Cara Menampilkan Barcode Wifi

Cara Menampilkan Barcode Wifi – Menggunakan WiFi sudah seperti salah satu kebutuhan hidup. WiFi dapat menyambungkan koneksi internet lebih kuat dan cepat daripada sistem data biasa, oleh karena itulah banyak yang ingin menggunakannya. WiFi dapat dibagikan dengan cara menampilkan barcode WiFi. Sisanya, kedua perangkat langsung melakukan penghubungan melalui kode QR tersebut.

Cara Menampilkan Barcode Untuk Berbagi Koneksi WiFi

Membagikan koneksi internet WiFi bisa dilakukan dengan cara scan barcode. Namun, yang jadi permasalahan di sini adalah ternyata masih banyak yang belum mengerti bagaimana caranya. Langsung saja, agar tidak lagi bingung akan hal ini, sangat dianjurkan untuk membaca beberapa penjelasan di bawah:

Pergi Ke Pengaturan Ponsel

Cara ini diawali dengan pergi ke pengaturan ponsel terlebih dahulu. Tujuannya untuk menemukan pengaturan WiFi yang tersedia di sana. Bisa juga langsung menarik layar ke bawah untuk menemukan pengaturan yang dimaksud. Lakukan sesukanya, yang paling penting tujuan untuk membuka pengaturan WiFi bisa tercapai.

Ketuk Menu Jaringan WiFi

Setelah membuka pengaturan WiFi akan ada beberapa pengaturan yang teratur di sana. Scroll layar ke bawah sampai tulisan ‘Menu Jaringan WiFi’ ditemukan. Ketuk menu tersebut dan biarkan jaringan beradaptasi dengan radiasi internet yang menyebar. Ini membutuhkan waktu beberapa saat, tergantung kekuatan jaringan WiFi masing masing.

Pilih Menu Bagikan Kode QR

Pada halaman pengaturan WiFi, terdapat menu lainnya yang biasa digambarkan dengan titik tiga. Lanjutkan langkah dengan menekan menu tersebut. Setelahnya, cari opsi bertuliskan ‘Bagikan Kode QR.’ Pada menu tersebut terdapat kode QR untuk berbagi WiFi tersedia.

Masukkan Autentikasi

Meskipun sudah mengklik menu ‘Bagikan Kode QR’, itu tidak berarti kode akan langsung keluar begitu saja. Masih ada satu langkah terakhir yang harus diikuti. Masukkan autentikasi pada pengaturan kode QR. Autentikasi dilakukan untuk meyakinkan keamanan oleh program WiFi. Masukkan tanda pengenal misalnya password atau tempelkan sidik jari.

Kembali ke Halaman WiFi

Untuk menyelesaikan seluruh rangkaian cara menampilkan barcode WiFi, cobalah periksa halaman awal. Setelah proses autentikasi diterima oleh perangkat, pengguna WiFi bisa kembali mengecek di halaman awal. Barcode akan muncul untuk memberikan akses berbagi WiFi ke perangkat lain.

Cara Scan Kode QR Untuk Berbagi WiFi

Setelah mendapatkan kode QR untuk berbagi, kini saatnya mulai menyambungkan koneksi WiFi. Dari kode QR yang tersedia, pengguna WiFi yang lain hanya perlu scan kode tersebut untuk menyambungkan perangkat dengan jaringan WiFi. Kemudian, inilah cara menyambungkan koneksi WiFi dengan scan barcode:

  • Unduh aplikasi pihak ketiga yang berfungsi untuk menampilkan tempat scan barcode. Aplikasi tersebut banyak contohnya dan bisa diunduh langsung dari platform penyedia unduh aplikasi.
  • Setelah terdownload, buka langsung aplikasi tersebut. Pada halaman awal, kotak untuk menampilkan kode QR akan tersedia.
  • Arahkan kotak tersebut pada kode QR di perangkat penyedia WiFi. Letakkan kotak dan kode QR di tempat yang sama. Biarkan aplikasi melakukan scanning selama beberapa saat.
  • Tersambung, masukkan kata sandi WiFi dan tunggu WiFi selesai mengautentikasi perangkat baru. Langsung saja, WiFi akan tersambung setelah proses selesai.
Baca Juga:  Cara Merubah Warna Navbar Theme Raylight Agar Jadi Gradiasi

Mudah bukan mempraktikkan cara menampilkan barcode WiFi dan scanning barcode? Cara menampilkan barcode ini bisa berlaku pada android atau perangkat komputer. Sedangkan untuk scanning-nya, beberapa Android versi baru dapat langsung melakukan scanning tanpa harus unduh aplikasi. Jadi, akan lebih mudah karena bisa langsung dilakukan tanpa menunggu lama.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *