Inilah Cara Menggunakan Lightroom Preset Dengan Mudah

Inilah Cara Menggunakan Lightroom Preset Dengan Mudah

Cara Menggunakan Lightroom Preset

Cara Menggunakan Lightroom Preset – Untuk menambah kesan estetik serta indah pada sebuah foto biasanya menggunakan sebuah editan. Salah satu aplikasi editan yang paling kerap digunakan adalah Lightroom. Di dalam aplikasi tersebut terdapat banyak sekali preset warna yang bisa dimanfaatkan. Tetapi, bagaimana sih cara menggunakan Lightroom preset dengan benar? Pasti banyak yang bertanya-tanya soal ini.

Di dalam Lightroom preset sendiri mempunyai berbagai jenis pilihan tone yang unik serta bisa membuat tampilan foto menjadi lebih indah. Tidak heran banyak yang menyukai fitur preset yang ada di Lightroom. Karena, memang sangat bermanfaat dalam proses edit foto. Mari ikuti informasi lengkapnya berikut!

Kelebihan Lightroom Preset

Di dalam penggunaan Lightroom preset ini, pengguna akan merasakan beberapa kelebihan. Karena, memang banyak sekali manfaat serta kelebihan yang diberikan oleh aplikasi satu ini. Tak heran jika banyak yang menggunakannya untuk mengedit tampilan foto. Berikut beberapa kelebihan tersebut:

  • Akan lebih menghemat waktu, karena pengguna tidak perlu membuat warna pada foto. Hanya tinggal menerapkan preset yang sudah ada dan foto sudah berubah menjadi tampilan yang sempurna.
  • Dapat mengedit banyak foto dalam satu kali waktu hanya dengan satu langkah saja, jadi akan lebih menghemat waktu serta tenaga.
  • Banyak puluhan preset dengan tone warna berbeda yang bisa diterapkan pada foto, sehingga pengguna tinggal memilih saja.
  • Tone warna yang digunakan juga konsisten, sehingga tidak perlu diubah lagi dan dilakukan pengeditan lebih lanjut.
  • Untuk cara penggunaanya juga mudah serta bisa digunakan oleh orang awam sekalipun, karena memang tinggal mengaplikasikannya pada foto yang diinginkan.
  • Bisa membuat preset sendiri sesuai dengan selera pengguna dan bisa disimpan untuk dijadikan preset pada foto yang akan diedit.
  • Dapat melakukan kombinasi preset yang berbeda, jadi dalam satu foto bisa menerapkan dua preset sekaligus. Tentunya akan membuat tampilan foto menjadi lebih memukau serta enak untuk dipandang.
Baca Juga:  Ini Cara Menyimpan Video Reels Instagram Ke Galeri Dengan Musik

Cara Menggunakan

Mungkin ada sebagian yang belum memahami pasti bagaimana cara menggunakan Lightroom preset yang benar. Karena, memang tidak banyak yang menggunakan cara satu ini untuk melakukan edit foto. Padahal, banyak sekali preset yang cantik serta estetik yang bisa digunakan. Nah, berikut akan diberikan cara untuk menggunakannya:

  • Unduhlah terlebih dahulu preset Lightroom yang ingin digunakan, karena belum tentu preset tersebut tersedia di aplikasi Lightroom.
  • Selanjutnya jangan lupa untuk mengekstrak file tersebut.
  • Setelah itu apabila sudah diekstrak, maka pengguna bisa memasukkan preset tersebut ke dalam aplikasi. Sebaiknya, buatlah file baru untuk menyimpan preset tersebut kemudian simpan.
  • Selanjutnya, pengguna bisa membuka aplikasi Lightroom. Setelah itu pilihlah menu “Edit” yang letaknya ada di kanan atas. Pada menu tersebut pilihlah fitur “Preset” yang ada di bawah sendiri.
  • Kemudian akan muncul banyak sekali preset bawaan maupun yang sudah diunduh tadi. Untuk melihat hasilnya, pengguna cukup meletakkan cursor pada salah satu preset maka akan foto akan langsung berubah.
  • Apabila sudah menemukan preset yang tepat, maka bisa langsung diterapkan ke dalam foto tersebut. Pengguna juga bisa memadukan dua preset atau lebih sekaligus.
  • Jika ingin menghapus preset yang tidak cocok, maka bisa klik menu “Revert To Original.”
  • Pengguna juga bisa membuat preset sendiri dengan cara yang mudah serta juga sesuai dengan keinginan.

Jadi, itulah cara menggunakan Lightroom preset yang sangat mudah. Pengguna tidak perlu melakukan pengeditan foto dengan ribet, karena hanya dengan satu kali pencet saja sudah menciptakan foto yang indah. Karena, preset di Lightroom memiliki banyak pilihan warna unik.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *