Cara Menata Kamar Tidur

Cara Menata Kamar Tidur – Mungkin tidak semua orang memahami cara menata kamar tidur ukuran 3×3 agar tidak terkesan semakin sempit dengan adanya perabot. Sering kali kendala penataan ruangan dikarenakan penempatan perabot yang tidak tepat dan pemilihan perabot yang tidak mempertimbangkan dimensi.

Memang bukan hal yang mudah karena membutuhkan kecermatan, tidak hanya dalam tata letak perabot tetapi juga dalam memberi sentuhan estetik. Untuk menciptakan suasana kamar tidur yang nyaman dengan mengedepankan gaya minimalis, bisa diterapkan melalui beberapa aspek berikut ini:

Pilih Tempat Tidur

Kasur menjadi perabot paling utama di dalam kamar tidur dan biasanya akan menyita area yang cukup besar dibanding perabot lainnya. Penggunaan kasur ukuran single dan double lebih cocok untuk tipe kamar ini karena dapat menyisakan banyak area untuk perabot lain.

Pilih bentuk dipan yang sesederhana mungkin, tidak perlu adanya ornamen tambahan di tiap sudutnya atau juga di bagian sandaran kaki/kepala. Akan lebih baik lagi bagian kolong dipan bisa dimanfaatkan menjadi laci penyimpanan barang, sebagai ganti meja drawer dan lemari pakaian.

Gunakan Lemari

Pemanfaatan lemari pintu geser akan lebih disarankan untuk tipe kamar yang tidak terlalu besar agar tidak terganggu saat membuka dan menutup lemari. Akses jalan juga tidak akan terpengaruh bila menggunakan tipe lemari pintu geser dan pengguna lebih leluasa untuk menjangkau barang.

Tidak jarang pintu lemari dilengkapi dengan pintu cermin besar yang berguna untuk memberi kesan ruang tampak lebih luas berkat pantulan cermin. Bentuk lemari yang memanjang ke atas juga akan membantu menghemat penggunaan ruang dan menciptakan perspektif ruangan yang tinggi.

Baca Juga:  Cara Budidaya Cabai Rawit Supaya Tidak Gagal

Manfaatkan Ruang di Dinding

Tidak semua kamar perlu dilengkapi dengan meja sebagai tempat untuk meletakkan barang, sudah ada beragam inovasi desain yang memungkinkan pemasangan vertikal. Dinding bisa dimanfaatkan untuk media menempelkan perabot seperti televisi, lampu, rak, hingga kipas angin.

Tambahkan Meja Minimalis

Cara menata kamar tidur ukuran 3×3 bisa dengan menambahkan meja yang ramping memanjang atau kecil untuk di letakkan di sudut. Misalnya untuk penyediaan meja belajar atau meja rias yang tentunya memiliki bentuk sederhana dengan dilengkapi dengan laci penyimpanan tambahan.

Minimalisir Perabot

Untuk mengoptimalkan ruangan berukuran 3×3 disarankan untuk menyingkirkan perabot yang tidak terlalu diperlukan agar tidak sempit. Utamakan perabot yang paling penting, seperti kasur dan lemari, selebihnya meja, rak, dan kursi bisa ditambahkan sesuai kebutuhan masing-masing penghuni.

Percantik dengan Dekorasi

Kamar tidur yang memiliki dimensi tidak terlalu luas juga perlu sentuhan dekorasi untuk bisa membuat penghuni betah dan nyaman untuk beristirahat. Adapun penambahan detail dekorasi bisa berupa jam, lukisan, pigura, poster dan rak hiasan yang ditata secara teratur dengan pola tertentu.

Tentukan Tema Warna

Pemilihan warna yang tepat juga bisa berpengaruh terhadap nuansa ruangan yang kecil, disarankan memilih warna cat dan lantai yang cerah. Hal ini dapat membantu kamar untuk tampak terang tanpa lampu di pagi dan siang hari karena masuknya cahaya matahari dari jendela.

Demikian berbagai cara menata kamar tidur ukuran 3×3 dengan gaya minimalis yang mengoptimalkan penataan ruang dan perabot. Tidak hanya meningkatkan kenyamanan tetapi juga membuat seseorang semakin betah berada di kamar sehingga mendapatkan waktu istirahat berkualitas.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *