas saja. Karena jika di bawah 200 justru caranya pun tentu akan berbeda lagi.
  • Silakan lakukan caranya hingga tape mobil bisa mengeluarkan suara lagi seperti semula.
  • Lakukan juga secara berulang jika memang masih tidak berhasil.
Baca Juga:  Ingin Tahu Cara Memperbaiki Fuel Pump Mobil Rusak

Sekian tadi bagaimana cara memperbaiki tape mobil tidak keluar suara yang mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Namun, jika memang cara ini masih tidak berhasil juga tentu cara yang ampuh hanya dengan pergi ke tukang bengkel untuk memperbaikinya seperti semula.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *