Cara Menata Dapur Kecil Memanjang Untuk Menambah Mood Memasak

Cara Menata Dapur Kecil Memanjang Untuk Menambah Mood Memasak

Cara Menata Dapur Kecil

Cara Menata Dapur Kecil – Pemilik rumah dengan desain dapur kecil membutuhkan cara menata dapur kecil memanjang dengan ide kreatifnya sehingga mengesankan dapur tersebut luas. Ide-ide tersebut dapat dikulik dari banyak hal, dengan melihat banyak referensi, saran dari ahli interior atau cukup dengan melihat YouTube.

Seluruh gagasan yang sudah berkelebatan di kepala akan mampu diejawantahkan dengan persiapan matang tentunya, demi kenyamanan dalam menghasilkan masakan terbaik. Berikut ini cara-cara terbaik yang dapat dilakukan guna menghasilkan dapur kecil yang nyaman digunakan:

Pakai Cat dan Keramik Warna Cerah

Beberapa orang menghindari warna cerah pada dapur karena takut noda yang dihasilkan dari proses memasak terlihat pada cat berwarna cerah. Padahal, cat dengan warna cerah justru memberikan efek ruangan bersih dan lega yang akan mempengaruhi mood yang baik saat memasak.

Apabila ada kekhawatiran noda yang akan terlihat, gunakan keramik pada bagian belakang kompor, sehingga ketika ada noda terciprat mudah membersihkannya. Atau gunakan stiker wallpaper untuk ditempelkan pada sebagian atau semua dinding dapur, selain dinding terlihat cantik juga lebih mudah membersihkannya.

Pasang Rak Ambalan Kayu

Pada bagian atas pasang rak ambalan kayu yang memanjang vertikal untuk meletakkan kecap, saus, dan bumbu-bumbu yang sering digunakan memasak. Pastikan juga bumbu diletakkan dalam toples tertutup, karena biasanya bumbu tidak hanya sekali pakai maka perlu dijaga kualitasnya setelah dibuka.

Buat Gantungan-gantungan

Fungsi membuat gantungan ini untuk mengantisipasi banyaknya panci-panci yang berserakan, karena memasak membutuhkan banyak panci karena menyesuaikan dengan jenis masakannya. Panci yang digantung adalah panci yang sekiranya sering digunakan, dan tidak terlalu besar dan berat ketika harus bergelantungan di atas.

Baca Juga:  Cara Mendaftar BNI Mobile Banking Dan Manfaatnya Untuk Nasabah!

Di bawah gantungan dapat juga dibuat tempat selipan panjang dengan vertikal untuk meletakkan sendok, gunting, solet, pisau, pengupas wortel dan lain-lain . Sedangkan untuk meletakkan spatula, serok penyaring, saringan santan dan sejenisnya dapat digantungkan pada cantolan yang dibuat pada sela-sela selipan panjang.

Maksimalkan Ruang di Bawah Meja

Cara menata dapur kecil memanjang berikutnya adalah dengan memaksimalkan ruang bawah meja. Biasanya di bawah meja kompor atau tempat cuci piring terdapat ruang yang cukup luas, maksimalkan ruang tersebut untuk menyimpan peralatan.

Misalnya perabotan panci-panci dan baskom besar yang jarang digunakan, susun di bawah meja lalu tutup dengan tirai agar terlihat rapi. Ruangan ini bisa ditutupkan dengan pintu kaca khusus dapur atau hanya dengan kain gorden khusus dapur.

Gunakan Kabinet Modern

Penggunaan cabinet modern ini mengesankan ruang dapur yang modern dan efektif karena selain memiliki desain elegan juga ruang penyimpanannya multifungsi. Selain itu gunakan pintu geser transparan hitam untuk mengurangi ruang saat membuka dan menutup kabinet tersebut serta memudahkan mencari barang.

Buat Jendela atau Pasang Cooker Hood

Jika memungkinkan buat jendela kecil untuk sirkulasi udara, karena proses memasak biasanya menghasilkan asap atau dapat juga pasang cooker hood. Selain itu dengan adanya jendela apalagi yang menghadap ke taman belakang rumah, akan menaikkan mood memasak dengan memandang hijaunya taman.

Pasang Lantai Kayu dan Bersihkan Perabotan

Cara untuk menata dapur kecil memanjang selanjutnya dengan memasang lantai kayu atau bermotif kayu, untuk kesan dapur yang luas dan hangat. Selain itu, setiap habis memasak langsung bersihkan peralatan yang digunakan lalu letakkan sesuai tempatnya untuk menjaga kebersihan dan kerapian dapur.

Baca Juga:  Apa Hikmah Membayar Zakat Ayo Lihat Jawabanya Disini

Demikian cara menata dapur kecil memanjang untuk membuat kesan yang bersih dan luas, karena kesan ini sangat diperlukan untuk memasak. Dengan mood baik maka masakan yang dihasilkan pun cenderung lebih enak dan membahagiakan bagi yang memasak maupun keluarga yang menikmati.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *